Tips Gigi Sehat dan Kuat Atlet Indonesia di Asian Games 2018

Oleh drg. Wiena Manggala Putri pada 31 Aug 2018, 16:54 WIB
Para atlet Asian Games tidak hanya dituntut punya tubuh bugar. Gigi mereka pun harus sehat dan kuat. Tiru tips gigi sehat dan kuat mereka.
Tips Gigi Sehat dan Kuat Atlet Indonesia di Asian Games 2018 (Sonny-Tumbelaka/AFP-)Photo

Klikdokter.com, Jakarta Saat ini acara Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang mendekati akhir. Closing ceremony akan dilangsungkan Minggu (2/9). Medali emas adalah idaman para atlet yang mengikuti berbagai kejuaraan. Dalam ajang tersebut, hingga hari ini Indonesia telah berhasil mengumpulkan sebanyak 92 buah medali, 30 di antaranya 30 medali emas. Uniknya jika anda perhatikan, setiap atlet yang telah berhasil mendapatkan medali selalu berpose dengan menggigit medalinya. Seakan hendak menunjukkan, tidak hanya tubuh mereka yang sehat dan kuat, tetapi gigi mereka pun sehat dan kuat.  

Dahulu tradisi menggigit medali emas ini bertujuan untuk memastikan apakah emas tersebut benar keasliannya atau hanya sebuah batu yang dilapisi emas. Dalam membuktikan keaslian emas, gigitan akan meninggalkan bekas pada permukaannya. Oleh karena itu seorang atlet diharuskan memiliki gigi yang sehat dan kuat.

Untuk mendapatkan gigi yang sehat dan kuat seperti para atlet Asian Games, mereka perlu menjaga kesehatan gigi dengan melakukan hal-hal berikut ini:

1. Mengkonsumsi makanan sehat

Seorang atlet dituntut untuk selalu tampil prima sehingga mereka diwajibkan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan bergizi. Sayur dan buah selain dapat menyehatkan tubuh juga dapat menyehatkan gigi dan mulut.

2. Hindari minuman olahraga

Menjaga kebugaran tubuh saat berolahraga memang penting namun mengonsumsi minuman olahraga yang mengandung gula tinggi dapat membahayakan kesehatan gigi dan mulut. Gula yang tinggi pada minuman tersebut dapat meningkatkan risiko terjadinya karies.

3. Konsumsi air

Saat berolahraga tentu kita akan kehilangan banyak cairan. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi air mineral agar tubuh terhindar dari dehidrasi dan mulut tidak menjadi kering.

4. Makanan berkalsium

Mengkonsumsi makanan tinggi kalsium seperti susu, keju dan yoghurt juga penting untuk para atlet. Menurut penelitian, makanan–makanan ini mampu meremineralisasi gigi geligi.

5. Sikat gigi secara rutin

Menggosok gigi penting dilakukan para atlet. Lakukan kegiatan ini 2 kali sehari, pada pagi hari dan malam sebelum tidur. Gunakan sikat gigi yang berbahan lembut dan juga pasta gigi yang mengandung fluoride. Kandungan fluoride yang terdapat dalam pasta gigi mampu menjaga agar gigi tetap sehat dan kuat.

6. Flossing

Jangan lupa untuk selalu membersihkan sisa-sisa makanan yang terjebak di sela-sela gigi dengan menggunakan dental floss. Lakukan hal ini setelah mengonsumsi makanan.

7. Mouth Guard

Seorang atlet disarankan untuk menggunakan mouth guard. Mouth guard merupakan alat yang dapat melindungi gigi geligi dan rahang saat anda mengikuti pertandingan olahraga. Alat ini mampu melindungi gigi dan rahang dari benda-benda keras yang mungkin akan menabraknya.

 

8. Rutin ke dokter gigi

Selain rutin memeriksakan kondisi tubuhnya, para atlet juga harus rutin memeriksakan gigi dan mulutnya ke dokter gigi. Lakukan pemeriksaan minimal 6 bulan sekali. Dokter gigi akan memeriksa seluruh kedaan gigi dan mulut agar gigi tetap sehat dan bersih.

Kesehatan gigi memang tidak hanya diperlukan oleh para atlet, tetapi juga bagi siapa saja. Melihat para atlet berpose tertawa sambil menggigit medali, yakinlah bahwa mereka juga merawat gigi dengan saksama. Jadi, jika Anda mengagumi mereka, jangan hanya meniru gayanya, ya. Tirulah juga cara mereka menjaga kesehatan tubuh dan gigi sehat mereka.

[RVS]

Bandung JuaraBandung Juara

bagus asian games