Jangan Gigit 5 Benda Ini Kalau Tak Ingin Gigi Rusak

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 26 Sep 2018, 12:38 WIB
Kebiasaan menggigit benda-benda keras berikut ini bisa membuat gigi rusak dan mengganggu penampilan Anda.
Jangan Gigit 5 Benda Ini Kalau Tak Ingin Gigi Rusak (VladOrlov/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Gigi memiliki struktur variatif dan memungkinkan Anda untuk melakukan banyak tugas, salah satunya merobek dan mengunyah makanan. Namun, bila gigi rusak, tentunya akan mengurangi kenikmatan Anda saat makan. Salah satu penyebab kerusakan gigi tersebut adalah sering menggigit benda-benda tertentu, terutama benda keras.

Bentuk gigi berhubungan dengan jenis makanan hewan. Herbivora misalnya, punya banyak gigi geraham untuk mengunyah karena rumput sulit untuk dicerna. Sementara itu, karnivora membutuhkan taring untuk merobek daging.

Mengingat daging mudah untuk dicerna, maka karnivora dapat menelan tanpa membutuhkan geraham untuk mengunyah terlebih dahulu. Berbeda dengan manusia, sebagai pemakan segala, terdapat kombinasi bentuk gigi yang merupakan gabungan dari kedua jenis tersebut.

Kendati gigi kuat, namun ia bisa saja rusak jika Anda memiliki kebiasaan menggigit makanan atau benda-benda tertentu. Menurut dr. Arni Maharani dari KlikDokter, beberapa kebiasaan yang Anda lakukan setiap hari dapat merusak kesehatan gigi, baik dewasa maupun anak.

1 of 3

Hindari menggigit benda ini!

Ketika gigi rusak, maka bukan hanya area gigi Anda saja yang akan mengalami gangguan. Tapi, kesehatan gigi dan mulut Anda secara keseluruhan juga terancam. Jadi, hindari mengambil risiko yang dapat merusak gigi Anda dengan mengurangi kebiasaan menggigit benda-benda sebagai berikut, seperti dilansir dari Reader’s Digest:

  1. Lemon

Faktanya, lemon sangat asam dan orang-orang memiliki kebiasaan menghisap serta menyimpan  buah asam ini di mulutnya untuk waktu yang lebih lama.

Menurut Victoria Veytsman, dokter gigi dari New York City dan kontributor RealSelf, menggigit lemon terlalu lama dapat menyebabkan erosi enamel gigi dan juga melepaskan keseimbangan asam dan basa ideal dalam mulut.

  1. Es batu

Meski gigi tampak kuat, namun keras dan dinginnya es batu dapat berakibat fatal. Tak sedikit pula orang yang mengalami gigi retak karena memaksakan menggigit es. Jika gigi retak, perawatannya tentu akan sangat rumit.

Selain itu, hindari mengonsumsi minuman dingin secara langsung, sesap secara perlahan terlebih dahulu dan gunakanlah sedotan, sehingga Anda tidak tergoda untuk mengunyah es batu. Meski terkesan sepele, kesalahan sehari-hari seperti ini, dapat menyebabkan kerusakan gigi.

2 of 3

Selanjutnya

  1. Tutup botol

Ketika Anda tidak memiliki pembuka tutup botol, terkadang solusi yang Anda ambil adalah membuka tutup botol langsung menggunakan gigi. Hal ini berbahaya dan dapat mematahkan gigi Anda secara langsung!

 "Jika Anda mematahkan gigi di tengah, Anda mungkin kehilangan gigi sepenuhnya dan memerlukan implan. Lebih baik tunggu sampai Anda memiliki pembuka botol atau setidaknya instrumen lain selain gigi Anda untuk membukanya,” kata Bill Dorfman, seorang dokter gigi serta ahli kecantikan dan kosmetik yang berbasis di Beverly Hills, Amerika Serikat.

  1. Permen

Permen yang keras akan berada di dalam mulut untuk waktu yang lama dan biasanya memakan waktu hingga sepuluh menit agar permen lumer di mulut. Jika Anda tidak cukup sabar untuk menunggu sampai permen larut, mengunyahnya dapat menyebabkan gigi retak dan luka di bagian dalam mulut.

  1. Kuku

Kebiasaan menggigit kuku yang keras juga dapat membuat gigi Anda retak hingga patah. Bahkan lebih buruknya, dampak negatif dari menggigit kuku juga bisa merambat ke alat pencernaan, yakni menyebabkan sakit perut.

“Ketahuilah bahwa kuku Anda menyimpan berbagai jenis kuman. Terutama dari keluarga Enterobacteriaceae yang di dalamnya meliputi Salmonella dan E. coli. Kuku adalah tempat bakteri-bakteri tersebut berkembang biak, terlebih jika kebersihan kuku Anda tidak terjaga baik,” ujar dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter.

Jika Anda tidak ingin gigi rusak, hentikan menggigit berbagai benda di atas agar kesehatan gigi dan mulut Anda tetap terjaga. Rawat pula gigi Anda dengan rajin sikat gigi setiap hari dan melakukan kontrol ke dokter gigi secara rutin. Jika memang gigi Anda bermasalah, segera konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓