Tips agar Tak Tertular Penyakit Saat Nonton Asian Games

Oleh dr. Dyah Novita Anggraini pada 29 Aug 2018, 17:45 WIB
Menyaksikan Asian Games langsung di area pertandingan membuat Anda rentan tertular penyakit. Lindungi diri dengan cara ini.
Tips agar Tak Tertular Penyakit Saat Nonton Asian Games (EFKS/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Menyaksikan Asian Games secara langsung di arena memang sangat seru dan menyenangkan. Selain dapat menikmati ketegangan di lapangan, Anda juga bisa memberikan dukungan langsung pada atlet kesayangan. Namun sayang, di balik euforia yang ditawarkan, menyaksikan Asian Games secara langsung di lapangan bisa membuat Anda tertular penyakit tertentu.

Ya, itu karena arena Asian Games memungkinkan orang dari berbagai golongan saling bertemu satu sama lain. Keadaan ini bisa dimanfaatkan kuman sebagai media untuk menularkan penyakit dari yang satu ke yang lain.

Seperti yang Anda tahu, penyakit tertentu dapat menular melalui kontak langsung dengan penderita, udara atau makanan yang terkontaminasi, serta benda-beda kotor yang ada di arena. Beberapa penyakit yang seperti ini, di antaranya:

● Influenza

Penyakit akibat infeksi virus ini dapat menyebar melalui udara saat penderita bersin atau batuk. Di samping itu, benda-benda yang terpapar cairan (droplet) dari penderita juga bisa membuat Anda tertular penyakit influenza.

● Tuberkulosis (TBC)

Tuberkulosis disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis, yang dapat menyerang saluran pernapasan. Orang yang menderita TBC paru mampu menularkan penyakit ini melalui droplet yang dihasilkannya saat batuk, bersin atau berbicara.

● Gastrointestinal

Penyakit gastrointestinal paling sering disebabkan oleh bakteri Escherichia coli (E. Coli) dan shigella. Bakteri tersebut dapat bersarang di gagang pintu toilet, dudukan toilet, flush toilet, maupun kran wastafel.

● Cacar air

Cacar air disebabkan oleh infeksi virus varicella zoster. Virus ini dapat menyebar melalui udara melalui droplet yang dikeluarkan penderita saat bernapas, batuk, atau bersin. Gelembung cacar air yang pecah dan disentuh orang lain juga bisa menularkan penyakit ini.

● Hepatitis A

Hepatitis A disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A. Penyakit ini dapat menyebar melalui benda, serta makanan atau minuman yang terkontaminasi feses penderita.

● Campak

Penyakit campak disebabkan oleh infeksi virus Paramyxovirus. Penyakit ini sangat mudah ditularkan melalu udara, salah satunya percikan ludah (droplet) penderita. Jika percikan tersebut menempel pada suatu benda, maka virus tersebut dapat bertahan beberapa jam di sana.

1 of 2

Tips agar tak tertular penyakit

Jangan sampai kenikmatan Anda menyaksikan Asian Games sirna gara-gara tertular suatu penyakit. Lakukan ini sebagai tindakan pencegahan:

● Rajin mencuci tangan

Saat sedang berada di lokasi pertandingan, usahakan untuk rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Hal ini sangat penting dilakukan, khususnya sebelum makan atau setelah menyentuh benda yang sering dipegang orang lain.

Jika sulit menemukan sabun dan air mengalir, tak ada salahnya bila Anda menggunakan hand sanitizer sebagai alternatif menjaga kebersihan tangan.

● Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Jika ada jadwal pertandingan yang hendak dihadiri, pastikan di hari itu Anda mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang. Konsumsilah menu yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, yang sebagian besar tersusun dari sayur maupun buah.

Jika di lokasi pertandingan Anda ingin membeli camilan, pastikan lokasi serta kondisi makanan tersebut bersih dan sehat.

● Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Saat menonton pertandingan, Anda dapat membawa tempat minuman yang berisi air putih. Pastikan dalam satu hari Anda minum delapan gelas, agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan terhindar dari dehidrasi.

● Mandi setelah sampai rumah

Setelah pertandingan usai dan Anda sudah sampai di rumah, segera mandi menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir. Tindakan ini bertujuan agar keringat dan kuman yang menempel di tubuh Anda bisa bersih sempurna.

● Melengkapi jadwal imunisasi

Pencegahan penyakit menular juga dapat dilakukan dengan melakukan imunisasi lengkap.

Jangan lupa untuk menerapkan tips di atas dengan saksama, agar Anda bisa benar-benar nonton pertandingan Asian Games 2018 tanpa takut terkena penyakit menular. Selamat menyaksikan!

[NB/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓