Solusi Atasi Badan Lemas Usai Nonton Closing Ceremony Asian Games

Oleh dr. Sepriani Timurtini Limbong pada 02 Sep 2018, 15:00 WIB
Badan lemas bisa terjadi usai nonton meriahnya closing ceremony Asian Games 2018. Agar ini tak terjadi pada Anda, simak solusinya di sini.
Solusi Atasi Badan Lemas Usai Nonton Closing Ceremony Asian Games (Paparacy/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tak terasa, Asian Games 2018 Jakarta Palembang sudah mencapai akhir. Closing ceremony akan diadakan malam nanti di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan. Jika Anda berencana menonton langsung acara megah tersebut di lokasi, sebaiknya Anda mempersiapkan stamina Anda dengan baik. Perjalanan masuk dan keluar venue dan durasi acara yang akan berlangsung sekitar tiga jam rentan membuat Anda terancam kondisi badan lemas. Padahal, esok harinya, kan, Anda harus kembali ngantor.

Semua orang setuju dengan megahnya opening ceremony Asian Games 2018. Dari sini, meski sebenarnya konsep closing ceremony lebih sederhana, tapi tetap saja masyarakat dan berbagai tamu dari negara-negara Asia yang berpartisipasi di Asian Games tahun ini berbondong-bondong ingin menyaksikannya.

Ada yang lebih memilih untuk menyaksikannya di rumah atau nonton bareng bersama teman di restoran yang menyiarkan closing ceremony, tapi banyak juga yang rela “berjuang” untuk menyaksikan momen penutupan Asian Games 2018 secara langsung di SUGBK. Apa pun pilihannya, Anda perlu waspada. Pasalnya, badan lemas bisa terjadi setelah Anda menonton closing ceremony Asian Games malam ini.

Atasi badan lemas usai nonton closing ceremony Asian Games

Lewat closing ceremony Asian Games yang dijadwalkan berlangsung selama kurang lebih 3 jam, penonton akan disuguhi berbagai penampilan menarik dari para pengisi acara. Menonton dalam waktu yang cukup lama tentu berpotensi membuat tubuh mengalami kelelahan. Namun, Anda tak perlu khawatir.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kondisi badan lemas usai nonton closing ceremony Asian Games 2018:

1. Pastikan istirahat secara cukup

Istirahat yang cukup dapat mengurangi rasa lelah dan memberikan kesempatan sel-sel tubuh untuk melakukan regenerasi. Milikilah pola tidur yang baik, yakni tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari. Hindari begadang karena akan membuat tubuh terasa lemas.

Kalau terpaksa harus begadang, usahakan agar Anda tetap mempunyai waktu istirahat sehari setelah begadang. Hal ini juga berlaku saat menyaksikan closing ceremony. Usai menonton, sebaiknya Anda segera beristirahat untuk memulihkan tenaga.

2. Asupan makanan tinggi protein

Konsumsi makanan sumber protein akan menjadikan Anda terhindar dari badan lemas. Protein berperan penting dalam berbagai proses metabolisme tubuh. Oleh karena itu, tambahkan makanan yang tinggi protein seperti daging, ikan, telur, kacang merah, tahu, dan tempe dalam menu harian Anda.

3. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Gantilah camilan Anda, dari biskuit, kue, roti yang tinggi gula, menjadi potongan buah segar atau salad sayuran untuk menemani Anda menyaksikan closing ceremony Asian Games.

Buah dan sayur kaya akan vitamin, mineral, serta antioksidan. Semuanya itu bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar Anda tidak mudah sakit. Serat yang tinggi dalam buah dan sayur pun baik untuk pencernaan serta dapat membuat Anda tidak mudah lapar dan lemas.

4. Cukup minum air putih

Tanpa disadari, saat Anda asyik menyaksikan closing ceremony Asian Games, tubuh kehilangan banyak cairan melalui proses pernapasan atau keringat—apalagi Anda yang berencana menontonnya langsung di SUGBK, ditambah Anda mungkin saja lupa untuk minum air putih selama acara berlangsung.

Kekurangan cairan akan membuat tubuh kehilangan energi dan akhirnya badan menjadi lemas. Karena itu, pastikan Anda selalu minum setidaknya 2 liter air putih setiap hari. Sediakanlah air putih di dekat Anda saat sedang menonton closing ceremony.

5. Pola hidup yang aktif

Poin terakhir ini merupakan hal yang harus Anda lakukan sejak jauh hari dan jadikan ini sebagai kebiasaan sehat. Pola hidup yang aktif bergerak dapat mengurangi rasa lemas. Mulailah dengan sering jalan kaki, naik tangga, atau bersepeda pada sore hari. Anda bisa juga pergi bekerja dengan menggunakan kendaraan umum atau parkir kendaraan di tempat yang lebih jauh agar Anda bisa jalan kaki lebih banyak.

Badan lemas sangat mungkin menyerang bila Anda tidak memiliki pola hidup yang baik dan sehat sebelumnya. Bila Anda menerapkan lima langkah di atas, diharapkan badan lemas bisa Anda tangkal jauh-jauh. Meski menyaksikan closing ceremony Asian Games sekitar 3 jam lamanya, Anda akan tetap bugar dan bisa bekerja dengan baik keesokan harinya.

[RN/ RVS]