Tubuh Sehat dengan Minum Air Putih Hangat

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 06 Oct 2018, 13:30 WIB
Jangan anggap sepele. Minum air putih hangat ternyata memberikan banyak manfaat bagi tubuh Anda. Simak penjelasan berikut ini.
Tubuh Sehat dengan Minum Air Putih Hangat (fotum/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Minum air putih memang terdengar sederhana. Namun, air putih memiliki manfaat yang luar biasa. Untuk memenuhi kebutuhan dasar tubuh, Anda membutuhkan air untuk memenuhi lebih dari setengah cairan tubuh. Sebab, tubuh tersusun dari 60 persen air. Bahkan pada bayi di bawah 1 tahun, tubuhnya tersusun dari 75-80 persen air.

Kandungan air dalam tubuh

Air terdapat hampir di seluruh bagian tubuh. Sebagian besar berada di dalam sel, dan sisanya di luar sel. Substansi ini membuat sel-sel dalam tubuh berfungsi dengan baik, memiliki peranan penting dalam sistem peredaran darah, serta membantu menjaga suhu tubuh.

Dijelaskan oleh dr. Alberta Jesslyn Gunardi dari KlikDokter, kandungan air tersebut setiap harinya akan keluar sebagai keringat sebanyak 100 ml, keluar lewat feses sekitar 200 ml, keluar sebagai urine sebanyak 800 ml, serta melalui insensible water loss sekitar 800 ml.

Jumlah air yang keluar dari tubuh Anda tersebut tidak bersifat mutlak, karena turut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya, Anda akan mengeluarkan lebih banyak keringat saat berolahraga. Atau saat Anda sedang diare, jumlah air yang keluar dari tubuh juga bisa menjadi lebih banyak melalui feses dan urine.

Khasiat minum air hangat

Variasi minum air putih juga dapat Anda lakukan, misalnya dengan meminumnya dalam kondisi hangat.  Berikut ini adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari minum air putih hangat:

1. Membantu menurunkan berat badan

Mengonsumsi air hangat membantu proses penurunan berat badan. Minumlah air hangat yang dicampur dengan lemon setiap pagi untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Cara ini juga cukup efektif untuk membakar lebih banyak kalori dalam tubuh.

2. Meringankan gejala infeksi saluran pernapasan

Minum air putih hangat juga dapat Anda coba untuk membantu meringankan beberapa gejala infeksi saluran pernapasan. Studi menunjukkan bahwa minum air hangat bermanfaat untuk mengatasi hidung tersumbat lebih cepat daripada minum air putih biasa, karena suhu yang lebih tinggi mempercepat laju lendir Anda.

3. Menjaga kesehatan gigi

Faktanya, air putih hangat lebih baik untuk gigi, khususnya dalam membersihkan kotoran dan plak yang menempel. Meski demikian, pastikan air yang Anda minum tidak terlalu panas. Karena suhu air minum yang ekstrem justru akan menyebabkan dampak negatif pada gigi.

4. Baik untuk pencernaan

Air hangat memiliki efek vasodilator, yang berarti memperlebar pembuluh darah dan menstimulasi aliran darah menuju usus, sehingga mendukung proses pencernaan. Selain itu, minum air putih hangat juga membantu membersihkan usus untuk menghindari perut kembung.

Biasakan juga minum air putih hangat di pagi hari dalam kondisi perut kosong. Hal ini sangat baik untuk sistem pencernaan, sehingga ketika Anda makan, suhu hangat tersebut akan membantu mengemulsi lemak dan membuatnya lebih mudah dicerna.

5. Membantu membersihkan racun tubuh

Minum air putih hangat dapat meningkatkan suhu tubuh dan merangsang tubuh Anda untuk menghasilkan keringat, yang merupakan salah satu cara tubuh mengeluarkan racun. Bila dikonsumsi secara teratur dengan tambahan lemon, air putih hangat juga dapat membantu menyeimbangkan semua makanan asam yang Anda konsumsi.

Namun, jika tidak menyukai lemon, Anda bisa mencampurkan air hangat dengan teh hijau yang juga bermanfaat untuk mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh.

Minum air putih hangat setiap pagi ternyata memberikan manfaat yang sangat baik bagi tubuh Anda. Ayo biasakan untuk minum air hangat, seperti yang telah dijelaskan di atas. Imbangi kebiasaan baik ini dengan pola hidup sehat seperti olahraga, asupan sehat serta menghindari rokok dan alkohol.

[NP/ RVS]