Tubuh Tegap Atlet Wanita ala Aprilia Manganang, Itu Wajar!

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc MSc pada 30 Aug 2018, 07:49 WIB
Atlet voli putri Aprilia Manganang kerap mencuri perhatian masyarakat karena memiliki postur tubuh yang tegap.
Tubuh Tegap Atlet Wanita ala Aprilia Manganang, Itu Wajar! (Foto: @manganang/Instagram)

Klikdokter.com, Jakarta Ajang Asian Games 2018 semakin memperkenalkan masyarakat Indonesia kepada para atlet kebanggaan negara dari berbagai cabang olahraga. Salah satu atlet yang kini menjadi sorotan publik adalah Aprilia Manganang, yang mewakili Indonesia di bidang olahraga voli. Tidak hanya karena keunggulannya dalam melakukan smes saat bertanding, Aprilia juga dikenal karena perawakan tubuh tegap yang dimilikinya.

Menurut artikel yang dilansir dari Liputan6.com, pemain voli yang satu ini memiliki tampilan yang stylish. Di luar kegiatannya bertanding di lapangan Asian Games, Aprilia senang memilih busana yang sederhana namun tetap tampil dengan gaya yang kasual. Misalnya, memadukan pemakaian sweater dengan celana jeans atau memilih menggunakan kaus yang disertai dengan celana pendek kasual.

Tubuh tegap Aprilia Manganang

Bentuk tubuh Aprilia Manganang yang tinggi dan besar membuatnya tampak tegap. Mengapa hal ini cenderung diamati pada wanita yang berprofesi sebagai atlet?

Menurut salah satu penelitian yang dipublikasikan di jurnal kedokteran Biomedical Research International, atlet wanita mengalami perubahan baik terkait sosiobudaya maupun lahraga yang ditekuninya. Seorang atlet wanita yang menekuni suatu olahraga akan mengalami perubahan pada berat badan, bentuk tubuh, dan penampilan.

Namun, bentuk tubuh para atlet wanita juga dapat berbeda-beda, bergantung dari berbagai hal. Jenis olahraga yang dilakukan tentu juga akan memengaruhi berbagai komponen pada tubuh, mulai dari persentase kandungan lemak dalam tubuh, massa otot, serta perawakan secara umum.

Sebagai contoh, atlet yang kerap berpartisipasi dalam olahraga lari jarak jauh umumnya memiliki bentuk tubuh yang relatif kurus dengan kandungan lemak yang sedikit. Sebaliknya, atlet yang mendalami angkat beban atau gulat umumnya membutuhkan massa otot dan berat badan yang lebih, untuk dapat memenangkan pertandingan yang diikuti.

Sama seperti fakta bahwa tungkai yang panjang sangat ideal bagi seorang pelari, tubuh atau torso yang panjang juga merupakan faktor yang ideal untuk atlet renang. Selain itu, para pemain basket juga dikenal memiliki tinggi badan yang semampai.

Faktor yang memengaruhi bentuk tubuh

Lalu, faktor apa sajakah yang dapat membuat seseorang memiliki bentuk tubuh yang tegap seperti Aprilia Manganang? Terbentuknya tubuh seseorang dipengaruhi oleh berbagai hal, di antaranya nutrisi yang dikonsumsi, jenis aktivitas fisik yang dilakukan, serta kegiatan sehari-hari.

Misalnya, seseorang yang kerap melakukan aktivitas olahraga angkat beban akan memiliki bentuk tubuh yang atletis dengan massa otot yang lebih tinggi. Atau, seseorang yang mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebih dapat memiliki kecenderungan yang lebih tinggi untuk mengalami obesitas.

Selain itu, faktor genetik juga memegang peran, dan bentuk tubuh seseorang dapat menyerupai bentuk tubuh orang tuanya. Sebagai contoh, apabila kedua orang tua tergolong tinggi, tidak jarang bahwa anaknya juga akan menjadi tinggi saat mencapai usia dewasa. Sebaliknya, orang tua yang memiliki kecenderungan untuk mengalami obesitas dapat meningkatkan risiko anak untuk mengalami kondisi yang serupa.

Atlet voli kebanggan Indonesia, Aprilia Manganang, dikenal memiliki bentuk tubuh tegap. Seperti yang sudah kita ketahui, bentuk tubuh atlet dipengaruhi oleh berbagai hal, salah satunya adalah jenis olahraga yang didalami. Selain itu, bentuk tubuh juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor lain, seperti pola makan, kegiatan sehari-hari, dan genetik.

Jadi, kalau Anda melihat atlet wanita memiliki tubuh tegap, seperti Aprilia Manganang, itu wajar saja. Karena nutrisi yang tepat dan latihan olahraga rutin mampu membangun tubuh menjadi bugar dan atletis. Anda tentu juga ingin memiliki tubuh tegap dan sehat, bukan?

[RVS]