Cara Atasi Radang Tenggorokan dengan Pengobatan Alami

Oleh dr. Dyan Mega Inderawati pada 06 Sep 2018, 07:00 WIB
Ada tujuh cara sederhana yang mampu mengatasi radang tenggorokan dengan mengandalkan pengobatan alami. Apa saja?
Cara Atasi Radang Tenggorokan dengan Pengobatan Alami (PORNCHAI SODA/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Rasa sakit dan sulit menelan akibat radang tenggorokan kerap membuat penderitanya tersiksa, terutama malam sebelum tidur dan pagi hari ketika bangun tidur. Jika kesibukan membuat Anda tak sempat pergi ke dokter, ada beberapa cara sederhana yang diandalkan untuk membantu mengatasi radang tenggorokan dengan pengobatan alami. Ini patut dicoba!

Walaupun umumnya tidak berbahaya, keluhan nyeri akibat radang tenggorakan bisa mengganggu kelancaran aktivitas. Berita baiknya, sebagian besar kasus radang tenggorokan sebenarnya disebabkan oleh infeksi virus yang akan hilang dengan sendirinya. Hanya sebagian kecil saja yang benar-benar butuh pengobatan khusus.

Mengatasi radang tenggorokan dengan pengobatan alami

Untuk meringankan gejala dan mempercepat penyembuhan radang tenggorokan, ada beberapa pengobatan alami yang bisa Anda coba terapkan di rumah.

  1. Istirahat

Sebaiknya hentikan sementara segala aktivitas yang menumpuk dan menguras tenaga. Pada saat ini, lebih baik fokus pada penambahan jam tidur Anda. Pastikan jam tidur Anda cukup, yaitu 7-8 jam per hari.

Istirahat secara cukup berperan penting bagi tubuh dalam proses pemulihan daya tahan tubuh, yang merupakan kunci utama memulihkan diri dari radang otak.

  1. Banyak minum air putih

Minum setidaknya 2 liter air putih per hari untuk membantu meredakan keluhan radang tenggorokan. Dehidrasi hanya akan membuat tenggorokan semakin kering dan pada akhirnya memperberat radang yang terjadi.

  1. Berkumur dengan air garam

Ambil setengah gelas air hangat lalu campurkan dengan setengah sendok makan garam. Berkumurlah dengan air garam ini beberapa kali dalam sehari. Garam yang ada di larutan tersebut berfungsi menarik air sehingga kotoran maupun kuman yang ada di tenggorokan akan tersapu oleh air tersebut.

Larutan garam yang hangat ini juga berfungsi mengencerkan dahak dan akan mengeluarkannya bersamaan dengan kotoran yang menempel tersebut. Salah satu penelitian bahkan membuktikan bahwa berkumur dengan air garam secara rutin mampu mencegah radang tenggorokan di kemudian hari.

  1. Minum air hangat plus madu

Selain air garam, air hangat yang dicampur madu juga ternyata efektif untuk membantu meredakan radang tenggorokan. Berdasarkan penelitian, madu terbukti efektif untuk meredakan proses peradangan dan membantu menekan batuk, terutama yang terjadi malam hari.  Pastikan madu yang Anda pilih berasal dari madu alami tanpa pemanis buatan, ya!

  1. Konsumsi tablet isap

Salah satu cara lain yang cukup efektif untuk membantu meredakan radang tenggorokan adalah dengan tablet isap. Gerakan mengisap akan menstimulasi produksi air liur. Bersama dengan bahan aktif yang terkandung di dalam tablet isap, air liur ini akan bekerja melapisi dinding tenggorokan sehingga dapat mengurangi rasa nyeri yang dialami.

  1. Gunakan pengatur kelembapan udara

Udara yang kering adalah salah satu faktor yang dapat memperberat radang tenggorokan. Oleh karena itu, penggunaan alat pengatur kelembapan udara bisa jadi solusi mengatasinya. Bila tidak memiliki alat tersebut di rumah, Anda dapat mencoba mandi dengan air hangat. Uap air yang terhirup dan masuk ke tenggorokan akan bekerja melembapkan tenggorokan, sehingga rasa nyeri akan berkurang. Perlahan, radang pun mereda.

  1. Hindari bahan-bahan iritan

Selama proses penyembuhan, sedapat mungkin hindari paparan asap rokok, asap kendaraan, debu, dan iritan lainnya. Stop merokok, jauhi perokok, dan usahakan untuk mengenakan masker ketika harus beraktivitas di luar ruangan atau area berdebu.

Jika tidak sempat mengunjungi dokter, lakukan tujuh cara mengatasi radang tenggorokan dengan pengobatan alami seperti yang dijabarkan sebelumnya. Meski demikian, jika setelah mencoba cara-cara di atas tapi radang tenggorokan masih mengganggu, bahkan memburuk, jangan tunda untuk bikin janji dengan dokter. Bisa jadi radang tenggorokan yang Anda alami tidak bisa sembuh dengan sendirinya dan harus mendapatkan terapi khusus seperti pemberian antibiotik.

[RN/ RVS]