Ini yang Perlu Anda Tahu tentang Ally’s Law

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 17 Sep 2018, 17:00 WIB
Di Amerika Serikat, ada aturan yang mengizinkan seseorang dengan penyakit tertentu untuk memakai toilet dengan segera, namanya Ally’s Law.
Ini yang Perlu Anda Tahu tentang Ally’s Law (kudla/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Orang-orang dengan kondisi medis tertentu, termasuk penyakit radang usus (inflammatory bowel disease atau IBD), kadang-kadang perlu menggunakan toilet dengan segera. Ini menjadi sulit jika mereka sedang di luar rumah atau di tempat kerja, karena tidak semua tempat memiliki toilet umum. Namun, di Amerika Serikat (AS) sudah berlaku Ally’s Law, yaitu hukum yang mengatur untuk menolong orang-orang dengan penyakit IBD.

Apa itu Ally's Law?

Ally's Law mewajibkan perusahaan ritel untuk mengizinkan orang-orang atau pelanggan dengan kondisi medis tertentu, seperti IBD, untuk mengakses toilet karyawan jika tidak ada fasilitas umum yang tersedia dan mereka harus segera ke toilet.

Undang-undang ini berawal dari kasus Ally Bain, seorang wanita muda dari negara bagian Illinois yang memiliki IBD. Ketika Ally berusia 14 tahun dan berbelanja dengan ibunya di sebuah toko ritel besar, dia mengalami penyakit Crohn, yang membuatnya harus pergi ke toilet. Sayangnya, tidak ada toilet umum di situ, jadi dia meminta untuk menggunakan toilet karyawan. Akan tetapi, manajer menolak permintaan Ally, dan dia mengalami suatu kejadian yang tidak mengenakkan di toko tersebut.

Ally dan ibunya kemudian bertemu dengan Perwakilan Negara Bagian Illinois, Kathy Ryg, untuk membuat rancangan undang-undang yang memungkinkan orang menggunakan toilet karyawan jika mereka memiliki kondisi medis tertentu dan sangat membutuhkan. RUU itu menjadi undang-undang di Illinois pada Agustus 2005. Sejak itu, beberapa negara bagian lain telah mengesahkan Undang-undang akses toilet.

Ally's Law adalah undang-undang yang berada langsung di bawah American with Disabilities Act of 1990. Undang-undang ini melindungi penyandang cacat dari diskriminasi dan sudah berlaku di 16 negara bagian AS.

Contoh beberapa kondisi yang termasuk dalam undang-undang akses toilet meliputi:

  • Penyakit Crohn
  • Kolitis ulserativa
  • Jenis IBD lainnya
  • Sindrom iritasi usus besar (IBS)
  • Kondisi apa pun yang melibatkan akses langsung ke toilet
1 of 2

Bagaimana Ally's Law bekerja?

Undang-undang di setiap negara bagian biasanya mengharuskan seseorang untuk menunjukkan bukti kondisi medis yang memenuhi syarat kepada pemilik bisnis atau karyawan setempat. Bukti dapat berupa dokumen yang ditandatangani oleh profesional medis yang menyatakan bahwa orang tersebut memiliki kondisi yang mungkin memerlukan penggunaan segera toilet atau bisa juga kartu identitas yang dikeluarkan oleh organisasi nasional.

Hukum dapat sedikit berbeda dari satu negara bagian dengan negara bagian lain. Sebagai contoh, beberapa daerah di AS menyebut kehamilan sebagai kondisi yang membutuhkan toilet dengan segera, sementara yang lain tidak. Di sisi lain, tidak semua negara menerima kartu identitas sebagai pengganti dokumen medis yang ditandatangani.

Beberapa bisnis mungkin dikecualikan dari undang-undang akses toilet. Bisnis yang memiliki kurang dari tiga karyawan, misalnya, tidak diwajibkan untuk membiarkan pelanggan menggunakan toilet karyawan. Alasannya, karena mungkin meninggalkan toko terbuka berpeluang toko menjadi rusak atau rawan pencurian.

Undang-undang ini tidak mengharuskan toko ritel mengubah fasilitas mereka dengan cara apa pun untuk orang yang memenuhi syarat. Perusahaan juga tidak bertanggung jawab jika pelanggan mengalami cedera saat menggunakan toilet karyawan, kecuali ada bukti kelalaian di bagian bisnis.

Ini yang terjadi jika sebuah perusahaan menolak

Jika sebuah perusahaan atau toko menolak seseorang dengan akses dokumentasi yang valid ke kamar kecil, mereka mungkin dikenakan denda atau hukuman lain. Hukuman bervariasi, tidak sama antara negara bagian yang satu dengan yang lainnya.

Sebagai contoh, di Washington, pelanggar pertama kali akan menerima surat peringatan. Menolak akses untuk kedua kalinya adalah pelanggaran sipil kelas 2. Di Massachusetts, ada denda USD 100 atau setara dengan Rp 1,5 juta untuk pelanggaran pertama. Angka itu kemudian digandakan untuk pelanggaran kedua.

Seseorang dengan kondisi yang memenuhi syarat dan dokumentasi yang valid dapat menghubungi agen penegak hukum setempat mereka jika sebuah perusahaan atau toko menolak memberi mereka akses ke kamar kecil.

Itu adalah penjelasan tentang Ally's Law di AS. Sekali lagi, beberapa orang dengan IBD memerlukan akses segera dan mendesak ke kamar kecil. Jika toilet umum tidak tersedia, mereka mungkin dapat menggunakan toilet khusus karyawan, asalkan mereka memenuhi kriteria tertentu.

[RN/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓