9 Tips Cegah Badan Lemas Saat Nonton Asian Games

Oleh dr. Fiona Amelia MPH pada 31 Aug 2018, 07:00 WIB
Badan lemas bisa terjadi kapan saja, termasuk ketika Anda sedang asyik nonton Asian Games. Lakukan ini untuk mencegahnya.
9 Tips Cegah Badan Lemas Saat Nonton Asian Games (Alex Kravtsov/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Saat tahu atlet jagoan berlaga di Asian Games 2018, Anda tentu tidak ingin kelewatan untuk menyaksikan setiap aksinya. Memberikan dukungan penuh, baik secara langsung atau hanya melalui layar kaca, tentu menawarkan sensasi sendiri. Namun, Anda tetap harus berhati-hati, sebab badan lemas bisa saja terjadi kemudian.

Ya, berteriak atau melakukan gerakan tertentu untuk mendukung atlet kesayangan di kejuaraan Asian Games memang dapat membuat tubuh Anda kelelahan hingga akhirnya mengalami badan lemas. Namun, Anda tak perlu khawatir berlebihan akan hal itu. Berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mencegah badan lemas:

  1. Batasi konsumsi yang manis-manis

Makanan manis, seperti roti-rotian, kue, crackers, dan minuman kemasan umumnya mengandung gula dari karbohidrat sederhana yang sangat mudah diserap tubuh. Akibatnya, kadar gula darah dapat tiba-tiba naik dan kemudian akan cepat turun kembali. Kondisi ini akan membuat tubuh terasa lemas dan cepat lapar.

Oleh karena itu, akan lebih baik bila Anda mengutamakan konsumsi makanan berserat seperti sayur, buah, dan polong-polongan, agar kadar gula darah tetap stabil.

  1. Aktif bergerak

Hasil studi menunjukkan bahwa olahraga dapat mengurangi rasa lemas. Tak perlu berpikir bahwa Anda harus berolahraga seperti atlet Asian Games. Faktanya, meningkatkan intensitas aktivitas fisik sedikit dari biasanya sudah memberikan manfaat bagi tubuh.

Salah satu cara sederhana, yakni dengan mengubah perilaku malas bergerak menjadi lebih aktif. Contohnya, lebih memilih untuk berdiri ketimbang duduk saat berada di bis umum, memarkir mobil lebih jauh dari tempat tujuan agar bisa berjalan kaki, atau naik tangga ketimbang lift.

Bila memungkinkan, usahakan untuk berolahraga 15–30 menit setiap hari. Olahraga akan membuat tidur lebih nyenyak dan tubuh lebih berenergi, sehingga badan lemas tak akan terjadi.

1 of 3

Selanjutnya

  1. Sempatkan tidur siang

Tidur siang dapat menurunkan rasa lelah, terutama bagi Anda yang memiliki jam kerja panjang dan sering jet lag akibat kerap berpindah-pindah zona waktu.

Lama tidur siang sebaiknya tidak lebih dari 1,5 jam. Anda pun bisa melakukan power nap, yakni tidur singkat selama 15–20 menit. Power nap dapat memberikan dorongan energi dalam waktu singkat dan meningkatkan fokus.

  1. Miliki pola tidur yang baik

Agar tidur berkualitas dan Anda terbangun dalam kondisi segar, usahakan untuk memiliki jadwal tidur maupun bangun di waktu yang sama. Bila perlu, lakukan stretching atau relaksasi ringan sebelum tidur.

  1. Perhatikan kecukupan kalori

Tubuh membutuhkan sejumlah kalori agar dapat melakukan fungsinya dengan baik. Bila asupan kalori tidak cukup, metabolisme tubuh akan melambat agar tidak banyak energi yang terbuang. Akibatnya, Anda akan mengalami badan lemas.

Perlu diketahui, kebutuhan kalori masing-masing individu berbeda. Hal ini tergantung tinggi badan, berat badan, usia, tingkat aktivitas, dan faktor lainnya. Meski demikian, sebagian besar individu membutuhkan paling sedikit 1.200 kalori per hari. Saat Anda sedang mencoba diet sekalipun, hindari mengurangi asupan kalori secara drastis agar tetap berenergi.

  1. Konsumsi makanan sumber protein

Sebuah studi di Korea menemukan bahwa konsumsi makanan tinggi protein seperti ikan, daging, telur, dan polong-polongan dua kali sehari dapat mencegah badan lemas.

Jadi, agar metabolisme dan energi tubuh tetap terjaga dengan baik, masukkan makanan tinggi protein ke dalam menu makanan Anda sehari-hari.

2 of 3

Selanjutnya (2)

  1. Perhatikan kecukupan air minum

Saat sedang serius menonton Asian Games, sangat mungkin Anda mengalami dehidrasi karena kurang minum. Ini terjadi karena cadangan cairan di dalam tubuh Anda sudah dikeluarkan melalui urine, tinja, keringat, atau proses pernapasan, sementara pasokan air yang masuk sangat kurang.

Beberapa studi menemukan bahwa tubuh yang mengalami dehidrasi, meski ringan, akan menurunkan tingkat energi dan konsentrasi. Oleh sebab itu, bila Anda tak ingin mengalami badan lemas saat nonton Asian Games, cukupi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi paling sedikit 2 liter cairan per hari.

  1. Batasi konsumsi minuman berenergi

Minuman ini memang dapat memberikan ekstra energi, karena tinggi kafein dan gula. Sayangnya, Anda juga dapat mengalami rebound fatigue, yakni rasa lemas saat efek kafein dan gula sudah hilang.

Dalam dosis kecil pun, konsumsi minuman berkafein di sore hari dapat mengganggu tidur malam dan menyebabkan badan lemas keesokan harinya. Untuk memutus siklus ini, kurangi konsumsinya secara bertahap hingga akhirnya berhenti total.

  1. Kelola stres

Pertandingan yang intens dapat menguras emosi Anda, yang pada gilirannya membuat kelelahan fisik lebih terasa. Memang, keadaan ini sulit dihindari. Akan tetapi, Anda harus berusaha sekuat tenaga untuk bisa mengelolanya agar badan lemas tak terjadi kemudian.

Pada dasarnya, badan lemas berhubungan dengan kebiasaan makan, minum, tidur, aktivitas fisik, dan tingkat stres Anda. Oleh sebab itu, jika tak ingin mengalaminya, terapkanlah gaya hidup sehat mulai sekarang. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir akan mengalami badan lemas atau keluhan lain saat mendukung atlet kesayangan di Asian Games 2018 atau saat menonton closing ceremony.

[NB/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓