Awas, Jangan Oleskan Bahan Berbahaya Ini ke Wajah Anda

Oleh dr. Nadia Octavia pada 26 May 2020, 11:07 WIB
Berbagai tips merawat kulit banyak ditemukan di manapun, termasuk bahan yang digunakan. Akan tetapi, bahan-bahan ini ternyata tidak baik jika dioleskan ke wajah.
Awas, Jangan Oleskan Bahan Berbahaya Ini ke Wajah Anda

Klikdokter.com, Jakarta Saat ini, berbagai produk kecantikan menawarkan kandungan perawatan kulit yang beragam. Belum lagi dengan maraknya berbagai tips merawat kulit wajah dari media cetak dan media daring, sering kali Anda dibuat penasaran ingin mencoba.

Namun, Anda harus pintar memilah-milih mana yang baik karena ada beberapa bahan yang justru berbahaya untuk wajah. Apa saja?

 

1 of 2

Bahan-Bahan Berbahaya bagi Kulit Wajah

Demi mendapatkan wajah yang cerah dan bersih, tidak jarang sebagian orang memilih berbagai jenis produk skincare. Namun, tidak semua produk ataupun bahan yang Anda oleskan ke wajah aman bagi kulit. Berikut bahan-bahan berbahaya untuk wajah yang harus Anda hindari:

1. Losion Tubuh

Losion Tubuh
Losion Tubuh

Losion tubuh pada umumnya memiliki konsistensi lebih pekat, berminyak, dan pewangi yang lebih banyak. Bagi sebagian orang, losion menjadi “penyelamat” ketika sedang kehabisan pelembap wajah.

Artikel Lainnya: Masker Madu, Efektifkah untuk Kulit Wajah?

Namun tahukah Anda? Mengoleskan losion ke wajah dapat menyebabkan reaksi alergi pada kulit dan memicu timbulnya jerawat. Sebaiknya, hindari penggunaan losion tubuh pada wajah. Gunakan produk yang memang diformulasikan khusus untuk kulit wajah.

2. Gula

Bahan yang berbahaya untuk wajah selanjutnya adalah gula. Gula sering digunakan pada scrub bibir sebagai eksfoliasi. Namun, penggunaan gula sebagai eksfoliasi wajah dapat menyebabkan kulit wajah mengalami iritasi. Gula bersifat abrasif dan dapat melukai kulit wajah yang lebih tipis dibandingkan kulit tubuh.

3. Air Panas

Membasuh wajah dengan air yang terlalu panas dapat menyebabkan terkikisnya lapisan minyak alami wajah dan membuat kulit wajah menjadi kering. Kulit yang kering akan lebih mudah mengalami peradangan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda hindari menggunakan air yang terlalu panas saat mencuci muka.

4. Lemon

Lemon
Lemon

Lemon memiliki berbagai manfaat sehat untuk tubuh. Meskipun begitu, buah segar yang kaya manfaat ini termasuk ke dalam bahan berbahaya untuk wajah sehingga mengoleskan air perasan lemon pada wajah tidak dianjurkan.

Artikel Lainnya: Kiat Memilih Sabun yang Sesuai untuk Wajah

Anggapan bahwa lemon termasuk bahan alami untuk membersihkan wajah dari jerawat tentu saja salah. Lemon mengandung zat psoralen yang akan membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif terhadap cahaya matahari. Akibatnya, kulit Anda akan lebih mudah mengalami iritasi.

5. Pasta Gigi

Pasta gigi dianggap dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, termasuk mengeringkan serta mengempeskan jerawat. Pasta gigi mengandung berbagai bahan kimia seperti gliserin, sorbitol, kalsium karbonat, sodium lauryl sulfate, maupun baking soda.

Karena diformulasikan khusus untuk gigi, pasta gigi mengandung berbagai bahan berbahaya untuk wajah Anda. Bahan-bahan yang terkandung di dalam pasta gigi dapat menyebabkan iritasi di kulit wajah dan menimbulkan keluhan rasa terbakar dan ruam pada kulit.

6. Soda Kue

Soda kue sering digunakan untuk mengatasi jerawat. Padahal, soda kue termasuk bahan berbahaya yang tak boleh dioleskan ke wajah. Kandungannya berupa basa yang tinggi akan mengganggu keseimbangan pH alami wajah, membuat kulit menjadi kering, dan kehilangan pelindung kulit.

7. Cuka

Ilustrasi Cuka
Ilustrasi Cuka

Meskipun sering dianggap sebagai alternatif untuk mengatasi jerawat, cuka termasuk bahan yang berbahaya untuk wajah. Cuka mengandung asam asetat yang bila dioleskan di wajah, apalagi dioleskan pada jerawat, dapat menyebabkan kondisi jerawat Anda semakin meradang dan bertambah parah.

8. Minyak Kelapa

Serupa dengan losion tubuh, minyak kelapa memiliki konsistensi yang kental dan bila dioleskan di wajah dapat membuat pori-pori wajah tersumbat dan memicu terjadinya jerawat. Terlebih jika minyak kelapa dioleskan pada jenis kulit yang berminyak, maka dapat merangsang timbulnya jerawat.

Artikel Lainnya: Ingin Kulit Wajah Cantik dan Sehat? Ikuti Rutinitas Ini

9. Hair Spray

Ada sebagian orang yang beranggapan hair spray dapat digunakan untuk membuat make up tetap terjaga. Padahal, hair spray mengandung bahan kosmetik berbahaya yang tidak boleh digunakan pada wajah.

Hair spray mengandung alkohol yang dapat membuat kulit Anda menjadi kering. Selain itu, bahan-bahan yang terkandung di dalam hair spray dapat berpotensi menyebabkan kulit Anda mengalami iritasi dan alergi.

10. Cat Kuku

Cat Kuku
Cat Kuku

Sebagian orang sering kali menggunakan cat kuku atau kuteks untuk melukis wajah karakter. Padahal, mengoleskan cat kuku pada wajah dapat mengikis lapisan minyak alami wajah dan membuat kulit menjadi kering, iritasi, dan menimbulkan reaksi alergi.

11. Mayones

Mayones tak jarang digunakan pada campuran masker atau berbagai produk perawatan wajah yang dibuat sendiri. Padahal, mayones bersifat asam dan oklusif sehingga dapat menyumbat pori-pori di wajah, menyebabkan jerawat, dan iritasi pada wajah.

12. Sampo

Keramas menggunakan sampo dapat membersihkan rambut dan menghaluskan rambut. Namun, penggunaan sampo tidak ditujukan untuk dioleskan pada wajah karena dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering.

Pada kondisi tertentu, misalnya pada penyakit panu, pemberian obat antijamur sering kali diberikan dalam bentuk sampo. Namun, sampo tersebut merupakan sampo antijamur, bukan sampo yang sering digunakan sehari-hari.

Hindari menggunakan produk skincare yang mengandung bahan berbahaya bagi wajah. Penggunaan bahan-bahan tersebut dapat berisiko menyebabkan berbagai efek samping di kulit, antara lain reaksi alergi, iritasi, jerawat, dan kulit kering.

Bahan makeup dan skincare yang beragam saat ini membuat Anda harus cermat dalam memilih produk kecantikan. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter spesialis kulit sebelum menggunakan produk tertentu pada wajah, terutama bila kulit Anda tergolong sensitif.

[WA/ RS]

Lanjutkan Membaca ↓
Muhamad Denal SidikMuhamad Denal Sidik

apa yg bagus untuk kulit aku kulit sensiti berjarawat

willy onawilly ona

dok kalau pake garnier itu gpp ya ?

Arasy EkoArasy Eko

klo muka bruntusan gatel komedo tebal n muka kering baiknya pke apa dok?

Lihat Lainnya