6 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Merusak Rambut

Oleh dr. Nadia Octavia pada 11 Sep 2018, 09:00 WIB
Hati–hati, kebiasaan sebelum tidur juga bisa merusak rambut. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.
6 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Merusak Rambut (LarsZ/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bagi wanita, rambut adalah mahkota. Tak heran, berbagai perawatan rambut mulai dari yang menggunakan bahan alami hingga teknologi mutakhir di salon, dilakukan oleh wanita untuk menjaga kesehatan rambut.

Namun terkadang tanpa disadari, banyak wanita (termasuk juga pria) sering melakukan beberapa kebiasaan sebelum tidur yang dapat merusak rambutnya. Ada banyak kebiasaan yang sering dilakukan, yang sayangnya membuat kondisi rambut menjadi rusak.

Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Tidur dengan rambut basah

Saat rambut masih basah, misalnya setelah Anda keramas, rambut mudah rapuh dan patah. Oleh karena itu, tidur dalam keadaan rambut yang masih basah dapat membuat rambut Anda mudah rusak dan bercabang.

Selain itu, menggesek–gesekkan rambut yang basah pada sprei dapat membuat kutikel rambut Anda rapuh, sehingga rambut menjadi kering dan sulit diatur. Jadi, jika Anda terbiasa keramas sebelum tidur, pastikan rambut Anda dikeringkan terlebih dahulu sebelum tidur.

  1. Mengikat rambut

Anda harus menghadiri acara keesokan pagi dan tak sempat ke salon? Untuk membuat rambut Anda tampil prima di pagi hari, apakah Anda sering mengikat atau menyanggul rambut di malam hari dan membiarkannya selama tidur semalaman?

Jika ya, sebaiknya hentikan kebiasaan Anda ini jika tak ingin rambut mudah rusak.

Mengikat rambut dengan kencang akan membuatnya rapuh dan mudah patah, terlebih jika Anda mengikatnya saat basah. Ketimbang menggunakan ikat rambut, Anda bisa menggunakan jepit rambut yang lebih aman untuk kesehatan rambut.

  1. Malas menyisir rambut

Nasihat dari ibu Anda sejak kecil ternyata ada benarnya. Menyisir rambut, terutama sebelum tidur akan membuat rambut Anda lebih sehat. Kulit kepala memproduksi minyak alami, sehingga menyisir rambut saat kering akan mendistribusikan minyak alami tersebut ke sepanjang batang rambut. Menyisir rambut sebelum tidur dapat menstimulasi kulit kepala dan folikel rambut serta merangsang pertumbuhan rambut.

  1. Menggunakan sarung bantal berbahan katun

Apakah sarung bantal Anda berbahan katun? Jika ya, sebaiknya ganti sarung bantal Anda dengan bahan silk. Sebab, sarung bantal berbahan katun akan memberikan gesekan pada rambut ketika tidur. Jadi jika ingin memiliki rambut yang halus dan tidak rusak, cobalah ganti sarung bantal dan sprei Anda dengan bahan silk.

  1. Malas menggunakan kondisioner

Jika Anda memiliki kebiasaan keramas sebelum tidur, jangan lupa menggunakan kondisioner. Produk pelembap rambut seperti kondisioner dapat mengisi kutikel rambut dan membantu melembapkannya selama 8 jam, saat Anda tidur semalaman.

Sebagai alternatif produk alami, Anda dapat menggunakan produk dari minyak kelapa untuk menggantikan kondisioner.

  1. Tidur tanpa membersihkan hair spray di rambut

Bagi sebagian besar wanita, menghandiri undangan atau perhelatan penting tentu perlu dibarengi dengan penampilan yang prima, termasuk menata rambut dengan rapi menggunakan hair spray.

Namun hati – hati, jika Anda menggunakan hair spray saat menghadiri undangan di malam hari, jangan lupa keramas setibanya di rumah. Sebab, sisa zat yang berasal dari hair spray akan membuat rambut Anda mudah rapuh dan patah. Pastikan Anda keramas dengan bersih hingga sisa hair spray hilang dan gunakan kondisioner untuk membuat rambut Anda halus.

Anda masih melakukan beberapa kebiasaan tersebut sebelum tidur? Mulai sekarang, ubahlah kebiasaan tersebut. Jika tidak, rambut Anda akan mudah rusak. Untuk mendapatkan rambut sehat, pastikan Anda merawatnya dengan baik, dan dukung dari dalam tubuh dengan konsumsi asupan bergizi.

[NP/ RVS]