Solusi Sakit Kepala Usai Nonton Pembukaan Asian Para Games

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 07 Oct 2018, 09:15 WIB
Sakit kepala bisa terjadi kapan pun termasuk usai nonton pembukaan Asian Para Games. Ini dia cara mengatasinya.
Solusi Sakit Kepala Usai Nonton Pembukaan Asian Para Games (Foto: M. Iqbal Ichsan/Bola.com)

Klikdokter.com, Jakarta Pembukaan Asian Para Games 2018 telah berlangsung secara meriah kemarin, Sabtu (6/10). Untuk Anda yang menyaksikan upacara pembukaan langsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), waspadai serangan sakit kepala yang mungkin saja terjadi usai menontonnya.

Antusiasme masyarakat untuk menyaksikan Asian Para Games 2018 tidak perlu diragukan. Panitia Asian Para Games, INAPGOC, sampai menambah 2.000 lembar tiket karena jumlah tiket sebelumnya ternyata tidak cukup untuk mengakomodir semangat masyarakat yang ingin mendukung para atlet yang bertanding.

Apalagi, ini adalah kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah bagi perhelatan olaharaga penyandang disabilitas seluruh Asia ini. Bocoran pembukaan yang beredar di media sosial juga semakin membuat penasaran masyarakat Indonesia. Tentu saja momen bersejarah ini tak bisa dilewatkan!

Sakit kepala usai nonton pembukaan Asian Para Games

Masyarakat yang menyaksikan upacara pembukaan Asian Para Games tentu didasari antusiasme dan nasionalisme yang tinggi. Tak jarang, para penonton sudah datang sejak siang hari berjam-jam sebelum upacara dimulai, entah karena takut macet atau ingin merasakan euforia di sekitaran SUGBK.

Dengan antusiasme yang begitu tinggi, jangan sampai Anda menyepelekan kondisi tubuh. Jika Anda terlalu capek, kurang minum air, atau terlalu lama berjemur di bawah terik matahari, hati-hati Anda bisa kena serangan sakit kepala. Kurangnya konsumsi air minum atau dehidrasi juga dapat memicu sakit kepala, termasuk migrain.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, sakit kepala akibat dehidrasi disebabkan oleh kurangnya cairan di otak dan menyusutnya jumlah plasma darah saat tubuh kekurangan cairan. Kondisi ini membuat otak menyusut untuk mengompensasi kekurangan cairan. Tarikan antara otak yang mengecil dengan tengkorak dapat menyebabkan rasa nyeri di kepala.

Selain itu, dr. Astrid juga mengatakan bahwa sakit kepala bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari. Salah satu penelitian di Boston, Amerika Serikat, yang dilakukan pada 7.000 orang membuktikan bahwa kenaikan suhu sekitar 5 derajat Celcius pada cuaca panas dapat meningkatkan risiko sakit kepala hingga 7,5 persen. Jadi, bagi para penonton yang sudah datang dari siang hari atau rela berjemur di bawah terik matahari untuk mengantre, hati-hatilah. Agar terhindar dari sekit kepala, cegah dengan memakai topi dan kacamata gelap untuk mengurangi paparan sinar matahari.

Cara mengatasi sakit kepala

Jika Anda sudah terlanjur mengalami sakit kepala, ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengobatinya, yakni:

  • Istirahat cukup paling tidak selama 7-8 jam
  • Kurangi konsumsi kafein
  • Rutin berolahraga, minimal 30 menit sehari agar peredaran darah lancar
  • Minum obat sakit kepala sesuai dengan petunjuk dokter
  • Cukupi kebutuhan cairan

Lakukan cara-cara di atas untuk mengatasi sakit kepala yang muncul usai nonton pembukaan Asian Para Games. Jika Anda sudah meminum obat sakit kepala tapi tak kunjung sembuh atau rasa sakitnya hilang timbul, sebaiknya Anda segera menemui dokter. Pasalnya, jika sakit kepala Anda terus berulang atau intensitas rasa sakitnya tergolong berat, bisa jadi itu merupakan pertanda adanya penyakit berbahaya dalam tubuh.

[RN/ RVS]