Cegah Penuaan Dini dengan Masker Kefir

Oleh dr. Adeline Jaclyn pada 03 Oct 2018, 07:00 WIB
Saat ini, banyak metode yang tersedia untuk mencegah penuaan dini. Salah satunya dengan menggunakan masker kefir.
Cegah Penuaan Dini dengan Masker Kefir (Artfully/123rf)

Klikdokter.com, Jakarta Menjadi tua adalah hal yang pasti. Sedangkan awet muda itu pilihan masing-masing. Ya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memiliki kulit yang sehat hingga usia tua nanti. Salah satu perawatan kulit yang sedang tren untuk mencegah penuaan dini adalah masker kefir. Apa itu masker kefir dan bagaimana cara kerjanya untuk kulit?

Penuaan dini disebabkan banyak faktor

Selain genetik, penampilan kulit sangat bergantung pada berbagai faktor lain, yaitu dari paparan sinar matahari, makanan yang dikonsumsi sehari-hari, dan kebiasaan-kebiasaan personal lainnya. Faktor-faktor tersebut termasuk ke dalam faktor yang dapat dikendalikan, berbeda halnya dengan genetik.

Salah satu kebiasaan yang dapat memengaruhi penuaan dini kulit adalah merokok. Hal ini disebabkan oleh akumulasi radikal bebas dari rokok. Radikal bebas ini akan menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit karena molekul yang tidak stabil dan aktif secara berlebihan. Kerusakan sel kulit inilah yang akan menimbulkan penuaan dini berupa garis-garis halus, kendur, atau kerutan.

Namun, faktor yang paling berperan terhadap penuaan dini kulit adalah paparan sinar matahari. Sinar UV yang terkandung dalam matahari dapat merusak jaringan elastin pada kulit. Kerusakan ini menyebabkan kulit menjadi kendur, meregang, dan hilang kemampuan untuk kembali setelah diregang.

Selain itu, kulit juga menjadi lebih mudah mengalami memar maupun luka, dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sembuh. Kerusakan akibat paparan matahari mungkin tidak terlihat saat muda, tetapi akan terlihat seiring berjalannya waktu.

Masker kefir untuk kulit awet muda

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penuaan dini adalah dengan perawatan kulit menggunakan masker kefir. Masker kefir berasal dari hasil fermentasi susu, terutama susu kambing. Produk ini dapat digunakan pada semua jenis kulit tanpa terkecuali.

Masker kefir mengandung banyak probiotik yang cukup berperan dalam mencegah penuaan dini. Probiotik aktif yang terkandung dalam kefir dapat menstimulasi kulit untuk memproduksi bahan-bahan anti penuaan, seperti kolagen, asam hyaluronik, dan antioksidan.

Masker kefir juga mengandung asam hidroksi alfa (AHA) yang merupakan asam laktat. AHA sering digunakan sebagai bahan kunci pada produk perawatan kulit. AHA memiliki kemampuan dalam meningkatkan kondisi kulit, yaitu dengan menyeimbangkan kadar pH tubuh dan merangsang produksi kolagen sehingga membantu mengurangi kerutan dan memperlambat proses penuaan.

AHA juga berperan sebagai eksfoliator atau pengelupas sel-sel kulit mati yang terdapat pada permukaan kulit. Pengelupasan sel-sel kulit mati ini akan membuat kulit tampak lebih bersih, rata, halus, kenyal, dan lembut.

Tak hanya itu, masker kefir juga mengandung asam amino yang berperan penting terhadap hidrasi kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik akan membuat kerutan menjadi kurang terlihat. Asam amino ini juga berperan sebagai antioksidan. Antioksidan dapat mencegah terjadinya kerusakan sel kulit yang mengakibatkan penuaan dini.

Bagaimana? Anda tertarik untuk menggunakan masker kefir untuk mencegah penuaan dini? Selain melakukan perawatan dari luar, jangan lupakan juga perawatan dari dalam. Lakukan pola hidup sehat dan jauhi kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak kulit, seperti merokok, mencuci muka terlalu sering, jarang pakai tabir surya, dan sebagainya.

[RS/ RVS]