Awas, 6 Makanan Ini Bisa Bikin Flu Anda Tambah Parah!

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 03 Oct 2018, 11:00 WIB
Saat flu, berhati-hatilah dalam memilih makanan. Sebab, beberapa jenis makanan bisa bikin flu Anda semakin parah. Berikut ini penjelasannya.
Awas, 6 Makanan Ini Bisa Bikin Flu Anda Tambah Parah! (Andriano/123rf)

Klikdokter.com, Jakarta Ketika terpapar virus influenza, maka Anda pun akan terkena penyakit flu. Penyakit ini dapat menyerang sejumlah organ dalam tubuh, seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Pada dasarnya, flu menyerang karena sejumlah faktor, seperti cuaca, penularan, dan daya tahan tubuh yang lemah.

Menurut dr. Rio Aditya kepada KlikDokter, flu biasanya akan sembuh sendiri seiring berjalannya waktu. Bila kondisi flu cukup parah, biasanya memerlukan waktu pemulihan sekitar tujuh hari, tergantung daya tahan tubuh penderitanya.

“Pada tahap awal, gejala yang timbul adalah batuk, nyeri tenggorokan, demam dan juga nyeri-nyeri sendi seperti yang dirasakan saat mengalami flu,” kata dr. Rio.

Makanan yang sebaiknya dihindari saat flu

Saat terkena flu, biasanya Anda mengonsumsi makanan yang lebih hangat agar tubuh merasa lebih nyaman. Namun perlu dicatat, beberapa makanan di bawah ini sebaiknya dihindari agar flu Anda tak semakin parah:

  1. Permen

Kandungan pemanis buatan dalam permen dapat menyebabkan peradangan yang mampu melemahkan sel-sel darah putih tubuh yang seharusnya bekerja melawan infeksi. Hindari permen dan makanan manis lainnya, hingga Anda merasa sudah lebih sehat.

  1. Karbohidrat olahan

Anda sedang ingin makan kue-kue asin, roti panggang mentega, atau semangkuk pasta? Pikirkan lagi. Karbohidrat olahan dapat memicu kenaikan gula darah yang menimbulkan efek peradangan, serupa dengan minuman manis serta makanan ringan.

Daripada mengonsumsi roti dengan mentega atau selai, akan lebih baik bila Anda memilih roti gandum utuh sebagai gantinya. Gandum dicerna lebih lambat, sehingga tidak meningkatkan gula darah.

  1. Alkohol

Sama seperti gula, alkohol juga menyebabkan peradangan dan melemahkan sel-sel darah putih. Tak hanya itu, alkohol juga memiliki efek dehidrasi yang cenderung membuat otot-otot terasa nyeri. Sebisa mungkin, hentikan kebiasaan minum alkohol dari sekarang, dan perbanyaklah minum air mineral.

  1. Makanan pedas

Makanan pedas nyatanya dapat membantu membersihkan saluran hidung Anda. Tetapi, ketika Anda mengalami sakit perut sebagai salah satu gejala flu, maka hentikan mengonsumsi makanan pedas sebelum sakit yang Anda alami menjadi lebih parah.

  1. Buah-buahan sitrus

Buah jeruk, termasuk jeruk bali dan lemon, dapat mengiritasi lapisan lambung dan memperburuk sakit perut. Jika Anda merasa mual, sebaiknya jauhi buah-buahan sitrus sampai rasa sakit perut mereda.

  1. Minuman mengandung kafein

Seperti alkohol, minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda dapat membuat Anda semakin merasa haus dan berisiko meningkatkan dehidrasi. Sebagian besar minuman ini mengandung gula yang menyebabkan peradangan, sehingga membuat Anda lebih sulit untuk melawan infeksi.

Sesuai penjelasan dr. Rio, pengobatan flu sendiri adalah simptomatik yang berarti hanya mengobati gejala. Jika hidung tersumbat, obat dekongestan seperti oxymetazolin, phenylephrine, atau pseudoephedrine bisa meredakan gejala tersebut. Bila timbul sakit kepala, konsumsi obat yang mengandung parasetamol.

“Untuk mengurangi gejala batuk, dokter biasanya akan memberikan ambroxol, guafinesin atau guaiacolate untuk mengencerkan dahak, dan dextrometorphan untuk mengatasi batuk tidak berdahak,” jelas dr. Rio.

Saat flu, Anda memang tidak boleh asal makan. Hindari mengonsumsi berbagai jenis makanan di atas agar flu yang Anda derita tak semakin parah. Apabila terjadi demam  di atas suhu 38 derajat Celsius, sesak napas dan sulit makan atau minum, segeralah berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

[NP/ RVS]