Berapa Lama Anda Bisa Bertahan Tanpa Tidur?

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 25 Sep 2018, 14:30 WIB
Banyak orang yang tidak memiliki waktu tidur berkualitas. Tapi, sebenarnya berapa lama seseorang dapat terjaga tanpa tidur?
Berapa Lama Anda Bisa Bertahan Tanpa Tidur? (Anastasia-Zhavoronkova/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Anda tentu tahu betapa pentingnya waktu tidur berkualitas. Para pakar menyarankan Anda untuk tidur 7-9 jam setiap malam demi menjaga kesehatan tubuh. Akan tetapi, untuk beberapa orang, tidur adalah kesempatan langka yang memaksa mereka terjaga sepanjang malam. Lalu, berapa lama orang bisa tahan untuk tidak tidur?

National Sleep Foundation menyarankan bahwa seseorang harus tidur paling sedikit 7 jam setiap harinya. Manusia membutuhkan tidur yang teratur untuk dapat melakukan fungsi fisiologis yang penting, perbaikan otot dan jaringan, konsolidasi memori, dan sintesis hormon.

Namun, ada beberapa keadaan yang memaksa Anda untuk mendapatkan waktu tidur yang tidak optimal. Misalnya, para pekerja seperti dokter, perawat, satpam hingga penjaga gedung yang memiliki jam jaga malam sehingga mengharuskan mereka untuk begadang.

Rekor tidak tidur terlama

Saat ini, orang berkebangsaan Amerika Serikat Randy Gardner memegang "rekor dunia" dengan tidak tidur selama 11 hari dan 25 menit. Meski demikian, rekor itu belum secara akurat dibuktikan.

Namun, contoh yang paling aktual terjadi pada 1959. Seorang presenter radio bernama Peter Tripp memutuskan untuk menyiarkan acaranya di tengah-tengah Times Square selama 201 jam tanpa henti demi mengumpulkan dana untuk yayasan anak-anak. Pada hari ketiga, Tripp mulai bertingkah aneh dengan memaki orang-orang di sekitarnya dan berhalusinasi. Meskipun ia berhasil menyelesaikan eksperimen dan pulih tak lama setelah itu, anggota keluarganya mengatakan dia tidak pernah sama lagi seperti yang dulu.

Ini membuktikan bahwa orang yang sering begadang berpotensi mendapatkan gangguan kesehatan. Dari kisah di atas, secara perilaku seseorang bisa berubah drastis karena tak memiliki waktu tidur yang cukup.

Sementara itu, ada banyak cerita viral di internet tentang orang-orang yang mengklaim tidak tidur sama sekali atau yang hanya tidur satu jam tidur per malam. Tapi ini mungkin tidak akurat.

"Banyak orang berpikir bahwa mereka tidak tidur," kata Christopher Winter, MD, penulis The Sleep Solution. Dengan kata lain, meskipun orang merasa diri mereka hanya tidur satu jam per malam, kenyataannya mereka cenderung tidur tanpa menyadarinya, walau hanya untuk beberapa menit.

1 of 2

Tidak mungkin tanpa tidur

Sebenarnya, secara fisik manusia tidak mungkin bertahan tanpa tidur selama berhari-hari. Ini terjadi karena otak Anda pada dasarnya akan memaksa Anda untuk tertidur. Winter mengatakan bahwa meskipun Anda mencoba memaksakan diri untuk terjaga, pada akhirnya otak tetap akan "menyuruh" Anda untuk tidur dan pada titik tertentu tidak banyak yang bisa Anda lakukan.

Selain itu, ditilik dari sisi kesehatan, ada banyak risiko terkait dengan kurangnya tidur jangka panjang. Michael J. Breus, PhD, spesialis tidur dan pendiri situs web Sleep Doctor, mengatakan bahwa kurang tidur terkait dengan efek samping seperti kenaikan berat badan, penurunan gairah seksual, dan melemahnya sistem kekebalan tubuh. Anda juga lebih rentan terhadap kecelakaan, terutama jika Anda membawa kendaraan untuk aktivitas sehari-hari.

Jadi untuk sementara, tidak ada jumlah waktu yang pasti untuk berapa lama seseorang bisa terjaga. Winter menegaskan, kalau bisa jangan coba-coba untuk tidak tidur. Melakukan eksperimen tidak tidur selama berhari-hari sama sekali tidak bermanfaat untuk kesehatan.

Tetap sehat walau begadang

Meski demikian, jika Anda sampai terpaksa begadang karena tuntutan pekerjaan atau hal lainnya, jagalah tubuh agar tetap sehat. Menurut ahli kesehatan dr. Dewi Erna Anindia, ada tiga cara agar tubuh tetap bugar di tengah kondisi terjaga:

1. Tidur jika ada kesempatan

Pada umumnya, seseorang membutuhkan tidur sebanyak 7-8 jam setiap harinya. Apabila di malam hari Anda begadang, pastikan tidur pada pagi dan siang harinya.

2. Jangan konsumsi minuman berenergi

Mengonsumsi minuman berenergi dalam jumlah besar ketika Anda begadang justru akan membuat Anda semakin kelelahan keesokan harinya. Lebih baik, konsumsi air putih yang cukup saat Anda begadang.

3. Jagalah pola makan

Begadang dapat membuat Anda merasa lapar terus. Untuk menghindari hal ini, ingatlah untuk mengonsumsi makan malam sebelum Anda begadang. Konsumsilah camilan sehat seperti sayuran dan buah setiap 2-3 jam agar tetap fokus dan berenergi ketika begadang. Cara ini dimaksudkan untuk mencegah Anda mengonsumsi makanan berat ketika begadang.

Begadang atau tidak tidur pada malam hari lebih banyak sisi negatifnya daripada positifnya. Gunakan waktu tidur Anda dengan baik setiap harinya. Jika memang harus melakukannya karena pekerjaan atau hal lainnya, pastikan tubuh tetap bugar dengan makanan sehat dan air putih yang cukup.

[RS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓