Awas, 4 Benda di Lokasi Asian Games Ini Bisa Tularkan Penyakit

Oleh dr. Andika Widyatama pada 30 Aug 2018, 10:55 WIB
Media penularan penyakit bisa berasal dari berbagai benda. Waspada, benda-benda tersebut dapat Anda temui di lokasi Asian Games!
Awas, 4 Benda di Lokasi Asian Games Ini Bisa Tularkan Penyakit (Hafiz Johari/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Euforia Asian Games 2018 mengundang antusiasme semua orang untuk ikut memberi dukungan kepada para atlet. Ada yang menyaksikan melalui televisi atau langsung datang ke venue pertandingan. Namun, waspadalah untuk Anda yang menonton live. Kondisi ramainya orang-orang di lokasi Asian Games dapat meningkatkan risiko penularan penyakit, misalnya flu dan diare.

Perlu Anda sadari bahwa media penularan penyakit bisa saja berasal dari benda-benda yang terdapat di lokasi Asian Games. Sebelum Anda tertular, sebaiknya kenali beberapa benda tersebut.

  1. Benda-benda di toilet umum

Toilet umum adalah fasilitas yang dapat digunakan oleh siapa pun. Dengan begitu, toilet bisa menjadi tempat bersarangnya berbagai kuman penyebab penyakit. Supaya aman, hindarilah paparan langsung terhadap beberapa benda di toilet yang dipercaya menjadi media penularan penyakit, seperti keran wastafel, gagang pintu, gagang atau tombol penyiram, dudukan toilet, pengering tangan, dan tisu toilet.

Untuk meminimalkan paparan terhadap kuman di keran wastafel, gagang pintu, gagang atau tombol penyiram, dan dudukan toilet, sebaiknya Anda tidak menyentuh benda-benda tersebut secara langsung. Pastikan Anda menggunakan pelapis sebelum menyentuh benda-benda tersebut, misalnya dengan tisu yang bersih.

Ingat juga untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun ketika baru masuk toilet dan sebelum keluar toilet. Lalu, saat menggunakan alat pengering tangan, jangan sampai tangan Anda tersentuh dan benar-benar merasakan udara panas yang dikeluarkan. Jika ingin memakai tisu toilet, pastikan yang memiliki wadah atau pembungkus yang bersih.

  1. Bangku tribun penonton

Bangku penonton di lokasi pertandingan Asian Games dapat diduduki oleh siapa saja. Bukan tidak mungkin pengguna bangku meninggalkan kuman pada bangku yang bisa saja menjadi sumber penularan penyakit.

Saat sedang asyik menonton pertandingan, tangan Anda bisa saja menyentuh bagian bangku yang mengandung kuman. Selanjutnya saat tangan Anda menyentuh mata, hidung, atau hidung, kuman penyakit pun dapat menempel.

  1. Tiket penonton

Tiket penonton menjadi benda krusial yang harus dibawa saat Anda ingin menonton pertandingan di Asian Games. Tanpa tiket, Anda tidak mungkin diperbolehkan masuk ke dalam arena. Namun, tanpa Anda sadari tiket penonton bisa menjadi media penularan penyakit.

Saat memasuki arena Asian Games, pasti dilakukan pengecekan tiket oleh penjaga gerbang. Tangan penjaga gerbang bisa saja mengandung kuman yang berpindah ke tiket Anda.

  1. Atribut penonton

Untuk meramaikan suasana pertandingan di Asian Games, kebanyakan penonton melengkapi diri dengan atributnya masing-masing. Ada yang membawa bendera, spanduk, stiker, seragam (jersey), syal, trompet, dan masih banyak lagi. Jika disadari, benda-benda tersebut juga bisa menjadi media penularan penyakit.

Penggunaan bendera atau spanduk dapat berpindah-pindah antar penonton. Sedangkan stiker, jersey, syal, dan terompet bisa didapat di lokasi penjualan merchandise Asian Games. Kedua kondisi tersebut berisiko menimbulkan perpindahan kuman yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

Saat asyik menikmati pertandingan Asian Games, paparan terhadap beberapa benda di atas memang tidak terhindarkan. Namun, untuk mencegah penularan penyakit, Anda bisa melakukan beberapa upaya seperti rajin mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun.

Pastikan juga tangan Anda selalu bersih, terutama bila menyentuh bagian-bagian tubuh yang rentan menjadi pintu masuk kuman-kuman, yaitu mata, hidung, dan mulut. Jika akses terhadap air mengalir sulit, Anda bisa menggunakan hand sanitizer untuk mencuci tangan.

Pada prinsipnya, jika kondisi tubuh dalam keadaan bugar, penyakit tidak akan mudah menyerang Anda. Untuk memiliki daya tahan tubuh yang baik, konsumsilah makanan yang bergizi, olahraga secara rutin, dan istirahat yang cukup (tidur selama 7-8 jam sehari).

Jadi tidak perlu khawatir, coba lakukan upaya-upaya di atas agar Anda terhindar dari penyakit selama menyaksikan keseruan Asian Games 2018. Selamat bersenang-senang!

[RS/ RVS]