4 Superfood untuk Kesehatan Jantung

Makanan yang sehat dapat berkontribusi besar terhadap kesehatan jantung Anda. Untuk itu, konsumsilah superfood berikut!
4 Superfood untuk Kesehatan Jantung (MDGRPHCS/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Jantung adalah salah satu organ tubuh penting yang fungsinya tak tergantikan. Ia berdetak 2,5 miliar kali sepanjang umur hidup manusia, bekerja tanpa henti memompa darah ke seluruh tubuh. Untuk memastikan jantung tetap sehat, pola makan yang baik adalah salah satu kunci utama. Ada sejumlah makanan super, atau superfood, yang dinilai bermanfaat untuk kesehatan jantung. Apa sajakah?

  1. Salmon

Salmon adalah sumber asam lemak esensial omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Selain salmon, omega-3 juga terkandung di dalam ikan lain seperti tuna, makerel, haring, dan sarden.

Baca Juga

Dengan mengonsumsi ikan-ikan tersebut secara rutin sebanyak dua porsi (180-360 gram) per minggu, kadar trigliserida darah Anda akan berkurang. Kadar trigliserida yang normal akan menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung pada kemudian hari.

Selain itu, omega-3 juga diteliti dapat mencegah terjadinya kekentalan darah dan penyumbatan pembuluh darah di jantung, yang dapat menyebabkan terjadinya stroke sumbatan.

  1. Kacang kedelai

Kacang kedelai, atau disebut juga dengan soya, ternyata memiliki manfaat lebih untuk kesehatan jantung. Soya mengandung omega-3, protein, vitamin, mineral, serta rendah lemak dan tinggi serat.

Menurut penelitian, konsumsi protein soya setidaknya 30 gram per hari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Anda bisa mendapatkan protein soya dari tempe, tahu, susu kacang kedelai, serta makanan dan minuman lain yang terbuat dari kacang kedelai.

1 dari 3

Selanjutnya

loading
  1. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu jenis gandum utuh yang kaya akan omega-3, rendah kalori, dan rendah lemak. Jadikan makanan ini teman sarapan pagi Anda untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dan menyehatkan jantung. Anda bisa menyantapnya dengan susu rendah lemak dan irisan buah-buahan.

Oatmeal juga memiliki kelebihan lain, yakni mengenyangkan lebih lama karena mengandung tinggi serat. Anda pun lebih dapat menjaga berat badan agar tetap ideal. Selain oatmeal, Anda juga dapat menyantap jenis gandum utuh lainnya dengan manfaat serupa, seperti barley, quinoa, beras merah, beras cokelat, roti gandum, dan pasta gandum.

  1. Buah-buahan beri

Buah blueberry (Jiffy Avril/Shutterstock)
loading

Berbagai buah beri seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry sangat kaya akan antosianin, suatu antioksidan kuat yang dapat melindungi jantung dari pengaruh buruk radikal bebas dan peradangan yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Selain itu, studi membuktikan bahwa konsumsi buah beri secara teratur juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol “jahat” (LDL), serta mencegah terjadinya kekentalan darah dan penyumbatan pembuluh darah.

2 dari 3

Jumlah penderita penyakit jantung meningkat

loading

Berdasarkan data dari Departemen Kesehatan RI, penyakit jantung koroner adalah penyebab kematian tertinggi pada semua usia setelah stroke – yang merupakan jenis tertinggi dari penyakit jantung yang diderita oleh masyarakat Indonesia.

WHO mengemukakan bahwa 17,5 juta orang di seluruh dunia meninggal akibat penyakit jantung. Jumlah tersebut adalah 31% dari jumlah kematian akibat penyebab lainnya.

Penyakit jantung paling banyak diderita oleh kelompok usia 65 tahun ke atas. Meski demikian, kelompok usia muda tidak bisa terlena, karena data menunjukkan bahwa angka penyakit jantung pada dewasa muda – bahkan remaja – cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

Banyak penyakit dan hal-hal lain yang dapat merusak jantung. Mulai dari kolesterol tinggi, kencing manis, darah tinggi, merokok, infeksi, dan lainnya. Tak terbayangkan jika kinerja jantung menurun karena suatu penyakit, mengingat fungsi vitalnya dalam memompa darah. Padahal, penyakit jantung adalah penyakit yang sebagian besar penyebabnya dapat dicegah dengan pola hidup sehat.

Karena itulah, Anda harus selalu menjaga kesehatan jantung dengan berolahraga dan mengonsumsi superfood yang baik untuk jantung. Jangan lupa juga untuk menerapkan pola hidup sehat lainnya, ya!

[RS/ RVS]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Detak Jantung yang Normal, Bagaimana Cara Menghitungnya?

Info Sehat
25 Sep

Disfungsi Ereksi, Tanda Penyakit Jantung pada Pria?

Info Sehat
24 Sep

Anda Masih Merokok? Ini Akibatnya pada Anak Anda!

Info Sehat
24 Sep

Diet Mediterania Juga Bisa Turunkan Risiko Stroke

Info Sehat
24 Sep

Mengapa Stroke Bisa Bikin Orang Pelo?

Info Sehat
23 Sep

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk