Olahraga yang Tepat untuk Anak Autis

Setiap orang butuh olahraga yang tepat demi mendapatkan tubuh sehat. Tak terkecuali bagi anak dengan autisme.
Olahraga yang Tepat untuk Anak Autis

Klikdokter.com, Jakarta Olahraga dan autisme menjadi dua hal yang menantang. Menurut penelitian yang berjudul Finding Balance: Obesity and Children with Special Needs yang dilansir Verywell Health, dua pertiga remaja dengan gangguan spektrum autisme mengalami obesitas.

Studi lain mengatakan, remaja dengan autisme dan sindrom Down dua sampai tiga kali lebih mungkin untuk terkena obesitas dibanding remaja lainnya.

Selain mencegah obesitas, olahraga untuk anak berkebutuhan khusus juga memiliki manfaat terapeutik. Berpartisipasi terhadap suatu kegiatan bisa membantu mereka meningkatkan integrasi sensorik, koordinasi otot, serta keterampilan sosial.

Beberapa olahraga untuk anak autis yang baik dan aman adalah sebagai berikut:

1. Yoga

Yoga tak hanya untuk orang dewasa saja, lho! Yoga juga bisa menjadi pilihan olahraga untuk anak autis. Melakukan yoga membantu penderita autisme lebih mengenal dirinya sendiri.

Tak hanya bermanfaat untuk membantu meningkatkan kekuatan otot, melatih keseimbangan, dan kelenturan tubuh, yoga bisa membantu si Kecil untuk belajar meningkatkan keterampilan bersosialisasi, berkomunikasi, mengurangi kecemasan, dan belajar untuk fokus.

Artikel Lainnya: Bisa Dicoba, Ini Manfaat Olahraga Yoga untuk Anak Autis

1 dari 3

2. Berlari dan Lempar Tangkap Bola

Berlari dan Lempar Tangkap Bola
loading

Anak-anak dengan autisme memiliki kemampuan motorik yang umumnya tidak baik. Salah satu melatih kemampuan motorik mereka adalah melakukan kegiatan dasar, seperti berlari dan melempar tangkap bola.

Selain membantu meningkatkan kekuatan otot, olahraga untuk anak berkebutuhan khusus ini juga melatih keterampilan komunikasi dengan pemain lain.

Berlari termasuk salah satu bentuk olahraga kardiovaskular yang bisa membantu agar berat badan anak berkebutuhan khusus tetap stabil. Sementara, latihan melempar tangkap bola membantu anak memusatkan perhatian dan menstimulasi pusat otak untuk bertanggung jawab terhadap memori jangka pendek.

3. Berkuda

Pilihan olahraga untuk anak autis berikutnya adalah berkuda. Sudah sejak lama hewan seperti kuda digunakan sebagai salah terapi untuk meningkatkan kesehatan mental dan kemampuan bersosialisasi, salah satunya adalah kondisi autisme.

Sejalan dengan penelitian dari University of Colorado Anschutz Medical Campus, berkuda memberikan manfaat pada anak autis. Khasiat tersebut adalah membuat anak lebih tenang serta meningkatkan kemampuan bersosialisasi dan berkomunikasi.

Artikel Lainnya: Aktivitas Sehat untuk Anak Autis di Akhir Pekan

2 dari 3

4. Bowling

Bowling
loading

Keterbatasan dalam bergerak dan beraktivitas sering dialami oleh anak autis. Anak dengan kondisi  ini juga memiliki hambatan pada motorik, baik kasar maupun halus. Oleh karena itu, hal ini perlu dibantu dengan aktivitas fisik.

Bowling dapat menjadi salah satu olahraga pilihan untuk anak autis yang baik dalam mengasah motorik anak. Sebuah studi mengungkap bahwa olahraga yang melibatkan gerakan tubuh, seperti bowling, dapat melatih kemampuan motorik kasar anak berkebutuhan khusus.

5. Berenang

Berenang bisa menjadi pilihan olahraga yang menyenangkan untuk anak berkebutuhan khusus. Berenang membawa kegembiraan pada anak-anak sehingga membuatnya lebih nyaman.

Selain itu, berenang membantu si Kecil untuk melatih keseimbangan dan koordinasi di dalam lingkungan baru (air), meningkatkan kekuatan tubuh, serta mengurangi perasaan cemas. 

6. Gymnastic

Melakukan gerakan gymnastic ternyata memberikan manfaat pada anak dengan autisme. Olahraga gymnastic bisa melatih anak untuk berkonsentrasi dan fokus terhadap arahan yang diberikan instrukturnya.

Dengan berlatih mendengar, fokus, dan mengulang gerakan, maka anak berkebutuhan khusus akan mudah untuk berkonsentrasi dan peka nantinya terhadap hal-hal lainnya. 

Baca Juga

Setiap anak memiliki kegemarannya masing-masing, tak terkecuali anak dengan spektrum autisme. Maka dari itu, referensi di atas bukanlah satu-satunya acuan dalam memilih olahraga terbaik untuk mereka. konsultasikan dulu kepada dokter, guru, dan terapis agar si Kecil mendapatkan latihan fisik tepat.

Selain memperhatikan pilihan olahraga untuk anak autis, tak ada salahnya Anda mencari tahu organisasi olahraga apa yang ada di sekitar tempat tinggal Anda dan mengikutsertakan mereka ke dalam kegiatan tersebut. Ini dilakukan demi kondisi kesehatan dan kemampuan bersosialisasi yang lebih baik.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut terkait olahraga untuk anak autis, konsultasikan langsung dengan dokter melalui Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[WA]

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Putra Rizki, Sp. K.O

Spesialis Kedokteran Olahraga
wallet
Rp. 50.000

ARTIKEL TERKAIT

Waspada, Jarak Melahirkan Terlalu Dekat Tingkatkan Risiko Autisme

Info Sehat
22 Jan

Ragam Terapi untuk Penderita Autis

Info Sehat
23 Okt

Bisa Dicoba, Ini Manfaat Olahraga Yoga untuk Anak Autis

Info Sehat
11 Sep

Tips Memilih Mainan yang Tepat untuk Anak dengan Autisme

Info Sehat
28 Agt

Cara Menjelaskan Menstruasi pada Anak Autisme

Info Sehat
02 Agt

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk