Tak Disangka, 5 Artis Ini Mengidap Penyakit Kronis

Oleh Ayu Maharani pada 04 Sep 2018, 14:03 WIB
Selalu tampil memukau di layar kaca, nyatanya sederet artis ini punya penyakit kronis yang tak biasa. Siapa saja mereka?
Tak Disangka, 5 Artis Ini Mengidap Penyakit Kronis (Kaspars Grinvalds/123rf)

Klikdokter.com, Jakarta Sebagai warganet yang kerap mengikuti berbagai tayangan hiburan dan kehidupan para artis, ada kalanya Anda beranggapan betapa sempurnanya hidup mereka. Bergelimang harta, punya banyak penggemar, dan memiliki fisik yang rupawan seakan menjadi patokan dalam mengukur kebahagiaan semua selebritas. Padahal, ada juga artis yang mengidap penyakit kronis dan langka, yang bisa saja merenggut segala yang mereka miliki.

Ya, beberapa artis yang mungkin sudah tak asing bagi Anda sempat terdiagnosis mengidap penyakit kronis yang berbahaya. Siapa saja mereka?

1 of 6

1. Selena Gomez

Selena Gomez (Todd Williamson Invision/AP)
Selena Gomez (Todd Williamson Invision/AP)

Siapa yang tak kenal dengan mantan pacar dari Justin Bieber yang satu ini? Selain cantik, Selena Gomez juga memiliki suara merdu yang khas, dan selalu berhasil memberikan penampilan yang memukau di atas panggung.

Akan tetapi, siapa sangka, ternyata perempuan kelahiran tahun 1992 ini mengidap penyakit Lupus. Pada tahun 2015 silam, Selena terdeteksi menderita penyakit yang menyerang sistem imunitas penderitanya tersebut.

Pada kasus Selena, organ yang mengalami kerusakan akibat penyakit lupus ialah ginjal. Beruntunglah ia memiliki seorang sahabat yang baik dan mau mendonorkan ginjalnya untuk ditransplantasikan kepada Selena.

2 of 6

2. Lady Gaga

Lady Gaga (Lady Gaga/Instagram)
Lady Gaga (Lady Gaga/Instagram)

Artis yang sangat fenomenal di tahun 2008–2011 ini rupanya mengidap penyakit yang bernama Fibromyalgia Syndrome atau FMS. Ini adalah penyakit yang menyebabkan rasa nyeri di sekujur tubuh, kelumpuhan, bahkan gangguan ingatan jika penderitanya terlalu lelah.

Meski terdiagnosis mengidap penyakit tersebut, Lady Gaga tetap memberikan tampil sebagai sosok yang sensasional. Gaga bahkan sangat peduli dengan orang-orang yang mengidap penyakit kronis seperti dirinya. Ia berharap dapat terhubung baik dengan mereka, agar bisa saling menguatkan satu sama lain.

3 of 6

3. Winnie Harlow

Winnie Harlow (Liputan6)
Winnie Harlow (Liputan6)

Tidak seperti Selena Gomez dan Lady Gaga, model cantik berkulit gelap, Winnie Harlow, memiliki penyakit kronis yang sangat kasat mata. Ya, Harlow mengidap penyakit vitiligo. Pada dasarnya, vitiligo menyebabkan kehilangan warna kulit dan menghasilkan bercak-bercak cukup luas di tubuh penderitanya.

Meski terdiagnosis mengidap penyakit tersebut, Winnie Harlow dengan tegas tak mau disebut dengan 'penderita'. Karena menurutnya, vitiligo bukanlah penyakit yang perlu dikhawatirkan oleh dirinya sendiri. Ia pun tak ingin diberi judulkan “Vitiligo Model”, karena penyakit ini bukanlah suatu hal yang membanggakan apalagi menyedihkan dari diri seseorang.

4 of 6

4. Mariah Carey

Mariah Carey (AP/Photo)
Mariah Carey (AP/Photo)

Penyanyi bertubuh sintal dan bersuara emas yang selalu tampil murah senyum di atas panggung ini rupanya mengidap bipolar disorder. Ini adalah keadaan yang membuat penderitanya mengalami mood yang berubah-ubah, dari perasaan sangat bahagia berubah menjadi depresi.

Pada awalnya, Mariah Carey sangat ketakutan jika publik mengetahui kondisi dirinya itu. Namun, seiring berjalannya waktu, ia mulai percaya diri, melakukan berbagai treatment, mengelilingi dirinya dengan orang-orang positif hingga melakukan berbagai macam kegiatan yang ia sukai.

5 of 6

5. Pink

Pink (Arny Christika Putri/Liputan6)
Pink (Arny Christika Putri/Liputan6)

Mungkin sebagian dari Anda menganggap bahwa penyakit asma bukanlah hal yang terlalu menakutkan. Namun, bagaimana jika penyakit tersebut dialami oleh seorang penyanyi profesional yang membutuhkan napas panjang nan sempurna untuk menyanyikan sebuah lagu yang indah? Ya, hal itulah yang dialami oleh Pink.

Untuk mengatasi kesulitan bernyanyi akibat asma yang dideritanya, Pink berusaha untuk berlatih dengan cara naik-turun tangga sambil bernyanyi dan joging di atas treadmill agar asmanya tersebut tidak menjadi penghalang.

Mengulas penyakit kronis yang dialami oleh sederet artis terkenal seperti di atas bukan bermaksud untuk memberitahukan kepada khalayak tentang sisi gelap mereka. Namun sebaliknya, hal ini ditujukan agar Anda bisa terinspirasi dan menjadi lebih bijaksana dalam menilai suatu hal. Bahkan, Anda pun bisa menjadikan keadaan yang dialami artis-artis di atas sebagai pendongkrak semangat untuk terus menjalani hidup bagaimana pun kondisinya.

[NB/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓