Cara Masak yang Baik untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes tidak boleh sembarangan memilih bahan makanan, begitu pun dengan cara mengolahnya. Berikut penjelasan lengkap cara masak untuk penderita diabetes.
Cara Masak yang Baik untuk Penderita Diabetes

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi di kemudian hari, mulai dari gangguan jantung dan pembuluh darah, gangguan ginjal, hingga stroke. Karena itu, penderita diabetes wajib mengontrol kadar gula darahnya, salah satunya melalui pola makan yang sehat.

Penderita diabetes dituntut untuk memilih menu makanan yang sehat, begitu pula dengan proses memasak. Cara memasak makanan untuk penderita diabetes pun tidak jarang menjadi tantangan tersendiri.

Sebenarnya, kadar gula dalam makanan bukan satu-satunya yang harus diperhatikan. Penderita diabetes pun harus mencermati kandungan lemak dan kalori pada makanan. Hal ini karena diabetes juga dipengaruhi oleh profil lemak tubuh, berat badan, dan lain-lain.

Artikel Lainnya: Panduan Makan bagi Diabetesi agar Gula Darah Tetap Stabil

1 dari 2

Kiat Memasak untuk Penderita Diabetes

loading

Menu makanan untuk penderita diabetes tidak jauh berbeda dengan menu makanan pada umumnya. Namun, tetap ada beberapa perbedaan dalam hal memilih bahan makanan, cara memasak, dan mengatur porsi. Berikut adalah beberapa cara memasak untuk penderita diabetes:

  1. Cermat Memilih Bahan Makanan 

Cermat Memilih Bahan Makanan
loading

Bahan makanan untuk penderita diabetes yang dianjurkan adalah makanan yang rendah lemak. Sebagai contoh, saat memilih ayam, pilih bagian dada tanpa kulit. Demikian pula saat mengonsumsi daging sapi, pilih bagian yang tidak berlemak atau buang bagian lemak yang terlihat.

Perhatikan pula saat memilih minyak, pilihlah minyak dengan kandungan lemak trans rendah, seperti minyak kanola dan minyak jagung. Selain itu, penderita diabetes pun dianjurkan untuk memilih produk susu dengan kandungan yang rendah lemak dan rendah gula. 

Buah dan sayur juga dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, baik sebagai camilan maupun diolah dalam satu set menu. Buah mengandung gula yang aman bagi penderita penyakit gula, sedangkan kandungan serat dalam sayur baik untuk sistem pencernaan.

Artikel Lainnya: Begini Menu dan Pola Makan untuk Penderita Diabetes

Sementara itu, pantangan bagi penderita diabetes, yaitu bahan makanan yang mengandung lemak tinggi dan gula tinggi, seperti krimer kental manis dan nasi putih dalam porsi besar. Bahan makanan tersebut akan membuat gula darah sulit terkontrol. 

  1. Cara Memasak yang Tepat 

Cara Memasak yang Tepat
loading

Setelah memilih bahan makanan yang tepat, cara masak untuk diabetes pun tak kalah penting. Sedapat mungkin, hindari cara memasak dengan menggoreng dan beralihlah ke pilihan cara memasak yang lain. Cara memasak yang dianjurkan, di antaranya:

  • Panggang 

Cara memasak dengan dipanggang akan membuat makanan matang secara merata dan mengandung sangat sedikit lemak. 

  • Kukus 

Dengan cara mengukus, Anda mematangkan bahan makanan dengan uap air. Cara ini akan membuat gizi dalam makanan tidak hilang dalam proses masak. 

Artikel Lainnya: Gemar Makan Dessert tapi Punya Diabetes, Ini Solusinya

  • Rebus 

Cara lain yang lebih sehat adalah rebus. Akan tetapi, Anda juga tetap perlu memperhatikan durasi waktu ketika merebus. Bila direbus dengan tepat, kandungan gizi akan tetap bertahan. 

  • Tumis

Tumis dapat dilakukan dengan menggunakan minyak sedikit. Satu hal yang perlu diingat adalah jangan menumis makanan terlalu lama agar lemak tak jenuh tidak berubah menjadi lemak jenuh. 

  1. Pilih Bumbu dengan Saksama

Pilih Bumbu dengan Saksama
loading

Setelah mengetahui menu makanan untuk diabetes dan cara memasaknya, perhatikan pula bumbu yang digunakan. Garam dan gula yang tinggi wajib dihindari oleh penderita diabetes. Hal ini dilakukan agar tekanan darah tidak otomatis meningkat pada pasien diabetes.

Sebagai alternatif, Anda bisa gunakan bumbu rempah aromatik, seperti bawang merah, bawang bombay, bawang putih, merica, dan kaldu jamur sebagai penambah rasa gurih dalam resep masakan untuk penderita diabetes. 

  1. Atur Porsi 

Atur Porsi
loading

Meski semua bahan makanan sudah dipilih dengan baik dan diolah dengan tepat, bukan berarti Anda dapat mengonsumsi dalam jumlah banyak. Anda tetap perlu mengatur porsi dengan tepat. Bila kebutuhan kalori adalah 2,000 kalori per hari, maka jumlah tersebut harus dibagi dalam tiga kali porsi makan. 

Baca Juga

Nah, tidak sulit, bukan, cara memasak makanan untuk penderita diabetes? Bila Anda masih bingung, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter atau ahli nutrisi untuk mengetahui menu makanan untuk diabetes yang tepat. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[WA/ RS]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Kenali Waktu Terbaik untuk Makan Buah

Info Sehat
18 Mei

Kenali Bahaya Ini Sebelum Makan Mie Instan

Info Sehat
15 Mei

Perkuat Otot untuk Turunkan Risiko Diabetes

Info Sehat
15 Mei

Memahami Pengaruh Buruk Gula bagi Kesehatan

Info Sehat
13 Mei

Hipertensi dan Diabetes, Benarkah Saling Berkaitan?

Info Sehat
12 Mei

1 KOMENTAR

Avatar
Ari Yusup
10 Bulan Lalu

sayuran apa yg boleh dikomsumsi yg punya diabeteS

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk