14 Cara Mempercepat Haid Agar Segera Selesai, Apa Saja?
searchtext customer service

Cara Mempercepat Haid Agar Segera Selesai

Haid yang terlalu lama bisa mengganggu aktivitas. Bagaimana cara agar haid cepat selesai? Simak cara menghentikan dan mempercepat haid di sini.
Cara Mempercepat Haid Agar Segera Selesai

Klikdokter.com, Jakarta Wanita usia produktif yang sehat pasti akan mengalami haid setiap bulannya. Kondisi ini normal, namun tetap dapat mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas.

Dengan berbagai keluhan yang dapat mengganggu aktivitas selama haid, Anda perlu mengetahui kiat untuk mengatasinya. Bahkan, dalam beberapa kasus, Anda pun bisa mempercepat haid agar segera selesai.

Beberapa cara agar haid cepat selesai akan lebih efektif jika dilakukan menjelang jadwal datang bulan. Pasalnya, jadwal haid seseorang akan berulang terus dalam siklus tersebut.

Berikut beberapa cara agar haid cepat berhenti yang bisa Anda coba:

1 dari 15

1. Berolahraga

Seorang Wanita Berolahraga
loading

Cara supaya haid cepat selesai yang pertama adalah berolahraga. Dengan banyak melakukan aktivitas fisik, darah akan keluar dari rahim dengan lebih cepat.

Tak hanya itu, untuk sebagian orang, beraktivitas fisik saat haid juga dapat meringankan kram perut.

Artikel Lainnya: Pertanyaan Seputar Haid yang Sering Ditanyakan

2 dari 15

2. Tidak Menggunakan Tampon

loading

Sebagian wanita beranggapan, menggunakan tampon lebih aman ketika haid karena daya serapnya yang luar biasa.

Namun, tanpa disadari tampon berpotensi menghalangi aliran darah keluar dari vagina. Hal ini dapat memperpanjang masa haid.

Penggunaan pembalut atau menstrual cup akan lebih baik ketimbang tampon saat Anda ingin haid segera berakhir. Sebab, pembalut tidak menghalangi aliran darah haid.

3 dari 15

3. Mencapai Orgasme

Mencapai Orgasme
loading

Ide berhubungan intim saat haid mungkin terasa aneh. Namun, ternyata orgasme dinilai dapat menjadi cara mempercepat haid.

Saat Anda mengalami orgasme, rahim biasanya akan turut kontraksi. Hal tersebutlah yang dipercaya membantu mendorong darah keluar dari rahim, sehingga haid cepat tuntas.

Artikel Lainnya: 12 Fakta Haid yang Wajib Diketahui Wanita

4 dari 15

4. Menjaga Berat Badan Ideal

loading

Wanita dengan kelebihan berat badan umumnya memiliki kadar lemak tubuh yang tinggi. Kelebihan sel lemak dapat memengaruhi kadar hormon reproduksi wanita, sehingga dapat menyebabkan siklus haid menjadi lebih berat dan lama.

Jadi, pastikan berat badan Anda tidak berlebih alias masih dalam taraf ideal. Jika mengalami kelebihan berat badan, turunkan bertahap dan sehat dengan pola makan bergizi seimbang dan olahraga rutin.

5 dari 15

5. Konsumsi Makanan Bergizi

Konsumsi Makanan Bergizi
loading

Pola makan dengan gizi seimbang dapat membantu mempertahankan berat badan ideal. Dengan melakukan hal tersebut, kebutuhan gizi juga akan terpenuhi.

Kebutuhan gizi yang memadai penting bagi kelancaran siklus haid.

6 dari 15

6. Konsumsi Adas

loading

Adas termasuk rempah yang dipercaya bermanfaat untuk kelancaran siklus haid. Rempah ini juga disinyalir dapat mengurangi nyeri dan mempercepat masa haid.

Berbagai olahan kue adas dapat Anda coba konsumsi sebagai cara menghentikan haid lebih cepat.

Artikel lainnya: Penyebab Haid Tidak Teratur yang Perlu Diwaspadai

7 dari 15

7. Konsumsi Jahe

Konsumsi Jahe
loading

Jahe termasuk rempah yang bermanfaat untuk siklus haid. Karena, jahe dipercaya dapat mengurangi perdarahan berat sehingga haid cepat selesai.

Cobalah untuk mengonsumsi teh jahe. Anda juga dapat mengolah rempah tersebut bersama berbagai menu masakan untuk membantu agar haid cepat berhenti.

8 dari 15

8. Cukup Minum Air Putih

loading

Memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi juga dapat menjadi cara mempercepat haid.

Saat Anda kekurangan cairan, darah akan cenderung lebih kental. Darah mungkin menjadi lebih lambat keluar dari tubuh.

9 dari 15

9. Konsumsi Pil Antinyeri

Konsumsi Pil Antinyeri
loading

Ingin haid segera berhenti karena terganggu nyeri atau kram? Anda bisa mengonsumsi pil antinyeri seperti ibuprofen.

Pada dosis tinggi, pil ini disinyalir dapat membantu mengurangi haid yang berlebihan dan mempercepat prosesnya. Namun, cara ini tidak direkomendasikan untuk dilakukan rutin. 

Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi pil antinyeri dosis tinggi.

10 dari 15

10. Konsumsi Pil Kontrasepsi

loading

Mengonsumsi pil kontrasepsi juga bisa dilakukan sebagai cara agar haid cepat selesai. Dengan minum pil ini, kadar hormon di dalam tubuh akan meningkat. Hal ini dipercaya bisa mempersingkat durasi perdarahan saat haid.

Saat konsumsi pil KB, Anda umumnya akan diberikan durasi tujuh hari untuk haid. Konsumsi pil kontrasepsi akan membantu menghindari haid Anda menjadi lebih lama dari jangka waktu tersebut.

Artikel Lainnya: Benarkah Pola Makan Pengaruhi Siklus Menstruasi?

11 dari 15

11. Konsumsi Vitamin C

Konsumsi Vitamin C
loading

Vitamin C adalah salah satu antioksidan kuat yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan risiko penyakit kronis, vitamin C juga bisa dikonsumsi sebagai salah satu cara supaya haid cepat selesai.

Konsumsi vitamin C ternyata dapat membantu menurunkan kadar progesteron, yaitu hormon penting yang berperan dalam penebalan dinding rahim. 

Jika progesteron turun, maka proses peluruhan jaringan dinding rahim jadi lebih cepat selesai, sehingga haid pun akan cepat berhenti. 

12 dari 15

12. Menggunakan Implan

loading

Implan juga merupakan alat kontrasepsi yang cukup terkenal selain pil KB. Implan merupakan alat kontrasepsi yang ditempatkan di bawah kulit. 

Alat tersebut mengandung hormon progestin yang dapat menghambat ovulasi dan mencegah perkembangan folikel. Efeknya, haid akan jadi lebih sedikit atau bahkan tidak haid sama sekali.

13 dari 15

13. Konsumsi Obat Asam Traneksamat

Konsumsi Obat Asam Traneksamat
loading

Selain obat antinyeri, obat asam traneksamat juga bisa dikonsumsi sebagai cara mempercepat haid. Obat ini telah dipelajari dapat mengatasi perdarahan menstruasi yang berat.

Dalam beberapa penelitian, asam traneksamat oral diketahui dapat mengurangi kehilangan darah hingga 60 persen. Asam traneksamat bekerja dengan cara menghambat gumpalan darah menjadi pecah, sehingga perdarahan tidak terjadi.

14 dari 15

14. Minum Teh Daun Raspberry

loading

Teh daun raspberry memang masih jarang dikonsumsi masyarakat Indonesia. Tapi, teh ini dapat Anda jadikan pilihan agar haid cepat berhenti. 

Daun raspberry diketahui memiliki sifat relaksasi otot yang dapat mengurangi kontraksi rahim. Selain itu, kandungan tanin di dalam daun raspberry juga dipercaya dapat mengurangi perdarahan berat saat haid.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar haid cepat berhenti. Mengakhiri menstruasi lebih cepat boleh saja, asalkan dilakukan dengan cara yang aman. 

Baca Juga

Bila terpikir untuk menghentikan masa haid dalam jangka waktu yang lebih lama lagi, sebaiknya konsultasikan hal tersebut kepada dokter. Hal ini bertujuan agar Anda dapat meraih hal yang diinginkan, tanpa khawatir efek samping merugikan.

Gunakan Live Chat di aplikasi KlikDokter untuk konsultasi mudah dan respons cepat.

(FR/NM)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Peter Fernando, DiMAP.

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000
avatar

dr. Wendri Wildiartoni Pattiawira

Dokter Umum
wallet
Rp. 20.000
avatar

dr. Euis Kurniawati

Dokter Umum
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Saat Haid, Bolehkah Minum Soda?

Info Sehat
04 Apr

Efek Samping Tampon Beraroma yang Mesti Diwaspadai Wanita

Info Sehat
23 Mar

Penyebab Haid Tidak Teratur Setelah Menikah

Info Sehat
21 Mar

Pertolongan Pertama Saat Menemukan Darah di Urine

Info Sehat
18 Mar

Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur Saat Menyusui

Info Sehat
12 Mar

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat