Buah Naga Bermanfaat untuk Atasi Darah Rendah, Benarkah?
searchtext customer service

Buah Naga Baik untuk Atasi Tekanan Darah Rendah, Benarkah?

Buah naga dinilai baik untuk memelihara tekanan darah. Namun, benarkah bisa mengatasi kondisi tekanan darah rendah? Ini fakta medisnya!
Buah Naga Baik untuk Atasi Tekanan Darah Rendah, Benarkah?

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu manfaat buah naga yang cukup banyak dibicarakan adalah membantu memelihara tekanan darah. Buah naga bahkan dipercaya baik untuk pemilik tekanan darah rendah.

Tekanan darah rendah (hipotensi) terukur di bawah 90/60 mmHg. Kondisi ini sering tidak menunjukkan gejala. Padahal, saat tekanan darah terlampau rendah, terdapat gangguan pengaliran oksigen ke seluruh tubuh akibat pompa jantung yang tidak memadai.

Tekanan darah rendah dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti gangguan jantung. Maka itu, pola makan berperan penting dalam menjaga terkontrolnya tekanan darah. 

Lantas, bagaimana manfaat buah naga untuk darah rendah menurut medis? Simak ulasan berikut.

Artikel Lainnya: Ini Dia Segudang Manfaat Buah Naga

Manfaat Buah Naga untuk Darah Rendah

Manfaat Buah Naga untuk Darah Rendah

Di antara sekian banyak jenis sayur dan buah yang berkaitan dengan kontrol tekanan darah, buah naga adalah salah satu andalan. Namun, sebenarnya khasiat buah naga yang telah terbukti adalah mengatasi tekanan darah tinggi, bukan tekanan darah rendah.

Buah naga diketahui kaya akan protein, karbohidrat, juga berbagai mikronutrien seperti vitamin C, B1, dan riboflavin. Kandungan vitamin C pada buah naga dapat membantu menjaga kesehatan dan fungsi pembuluh darah.

Hal itu akan mendukung sirkulasi darah, sehingga jantung tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh, berbeda jika pembuluh darah kaku atau tersumbat.

Flavonoid pada buah naga yang merupakan antioksidan juga akan membantu tubuh melawan agen radikal bebas seperti yang berasal dari makanan hingga polusi, sehingga tidak merusak pembuluh darah.

Artikel Lainnya: Bukan Anemia, Ini Fakta Mengenai Tekanan Darah Rendah 

Buah naga juga mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, manfaat lainnya ialah mencegah sumbatan pada pembuluh darah akibat timbunan lemak dan kolesterol. 

Dari berbagai manfaat tersebut, dapat disimpulkan buah naga bermanfaat untuk mereka yang bermasalah dengan tekanan darah tinggi.

Manfaat buah naga untuk darah rendah sayangnya belum dapat dibuktikan secara ilmiah.

Penderita Hipotensi Tetap Boleh Konsumsi Buah Naga?

Penderita Hipotensi Tetap Boleh Konsumsi Buah Naga?

Buah naga tetap dapat dikonsumsi orang dengan tekanan darah rendah, dengan catatan konsumsinya tidak berlebihan.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengevaluasi tekanan darah, sehingga mendapatkan terapi yang optimal.

Baca Juga

Itulah fakta medis mengenai manfaat buah naga untuk darah rendah. Imbangi asupan buah-buahan dengan makanan bergizi seimbang lainnya setiap hari agar tubuh tetap sehat!

Ingin tahu info lainnya seputar hipotensi dan hipertensi lebih lengkap? Download aplikasi KlikDokter. Di sana Anda juga bisa konsultasi dengan dokter via Live Chat.

(FR/NM)

ARTIKEL TERKAIT

Manfaat Buah Naga sebagai Pencahar yang Ampuh

Info Sehat
21 Jan

Manfaat Makan Buah Naga untuk Ibu Hamil

Info Sehat
31 Mei

Efektifkah Mengatasi Tekanan Darah Rendah dengan Daging Kambing?

Info Sehat
22 Nov

Buah Naga, Beda Warna Beda Manfaat

Info Sehat
21 Mei

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat