Tips Perawatan Rambut dan Kulit Kepala untuk Atlet Berhijab

Oleh Ayu Maharani pada 09 Oct 2018, 14:35 WIB
Rambut dan kulit kepala sering berkeringat karena tertutup hijab? Ini tips bagi atlet berhijab agar rambut dan kulit kepala tetap sehat.
Tips Perawatan Rambut dan Kulit Kepala untuk Atlet Berhijab (M-Iqbal-Ichsan/Bolacom)

Klikdokter.com, Jakarta Atlet blind judo asal Indonesia, Miftahul Jannah tengah menjadi perbincangan hangat. Hal ini terkait dengan larangan pemakaian hijab saat bertanding dalam cabang olahraga blind judo. Miftahul Jannah bukan satu-satunya atlet berhijab. Banyak atlet Indonesia dan negara-negara peserta yang berlaga di Asian Para Games 2018, juga berhijab. Bicara soal hijab, seorang atlet yang memakai hijab pasti lebih sering berkeringat, sehingga memengaruhi kondisi rambut dan kulit kepala.  

Padatnya jadwal latihan dan aktivitas fisik lainnya, ditambah dengan sejumlah pertandingan, membuat kulit kepala atlet berhijab lebih mudah berkeringat. Akibatnya, rambut pun ikut menjadi lembap, lepek dan berminyak. Oleh sebab itu, agar "mahkota wanita" tersebut terhindar dari permasalahan rambut, atlet berhijab perlu menerapkan tips berikut ini:

1. Perhatikan cara menguncir rambut di bawah hijab

Saat hendak menggunakan hijab, para wanita umumnya akan menguncir rambutnya terlebih dahulu. Dilansir dari Haute Hijab NY, hindarilah menguncir rambut dengan gaya kuncir kuda tinggi dan kencang, apalagi dalam waktu yang lama. Karena menguncir dengan gaya seperti itu hanya akan memberikan efek sakit saat melepasnya, sekaligus memicu kerontokan rambut yang lebih parah.

Sebagai gantinya, rambut sebaiknya diikat rendah dan tidak terlalu kencang agar tidak cepat rontok. Saat mengikat rambut, hindari memakai karet gelang yang biasa digunakan untuk mengikat bungkus makanan Anda. Bila khawatir rambut akan terlepas ke mana-mana karena mengikatnya tidak kencang, maka gunakanlah jepit rambut untuk menahan rambut yang "berlarian" itu.

2. Gunting rambut secara rutin

Terus-menerus mengikat rambut dan mengenakan hijab biasanya akan menimbulkan permasalahan pada ujung rambut. Agar rambut tidak kian bercabang dan terlihat rusak sekaligus kering, pangkaslah ujung rambut Anda beberapa bulan sekali.

Perlu Anda ketahui, atlet berhijab memang disarankan untuk tidak memiliki rambut yang terlampau panjang supaya kulit kepala tidak semakin panas.

3. Biarkan rambut Anda “bernapas”

Setelah seharian berlatih dan sampai di rumah, biarkanlah rambut Anda "bernapas", dengan cara tidak mengikat atau menjepitnya lagi. Urai saja rambut Anda supaya tidak kaku dan lepek.  Bila Anda adalah orang yang tak tahan bila rambut jatuh-jatuh ke wajah, gunakan bando untuk menahannya.

1 of 2

Selanjutnya

4. Gunakan dry shampoo

Menurut fashion designer berhijab, Rabia Zargarpur yang dilansir dari Vogue, dirinya kerap kali menggunakan dry shampoo supaya rambutnya tidak berminyak dan lepek setelah seharian beraktivitas mengenakan hijab.

5. Gunakan deep conditioner tiap minggu

Setelah keramas, jangan pernah melewatkan penggunaan kondisioner, terutama bila rambut Anda cenderung kering. Anda pun bisa menggunakan deep conditioner setiap minggunya, agar rambut kembali lembut dan sehat seperti sedia kala.

Pemilihan sampo juga mesti diperhatikan. Jangan sampai Anda menggunakan sampo yang tidak cocok sehingga menimbulkan ketombe. Bila sudah ketombean, otomatis Anda akan sering menggaruk kepala, membuat kulit kepala luka, dan tidak berkonsentrasi penuh saat bertanding.

6. Pijat kulit kepala dan rambut

Dikutip dari Haute Hijab NY, pijatlah kulit kepala Anda secara teratur, terutama setelah hujan, untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang optimal.

Caranya: gunakan ujung jari Anda (bukan kuku) dan mulailah dari garis rambut pada dahi. Kemudian berikan tekanan yang cukup pada jari-jari yang bergerak memutar selama satu menit. Setelah itu, lanjutkan gerakan tersebut ke berbagai garis rambut hingga mencapai belakang kulit kepala Anda.

Pada atlet, sengitnya kompetisi bisa membuat diri Anda stres. Dengan melakukan pemijatan pada kepala, hal itu bisa meningkatkan produksi endorfin dan serotonin yang bikin mood Anda lebih baik dan lebih relaks.

7. Pilih bahan hijab yang tepat

Saat hendak melakukan aktivitas fisik, pilih bahan hijab yang mampu menyerap keringat dan tidak berlapis-lapis. Umumnya, hijab yang bisa digunakan saat olahraga adalah yang berbahan katun dan polyester ringan.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan rambut, meski Anda seorang atlet yang aktif bergerak dan mengenakan hijab. Lakukanlah secara teliti dan rutin untuk hasil yang optimal. Terakhir, jangan lupa untuk sering mengganti hijab yang sudah terlalu basah karena keringat agar tidak berbau apek dan membuat kulit kepala Anda tidak nyaman.

[NB/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓