7 Camilan Sehat Nonton Closing Ceremony Asian Games

Oleh Ruri Nurulia pada 02 Sep 2018, 16:41 WIB
Kehabisan tiket closing ceremony Asian Games? Anda tetap bisa nonton di rumah atau tempat nobar lain. Pastikan camilan sehat menemani Anda!
7 Camilan Sehat Nonton Closing Ceremony Asian Games (Iqbal-Ichsan/bola.com)

Klikdokter.com, Jakarta Tak terasa, saatnya mengucapkan selamat tinggal kepada Asian Games 2018.  Perolehan 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 medali perunggu mengukuhkan Indonesia di peringkat ke-4. Seperti halnya opening ceremony, closing ceremony hari ini (2/9) juga dinantikan oleh masyarakat. Berlangsungnya acara selama sekitar 3 jam, tak akan lengkap tanpa camilan. Tapi pilihlah camilan yang sehat, enak, dan bernutrisi, agar tubuh tetap sehat dan berenergi harus diutamakan!

Asosiasi profesional nasional ahli diet Kanada, Dietitians of Canada, menyebut bahwa kunci penting ngemil sehat adalah:

  • Pemilihan makanan secara bijak
  • Perhatikan porsi camilan yang dikonsumsi
  • Ngemil saat lapar

Closing ceremony Asian Games 2018 Jakarta Palembang akan dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno pukul 19.00-22.00 WIB. Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, waktu penyelenggaraan closing ceremony yang sebenarnya waktu setelah makan malam, sebenarnya ngemil tidak dianjurkan.

“Kalau sudah di atas jam 7 malam atau selepas makan malam, sebetulnya Anda tidak dianjurkan untuk nge mil. Namun, jika memang harus ada camilan saat menonton closing ceremony Asian Games yang bisa 3 jam lamanya di depan TV, sebaiknya pilih camilan sehat yang tinggi serat dan rendah gula,” jelasnya.

Ada beberapa hasil studi yang menunjukkan bahwa makan terlalu larut dapat menyulitkan Anda untuk mengontrol berat badan. Namun, jika Anda benar-benar lapar, porsi kecil camilan sehat bernutrisi di bawah 200 kalori tergolong aman untuk dikonsumsi saat larut. Bahkan, ada beberapa jenis camilan yang memiliki kandungan yang dapat membantu tidur lebih nyenyak saat Anda selesai menonton closing ceremony Asian Games.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa pilihan camilan yang bisa dengan mudah Anda siapkan untuk menemani Anda menyaksikan tribute terhadap para atlet lewat closing ceremony Asian Games.

1. Tart cherry

Hasil beberapa studi menunjukkan bahwa tart cherry (dikenal juga sebagai ceri asam atau Montmorency cherries) dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak karena adanya kandungan melatonin (hormon yang membantu keteraturan tidur) dan fitonutrien prosianidin B-2 (dikatakan sebagai pembentuk melatonin). Selain itu, buah ini juga memiliki manfaat antiinflamasi yang mungkin menawarkan proteksi terhadap kondisi terkait inflamasi seperti artritis dan penyakit hati.

Coba buat sendiri segelas jus ceri asam (240 ml) atau 1/3 cangkir (40 gram) ceri asam kering, yang kandungan kalori keduanya hanya sekitar 140.

2. Pisang dengan almond butter

Pisang adalah salah satu buah yang kaya akan serotonin yang sebagian diubah menjadi melatonin. Ada satu studi menemukan peningkatan kadar darah melatonin dalam waktu 2 jam setelah makan dua buah pisang. Almond, termasuk almond butter, juga mengandung melatonin dan sumber lemak baik, vitamin E, dan magnesium. Magnesium diketahui dapat menyokong produksi melatonin.

Ambil pisang berukuran kecil lalu celupkan ke dalam satu sendok teh (16 gram) almond butter tanpa pemanis—dijamin enak dan hanya mengandung 165 kalori!

3. Kacang pistachio

Karena dikenal kaya akan kandungan melatoninnya, Anda bisa mengonsumsi segenggam penuh kacang pistachio yang jumlah kalorinya hanya sekitar 160.

4. Crackers dan keju

Camilan yang menawarkan keseimbangan antara karbohidrat dan protein seperti crackers berbahan biji-bijian utuh (whole-grain) dan keju dapat menunjang kadar gula darah yang konsisten sekaligus produksi kimia pada otak yang dapat membantu tidur Anda jadi berkualitas.

Empat buah crackers (16 gram) dan satu stick keju cheddar rendah lemak (28 gram) hanya memiliki kalori sekitar 150.

1 of 2

Selanjutnya

5. Yoghurt tanpa lemak dengan madu

Saran dari dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, pilihlah yoghurt plain tanpa lemak dan tanpa rasa.

“Agar rasanya tidak hambar, tambahkan satu sendok teh madu ke dalam setengah cangkir yoghurt. Hasilnya, camilan sehat Anda hanya bernilai 84 kalori dan bebas kolesterol!” ungkapnya.

6. Edamame

Sebagai camilan sehat malam hari yang simpel, campur edamame yang sudah direbus atau dikukus dengan sedikit garam dan merica. Setengah cangkir edamame (113 gram) mengandung 130 kalori.

Dipaparkan oleh dr. Nadia, setengah cangkir edamame terdiri dari 8 gram protein, 4 gram serat, 0,5 gram lemak jenuh, 4,5 mg sodium, serta 0 mg kolesterol. Sebagai bonus, sepuluh persen kebutuhan harian zat besi Anda pun terpenuhi.

Edamame juga merupakan sumber protein yang baik, termasuk asam amino triptofan. Agar dapat memicu otak memproduksi edamame, kombinasikan dengan karbohidrat seperti hummus atau roti whole-grain.

7. Kiwi

Dua buah kiwi yang dikupas mengandung 93 kalori, 5 gram serat, dan 190 persen dari asupan vitamin C yang direkomendasikan.

Menurut hasil penelitian, kiwi juga dapat membantu Anda cepat tertidur, apalagi setelah selesai menyaksikan closing ceremony Asian Games. Peneliti menemukan penurunan sebanyak 35 persen waktu akhirnya seseorang bisa tertidur. Partisipan juga ditemukan tertidur 13 persen lebih lama dan 5 persen lebih berkualitas. Ini karena kiwi mengandung serotonin yang dapat memiliki efek relaksasi dan dapat membuat Anda tertidur lebih cepat. Serotonin juga berfungsi untuk menahan hasrat makan karbohidrat.

Meski mengonsumsi camilan di atas jam 7 malam - atau selepas makan malam - tidak dianjurkan, tapi jika hasrat ingin ngemil tak tertahankan, pilihlah jenis camilan sehat. Camilan harus tinggi serat dan rendah gula seperti yang dipaparkan di atas. Sebisa mungkin, jangan jadikan ngemil pada jam ini sebagai kebiasaan karena dapat meningkatkan risiko naiknya berat badan, gangguan respons hormon, peningkatan hormon kortisol alias hormon stres, dan masih banyak lagi. Selamat nonton closing ceremony Asian Games 2018.

[RVS]

Lanjutkan Membaca ↓