Manfaat Pencak Silat, Seni Bela Diri ala Wiro Sableng

Oleh Rieke Saras pada 02 Sep 2018, 12:00 WIB
Untuk Anda penggemar berat Wiro Sableng, mari belajar bela diri pencak silat supaya tubuh lebih bugar!
Manfaat Pencak Silat, Seni Bela Diri ala Wiro Sableng (Lifelike-Pictures)

Klikdokter.com, Jakarta Film Wiro Sableng akhirnya tayang di bioskop-bioskop Indonesia. Anda penggemar berat Wiro Sableng pasti sudah siap-siap untuk nobar. Tentu saja demi menyaksikan aksi pencak silat yang keren dari pendekar kapak maut nan tengil tersebut. Untuk Anda yang sudah menontonnya ataupun belum, rasanya perlu juga belajar seni bela diri khas rumpun Melayu ini agar tubuh lebih bugar.

Pencak silat merupakan seni bela diri yang berkembang di masyarakat rumpun Melayu di Asia Tenggara. Olahraga ini tergolong sangat menantang. Selain tendangan dan pukulan, gerakan utamanya juga termasuk take-down, dan ini harus dilakukan dengan seanggun mungkin.

Dilansir berbagai sumber, ada banyak sekali manfaat yang didapat dengan belajar pencak silat atau ilmu bela diri lainnya, seperti:

● Meningkatkan koordinasi tubuh

Asisten Profesor Benjamin Soon yang bertanggung jawab atas program fisioterapi di Singapore Institute Technology mengatakan, pencak silat dapat meningkatkan koordinasi tubuh serta memungkinkan praktisinya untuk memiliki tubuh yang fleksibel, lincah, serta kuat.

● Mengasah fokus

Pencak silat juga membantu mengasah indra dan kemampuan seseorang untuk fokus. Ini karena seorang pesilat harus menyadari setiap tindakan lawan, sehingga pada gilirannya akan meningkatkan self-awareness (kesadaran diri).

● Melatih pernapasan dan kekuatan inti tubuh

Salah satu hal yang diajarkan dalam pencak silat adalah teknik pernapasan, seperti teknik pernapasan dada dan perut. Latihan ini nantinya dapat meningkatkan kekuatan inti tubuh Anda.

● Menambah rasa percaya diri

Ketika memulai belajar bela diri, Anda mungkin merasa ciut dengan sejumlah teknik yang harus dipelajari, ditambah melihat lawan yang tangguh. Namun, makin Anda banyak berlatih, makin Anda menyadari bahwa ternyata Anda dapat menyesuaikan level dengan lawan, atau bahkan lebih baik dari mereka. Fakta bahwa Anda mampu melakukan itu semua, dan mencapai apa pun selama berlatih keras, akan memberikan rasa percaya diri.

● Menguatkan kaki

Dalam pencak silat, Anda akan belajar teknik serangan kaki. Ini mencakup posisi kuda, bagaimana cara menerjang, melompat, dan menendang. Tentu saja hal ini akan membuat otot kaki Anda lebih kuat. Alhasil, pesilat akan lebih mudah mengangkat barang atau mendorong beban berat, serta mengurangi kemungkinan mengalami cedera punggung.

● Membuat mood lebih baik

Para peneliti menemukan bahwa latihan fisik secara rutin adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan mood. Anda pun akan terhindar dari stres dan menjadi lebih bahagia. Endorfin, hormon bahagia, yang dikeluarkan saat olahraga bahkan akan menetap sampai empat jam sesudah latihan.

● Mengajarkan nilai-nilai kehidupan yang baik

Setiap ilmu bela diri memiliki falsafah kebijaksanaannya masing-masing, termasuk pencak silat. Nilai-nilai luhur yang ada dalam pencak silat, antara solidaritas sosial dan berani membela kebenaran dan keadilan. Tentunya, dengan berlatih pencak silat secara konsisten akan membuat seseorang menjadi lebih berhati-hati dan tidak agresif terhadap sesama.

Jadi bagaimana? Makin tertarik, dong, untuk belajar pencak silat seperti Wiro Sableng? Apalagi setelah Indonesia berhasil menjadi juara umum pencak silat pada Asian Games 2018. Ini bisa Anda jadikan motivasi untuk menggali lebih dalam ilmu bela diri tersebut sekaligus membuat tubuh lebih bugar. Selamat berlatih!

[RVS]