Tips Pemulihan setelah Operasi Gigi Bungsu

Oleh drg. Wiena Manggala Putri pada 01 Oct 2018, 11:45 WIB
Setelah operasi gigi bungsu, aktivitas seseorang memang bisa sedikit terganggu. Namun, berapa lama proses pemulihannya?
Tips Pemulihan setelah Operasi Gigi Bungsu (Juiceimages/123rf)

Klikdokter.com, Jakarta Tumbuhnya gigi bungsu biasanya disertai dengan rasa nyeri yang mengganggu. Hal ini kemudian membuat sebagian orang buru-buru ingin melakukan operasi.

Nah, usai pencabutan gigi bungsu ini, terkadang orang juga dapat mengalami ketidaknyamanan. Apa yang harus dilakukan untuk mempercepat proses pemulihan?

Tentang gigi bungsu

Pernahkah Anda merasa sakit gigi karena gigi tumbuh saat umur sudah dewasa? Jika pernah, bisa jadi gigi geraham ketiga Anda sedang tumbuh.

Umumnya gigi bungsu muncul saat usia 17 sampai 21 tahun. Maka tak heran jika gigi ini disebut sebagai gigi bungsu karena tumbuhnya yang paling akhir saat usia dewasa. Gigi bungsu terletak di bagian paling belakang pada setiap sisinya pada rahang atas maupun rahang bawah.

Tidak banyak orang yang memiliki gigi bungsu tumbuh dengan sempurna, karena pada umumnya gigi ini hanya muncul sebagian atau tumbuh dalam keadaan miring. Bahkan tidak tumbuh sama sekali. Hal ini disebabkan karena kurangnya ruang bagi gigi ini untuk tumbuh.

Pertumbuhan gigi bungsu yang tidak sempurna akan menimbulkan masalah-masalah, seperti rasa sakit hingga infeksi. American Dental Association merekomendasikan agar setiap orang memeriksakan kondisi gigi mereka sebelum umur 20 tahun untuk melihat keadaan gigi bungsu.

Beberapa hal, seperti gigi bungsu yang tumbuh miring atau tidak tumbuh sama sekali sehingga menyebabkan rasa sakit, menjadi alasan gigi tersebut harus dicabut. Karena bila hanya ditangani dengan pemberian obat tanpa menghilangkan penyebabnya, rasa sakit akan kembali muncul pada lain waktu.

Selain itu, gigi yang tumbuh tidak sesuai dapat menyebabkan lubang pada gigi tersebut atau penyakit gusi. Hal ini dikarenakan sulitnya membersihkan sisa-sisa makanan, terutama pada sela-sela gigi.

1 of 2

Prosedur pencabutan gigi bungsu

Dalam istilah kedokteran gigi, tindakan pencabutan gigi bungsu disebut dengan odontektomi. Umumnya bius lokal diberikan sebelum tindakan. Tapi tidak menutup kemungkinan pada beberapa kasus, bius umum/ bius total juga dibutuhkan.

Lama masa penyembuhan setelah gigi bungsu dicabut adalah sekitar 1 minggu atau bahkan lebih. Pemulihan juga sangat bergantung pada kepatuhan pasien terhadap anjuran-anjuran yang telah diberikan oleh dokter.

Daerah bekas pencabutan gigi akan berisi darah yang kemudian akan mengalami proses penyembuhan. Gusi akan menutup daerah bekas pencabutan sehingga pada daerah tersebut akan timbul jaringan lunak baru.

Pengambilan benang jahit yang dilakukan setelah pencabutan menandakan bahwa gusi sudah menutup. Karena itu, daerah pencabutan tersebut sudah bisa dipakai untuk aktivitas pengunyahan kembali.

Untuk mempercepat proses penyembuhan, dokter gigi akan memberikan sejumlah instruksi kepada pasien setelah melakukan tindakan pencabutan ini, yaitu:

  1. Konsumsi obat-obatan yang telah diberikan sesuai anjuran dokter
  2. Istirahat yang cukup
  3. Kompres daerah yang bengkak dengan menggunakan es batu atau air yang dingin
  4. Menggosok gigi secara lembut dan perlahan
  5. Tidak berkumur atau meludah dengan keras
  6. Hindari minum dengan menggunakan sedotan
  7. Jangan makan makanan yang keras atau yang bersuhu panas
  8. Hindari merokok karena akan memperlama proses penyembuhan
  9. Berkumur secara perlahan dengan menggunakan campuran air garam untuk meredakan rasa nyeri yang timbul.

Setelah operasi gigi bungsu, daerah bekas pencabutan akan terasa sakit dan bengkak. Jadi penting bagi pasien untuk tetap menjaga kesehatan mulut dan daerah bekas pencabutan agar tetap bersih. Jangan lupa untuk selalu patuh terhadap anjuran yang dokter berikan demi terhindar dari penyakit gigi lainnya.

[RS/ RH]

Lanjutkan Membaca ↓