5 Rahasia Tubuh Langsing dan Berat Badan Ideal

Oleh Ayu Maharani pada 14 Sep 2018, 16:03 WIB
Apakah Anda ingin memiliki tubuh langsing? Terapkan tips ini, agar berat badan ideal bukan sekadar impian!
5 Rahasia Tubuh Langsing dan Berat Badan Ideal (Pressmaster/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Memiliki berat badan berlebih alias obesitas bisa menghambat aktivitas harian dan menurunkan rasa percaya diri. Tak hanya itu, kesehatan Anda pun bisa ikut terancam karenanya. Maka tak sedikit orang yang ingin mendapatkan berat badan ideal dan tubuh langsing.

Atas dasar itu, menurunkan berat badan ke rentang normal adalah sebuah kewajiban khususnya untuk mereka yang obesitas alias terlampau gemuk. Hal ini memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena berbagai cara kekinian yang dituding bisa menurunkan berat badan kerap tidak berujung pada hasil yang diharapkan.

Kalau sudah begitu, saatnya kembali ke cara klasik yang dilansir dari Livestrong dan terbukti ampuh dalam menurunkan berat badan. Apa saja caranya?

1. Kurangi porsi makan

Saat makanan yang dikonsumsi tak digunakan sepenuhnya sebagai energi untuk beraktivitas, maka itu hanya akan tertimbun sebagai lemak tubuh. Oleh karena itu, jika Anda tak ingin menimbun lebih banyak lemak, mengurangi porsi makan adalah tindakan pertama yang mesti dilakukan.

Dalam penerapannya, pastikan Anda menghindari makanan berkalori tinggi dan tanpa gizi. Akan lebih baik bila Anda mengonsumsi makanan yang lebih padat kalori. Ingat juga, jangan terlalu stres! Sudah tahu ‘kan bahwa stres bisa memicu keinginan untuk banyak makan camilan?

2. Ukur asupan Anda

Ini masih berkaitan dengan tips yang pertama, yaitu perbanyak makanan bernutrisi dan kurangi kalori. Secara umum, makanan terbaik adalah daging tanpa lemak, sayur-sayuran, dan sedikit pati.

Lalu, seberapa banyak yang mesti dikonsumsi? Untuk mengetahui hal ini, Anda bisa menggunakan tangan sebagai alat ukur. Begini kira-kira ilustrasi asupan yang perlu dikonsumsi per hari bila diukur menggunakan tangan:

  • 1 genggam karbohidrat
  • 1 porsi protein seukuran telapak tangan
  • 1 porsi lemak sehat (bisa didapat dari ikan, telur, dan kacang-kacangan) seukuran jempol
  • 1 genggam sayur-sayuran

Bagi pria yang membutuhkan banyak energi, Anda tinggal menggandakan ilustrasi asupan di atas supaya tak mengalami badan lemas.

1 of 3

Selanjutnya

3. Aktif bergerak

Pada dasarnya, semakin sering Anda bergerak, semakin banyak pula jumlah kalori yang terbakar. Contohnya, Anda bisa menaiki tangga ketimbang elevator atau eskalator. Jika Anda ingin makan siang di luar kantor dan lokasinya tidak terlalu jauh, Anda bisa memilih untuk berjalan kaki.

Memang, kegiatan sepele tersebut tidak akan membuat Anda memiliki tubuh bagi model. Akan tetapi, dengan membuang jauh rasa malas gerak alias mager, Anda akan bisa menurunkan berat badan.

4. Perkuat otot tubuh

Pernahkah Anda melihat orang langsing tapi tubuhnya tampak tak kencang? Itu karena mereka melupakan latihan otot.

Dengan melatih otot, penampilan menjadi semakin menarik dan Anda akan mampu melakukan berbagai aktivitas fisik lainnya. Semakin kuat otot, semakin cepat juga kadar lemak tubuh yang hilang.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperkuat otot, misalnya berlatih squat atau angkat beban di pusat kebugaran. Lakukan latihan yang memang ditujukan untuk memperkuat otot setidaknya 45 menit sehari. Dalam beberapa bulan, berat badan Anda akan berkurang dan tubuh terlihat lebih kencang.

5. Lakukan interval cardio

Selain otot, yang tak kalah penting ialah melakukan aktivitas pembakaran kalori seperti bersepeda, berlari, dan kegiatan kardio lainnya. Untuk memulainya, ada beberapa cara simpel seperti berikut ini:

  • Kayuh sepeda dengan cepat selama 30 detik untuk pemanasan
  • Kayuh sepeda dengan lambat selama 60 detik untuk pendinginan

Perlu diketahui, dua hal tersebut dihitung sebagai satu putaran. Agar hasilnya maksimal, lakukanlah setidaknya enam putaran.

2 of 3

Penurunan berat badan perlu proses

Untuk mendapatkan tubuh langsing dan sehat secara maksimal, Anda tak perlu melakukan kelima hal di atas secara bersamaan. Ingat, segala sesuatu yang dipaksakan akan berujung pada hasil yang tidak maksimal.

Dilansir dari Livestrong, terlalu memaksakan diri dengan melakukan kegiatan penurunan berat badan hanya akan membuat Anda frustasi dan akhirnya menyerah. Untuk mencegah hal tersebut, berikut tips tambahan yang bisa Anda terapkan:

  • Lakukan secara bertahap. Jika sudah berhasil melakukan tahap pertaman, lanjutkan dengan melakukan tahap berikutnya. Ingat, semuanya butuh proses dan kemajuan, bukan instan.
  • Konsumsi minyak ikan dan multivitamin.
  • Jangan makan terburu-buru.
  • Jika sudah hampir kenyang (80 persen kenyang), berhenti makan.
  • Pastikan selalu ada sayur dan protein setiap kali Anda makan.
  • Kurangi porsi karbohidrat.
  • Latihan fisik setidaknya tiga kali seminggu.
  • Lakukan relaksasi setidaknya 20 menit per hari.

Menurunkan berat badan demi mendapatkan tubuh langsing nan sehat butuh perjuangan dan waktu. Untuk itu, lakukan apa yang telah disampaikan secara bertahap dan konsisten, agar hasilnya sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Selamat mencoba!

[NB/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓