Cara Mudah Atasi Sakit Perut Saat Car Free Day

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 09 Sep 2018, 10:00 WIB
Sakit perut saat sedang mengikuti keseruan car free day di akhir pekan tentu mengganggu. Jangan menyerah, atasi dengan kiat berikut ini.
Cara Mudah Atasi Sakit Perut Saat Car Free Day (ShotPrime-Studio/shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Akhir pekan telah tiba! Biasanya kegiatan car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan, dipilih oleh keluarga Indonesia di kota besar sebagai salah satu alternatif cara mempererat kebersamaan keluarga atau sekaligus untuk berolahraga. Namun bila sakit perut menyerang, ketahui cara tepat untuk mengatasinya.

Banyak yang memanfaatkan car free day sebagai sarana untuk berolahraga. Mereka yang biasanya sibuk selama sepekan karena pekerjaan, biasanya memanfaatkan momen ini untuk joging, jalan santai, atau bersepeda. Di sisi lain, banyak juga yang menggunakan car free day sebagai ajang bersantai, menikmati kota tanpa polusi kendaraan.

Kota-kota besar di Indonesia biasanya rata-rata melaksanakan car free day sejak pukul 06.00 WIB sampai 11.00 WIB. Bila sakit perut menyerang di tengah asyiknya car free day, tentunya Anda tidak dapat menikmati keseruan yang ada.

Sakit perut saat beraktivitas

Menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, hampir setiap orang pernah mengalami nyeri perut saat sedang beraktivitas. Terkadang, rasa nyeri tersebut begitu mengganggu, sehingga Anda harus berhenti sejenak dari aktivitas yang tengah dilakukan.

Sementara itu, dikatakan dr. Anita Amalia Sari dari KlikDokter, sakit perut biasa terjadi di bagian perut kanan dan perut kiri, baik bagian atas atau pun bawah. Untuk mengetahui penyebab keluhan yang dirasakan, Anda perlu menemukan dulu di mana titik nyeri yang dirasakan saat Anda merasakan sakit perut.

Jika sudah diketahui titik nyerinya, maka biasanya dokter akan memberitahukan penyebab sakit perut yang Anda alami. Untuk pengobatannya pun bisa berbeda-beda, tergantung pada penyebabnya.

1 of 3

Mengatasi sakit perut sesuai penyebabnya

Sakit perut bisa disebabkan oleh apa saja, mulai dari mengonsumsi makanan pedas hingga yang sangat fatal, seperti kanker usus besar. Tak selalu serius, sakit perut juga merupakan tanda gangguan kesehatan yang tidak serius, sehingga penanganannya dapat dilakukan sendiri.

Melansir dari situs Prevention, berikut ini adalah cara mengenali sakit perut berdasarkan penyebabnya sekaligus cara mengatasinya:

1. Sakit perut akibat mual

Bisa saja Anda mengalami sakit perut karena mual saat sedang car free day. Untuk mengatasinya, cobalah memakan jahe. Hal ini telah teruji oleh penelitian dan diyakini dapat mengatasi mual. Jika Anda sulit menelan jahe dalam bentuk asli, kini telah banyak dijual permen jahe, kue jahe, atau pun kapsul jahe.

Vijaya Rao, seorang gastroenterolog dan asisten profesor di The University of Chicago Medicine, menyarankan Anda untuk mengunyah potongan jahe sejenak saat perut terasa nyeri atau Anda juga bisa memasukkannya ke dalam air panas untuk dijadikan teh.

2. Sakit perut karena kram

Jika Anda sering mengalami sakit perut karena kram, tidak ada salahnya untuk membawa teh yang mengandung mint sebagai bentuk persiapan. Menurut Vijaya, teh yang mengandung mint dapat melemaskan usus dan membantu menghentikan kram.

Selain itu, cara lainnya adalah dengan menggunakan bantal pemanas atau handuk bilasan air hangat yang ditempelkan di perut. Lakukan ini selama kurang lebih 20 menit untuk meningkatkan aliran darah ke perut. Cara ini dapat membantu mengendurkan otot-otot penyebab kram di perut Anda.

2 of 3

Selanjutnya

3. Sakit perut karena diare

Diare biasanya disebabkan oleh patogen yang perlu keluar dari tubuh Anda, dan minum banyak cairan dapat membantu mengatasinya, kata Vijaya. Tetaplah terhidrasi dengan baik untuk membantu tubuh menangkal dehidrasi, yakni efek samping yang umum dari diare.

Selain dari air, Anda juga bisa mengobati sakit perut karena diare dengan air gula atau air garam. Kandungan zat di dalamnya dapat menggantikan glukosa dan mineral yang hilang dari dalam tubuh.

4. Sakit perut yang tak diketahui sebabnya

Cara paling mudah untuk meredakan sakit perut yang Anda sendiri tidak tahu penyebabnya adalah dengan memberikan pijatan di sekitar perut.

"Tempatkan satu tangan di atas area yang nyeri. Berikan tekanan lembut pada perut dan buat gerakan memutar 10 hingga 20 kali. Hal ini harus dilakukan bersamaan dengan mengatur pernapasan secara dalam,” ujar Karen Joubert, pemilik klinik Terapi Fisik di Beverly Hills, Amerika Serikat.

Peningkatan oksigen akan membantu aliran darah dan meredakan rasa sakit tersebut. Jika cara ini masih belum berhasil merdakan sakit perut, Joubert menyarankan Anda mengubah posisi.

"Berbaringlah di lantai, tarik lutut ke dada, sehingga kaki berada di atas sejajar dengan posisi jantung. Dengan lembut, ayunkan kaki sebanyak 10-20 kali sambil fokus pada pernapasan Anda," tambahnya.

5. Sakit karena menderita mag

Jika Anda memiliki riwayat sakit mag, segera minum obat-obatan yang biasa dikonsumsi. Vijaya Rao mengatakan, penderita mag sebaiknya minum obat sebelum beraktivitas atau rasa sakit menyerang. Jadi, jika ingin car free day Anda lancar tanpa gangguan, Anda yang memiliki penyakit mag bisa mengonsumsi obat terlebih dahulu.

Aktivitas car free day seharusnya bisa dilakukan dengan menyenangkan. Namun, bila sakit perut menyerang, momen car free day Anda bisa jadi “mimpi buruk”. Ketahui penyebab sakit perut Anda terlebih dahulu dan coba atasi dengan beberapa tips di atas. Jika sakit perut Anda tak kunjung membaik, segera periksa ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓