Amankah Makan Durian Saat Hamil? Ini Penjelasannya
searchtext customer service

Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Durian?

Banyak yang bilang, makan buah durian dapat membuat janin kepanasan dan rentan menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Simak fakta sebenarnya di sini.
Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Durian?

Klikdokter.com, Jakarta Durian memang nikmat rasanya. Tak heran, buah berkulit duri ini banyak penggemarnya, dan kerap membuat ibu hamil tergoda untuk mengonsumsinya. 

Meski demikian, durian banyak mengandung gas sehingga dapat membuat ibu hamil merasa kembung. 

Selain itu, banyak yang bilang makan durian saat hamil akan membahayakan janin. Hal tersebut akhirnya memunculkan pendapat bahwa buah ini rentan memicu keguguran.  

Padahal, tidak ada hubungan antara makan durian dengan keguguran. Sebaliknya, durian untuk ibu hamil memiliki manfaat jika dikonsumsi dengan jumlah yang sesuai. 

Durian Bermanfaat untuk Ibu Hamil?

Durian Bermanfaat untuk Ibu Hamil?

Bagi ibu yang ingin makan durian saat hamil, jangan khawatir! Ibu tetap bisa mengonsumsi buah yang satu ini karena di dalamnya ada sejumlah nutrisi yang juga menunjang kesehatan kandungan. Adapun manfaat durian untuk ibu hamil, yaitu:

  • Sebagai Sumber Energi

Buah durian mengandung gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Gula sederhana akan membantu ibu lebih berenergi dalam menjalani aktivitas sehari-hari. 

Karena itu, buah durian bisa menjadi salah satu pilihan sumber energi bagi ibu hamil. Namun karena mengandung gula, pastikan konsumsinya tidak terlalu berlebihan agar tidak meningkatkan gula darah.

  • Mengandung Serat

Serat dibutuhkan untuk membantu mengatasi keluhan sembelit, yang mana merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi di masa kehamilan.

Karena mengandung serat, konsumsi durian saat hamil turut membantu melancarkan buang air besar dan menjaga kesehatan saluran cerna ibu.

Artikel Lainnya: Buah Terbaik untuk Ibu Hamil, Apa Saja?

  • Mengurangi Risiko Cacat janin

Adanya kandungan asam folat di buah durian juga memberikan manfaat untuk ibu hamil. Pasalnya, asam folat berfungsi mencegah cacat lahir pada janin. 

Tak hanya dengan mengonsumsi suplemen saja, asam folat bisa didapatkan dari sumber pangan, salah satunya durian. Jumlah asupan asam folat yang disarankan untuk ibu hamil yakni 600 mcg per hari. 

  • Kaya Akan Vitamin dan Mineral Lainnya

Yang tidak kalah penting, buah durian kaya akan sumber vitamin dan mineral. Contohnya saja vitamin C, B, zat besi, fosfor, hingga kalsium. 

Berkat nutrisi-nutrisi tersebut, makan buah durian dapat mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil. 

  • Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan turut membantu menjaga daya tahan tubuh ibu hamil. Dengan begitu, ibu dapat terhindar dari berbagai penyakit maupun paparan radikal bebas. 

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa dalam buah durian terkandung organosulfur dan triptofan yang memiliki efek antioksidan serta bermanfaat sebagai antibakteri yang sangat menguntungkan ibu hamil.

  • Mencegah Anemia pada Kehamilan

Zat besi dan tembaga dalam durian berperan untuk pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. 

Hal ini sangat dibutuhkan agar tumbuh kembang bayi di dalam kandungan optimal, sekaligus mencegah anemia pada ibu hamil. 

Artikel Lainnya: Manfaat Buah Persik untuk Ibu Hamil

Tetap Batasi Konsumsinya

Tetap Batasi Konsumsinya

Walau memberikan manfaat untuk ibu hamil, bukan berarti durian dapat dikonsumsi secara bebas tanpa batasan. 

Porsi makan durian untuk ibu hamil cukup 1-2 biji saja dan tidak boleh terlalu sering, agar tidak menimbulkan efek samping yang mengganggu.

Jika ibu hamil makan terlalu banyak durian, maka dapat muncul efek samping yang bisa merugikan baik untuk ibu dan janin. 

Tingginya kadar gula di dalam buah durian dapat menyebabkan peningkatan gula darah yang tajam, sehingga ibu bisa rentan untuk mengalami diabetes gestasional dan melahirkan bayi yang berukuran besar. 

Selain itu, Ibu hamil juga rentan untuk mengalami obesitas mengingat durian merupakan buah yang tinggi kalori. 

Dari masalah obesitas inilah nantinya bisa memicu masalah kesehatan lainnya, misalnya preeklampsia, eklampsia, hingga masalah pada janin (misalnya gangguan pertumbuhan dan perkembangan janin serta kelahiran prematur). 

Artikel Lainnya: Segudang Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil

Tips Makan Durian untuk Ibu Hamil

Tips Makan Durian untuk Ibu Hamil

Terkadang, keinginan untuk makan durian tak dapat dibendung oleh ibu hamil. Bila ibu ingin mengonsumsi durian tanpa takut mengalami dampak buruk, maka ibu harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Makan dalam porsi yang dianjurkan. Porsi makan durian saat hamil yang dianjurkan adalah 1-2 biji saja. Selain itu, hindari makan durian terlalu sering.
  • Ibu bisa memilih buah durian yang tidak terlalu tebal dagingnya dan memiliki tingkat kematangan yang sesuai.
  • Minum air putih usai makan durian untuk membantu menetralisir sisa rasa yang ada di dalam mulut dan membantu mencegah rasa mual ataupun panas usai makan durian.
  • Apabila muncul rasa panas atau tidak nyaman usai makan durian, ibu bisa mencoba untuk menetralisirnya dengan makan buah manggis ataupun jus sirsak. 
Baca Juga

Jadi, buah durian sebenarnya cukup aman untuk ibu hamil, asalkan tidak berlebihan dan telah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan dan kebidanan. 

Namun, akan lebih baik bila ibu hamil memilih jenis buah lain yang tidak mengandung gas. Kehamilan sehat, bayi pun sehat! 

Yuk, #JagaSehatmu dengan memperhatikan asupan yang dikonsumsi selama kehamilan. Apabila membutuhkan saran dari dokter, kamu dapat berkonsultasi melalui tanya dokter Live Chat atau aplikasi KlikDokter.

[RS]

ARTIKEL TERKAIT

Ciri-Ciri Janin Sehat dalam Kandungan

Info Sehat
26 Jun

Bahaya Varises Vagina Saat Hamil

Info Sehat
24 Jun

Perdarahan Saat Hamil Tua, Lakukan Ini

Info Sehat
23 Jun

Penyebab Pertumbuhan Janin Terhambat

Info Sehat
21 Jun

Manfaat Madu bagi Wanita Hamil

Info Sehat
10 Jun

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat