Ini Dia Penyebab Rambut Rontok setelah Melahirkan

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 11 Okt 2018, 15:00 WIB
Salah satu keluhan yang sering terjadi pada wanita setelah melahirkan adalah rambut rontok. Kenali penyebabnya dan cara mencegahnya di sini.
Ini Dia Penyebab Rambut Rontok setelah Melahirkan (wavebreakmedia/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Kehamilan membuat banyak perubahan pada wanita, begitu pula dengan persalinan. Ya, wanita yang baru melewati masa melahirkan umumnya akan mengeluhkan berbagai gangguan, salah satunya rambut rontok. Apakah Anda salah satu yang juga mengalami hal tersebut?

Tenang, Anda tidak sedirian. Faktanya, rambut rontok adalah keadan yang terjadi secara normal setelah melahirkan. Umumnya, kondisi ini terjadi sekitar tiga bulan setelah Anda melahirkan.

Perlu Anda ketahui, selama hamil hingga melahirkan, rambut Anda akan melewati beberapa fase berbeda. Nah, ketika Anda melahirkan, beberapa bulan setelahnya rambut akan masuk ke fase telogen effluvium. Ini adalah fase ketika rambut Anda mulai mengalami kerontokan.

Menurut American College of Obstetrics and Gynecologists (ACOG), periode kerontokan berat akan terjadi pada 1–5 bulan setelah kehamilan. Meski risikonya sangat tinggi, keadaan tersebut hanya berlangsung sementara. ACOG menyebutkan, fase rambut rontok akan mencapai puncaknya sekitar 3–4 bulan setelah Anda melahirkan, dan akan kembali normal 6–12 bulan.

Jika rambut Anda masih mengalami kerontokan setelah 12 bulan, tak perlu menunda lagi untuk segera membawa diri ke doker. Hal ini bertujuan agar dokter bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai penyebab utama kerontokan rambut yang Anda alami. Jangan abai, karena beberapa penyakit berbahaya menjadikan rambut rontok sebagai gejala utamanya.

1 of 2

Tips menjaga rambut tetap sehat

Bagi wanita kerontokan bisa dianggap sebagai masalah besar. Akan tetapi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga rambut Anda terlihat baik selama masa transisi tersebut:

1. Potong rambut Anda dan temukan model baru

Pertama dan terutama, kunjungi penata rambut untuk mendapatkan saran terbaik. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mendapatkan saran terkait gaya rambut yang berbeda dari sebelum melahirkan.

2. Menjaga rambut berkilau dan lembap

Penata rambut langganan artis Hollywood, Oribe Canales, mengatakan bahwa menggunakan produk yang tepat dapat memberikan kesan lebat pada rambut. Karenanya, carilah produk perawatan yang membuat rambut Anda berkilau di salon-salon terkemuka. Juga, selalu gunakan kondisioner atau pelembap rambut setelah keramas.

3. Ubah alur rambut Anda

Jika biasanya Anda “membelah” rambut di bagian tengah, cobalah untuk membuat rambut menjadi belah samping. Hal ini bisa menyamarkan rambut yang menipis di area pelipis.

4. Tambahkan tekstur

Gaya ramping dan lurus membuat rambut yang menipis menjadi lebih jelas terlihat. Menurut penata rambut profesional dari Elizabeth Arden Red Door Salon and Spa di New York City, Stephanie Scuoppo, jika Anda memiliki rambut lurus, coba gunakan alat pengeriting rambut untuk membuat kesan rambut Anda kuat.

5. Kenakan hiasan rambut

Ikat kepala, syal, dan bandana adalah benda-benda rambut yang bisa digunakan untuk bergaya, juga menyamarkan rambut rontok. Hiasan kepala tersebut sangat populer dengan ibu baru yang hanya punya sedikit waktu untuk melakukan perawatan rambut di salon.

Jangan buru-buru panik jika Anda mengalami rambut rontok setelah melahirkan. Namun, jika Anda merasa tidak nyaman karenanya, tak ada salahnya untuk berobat ke dokter atau klinik kecantikan guna mendapatkan perawatan yang tepat.

[NB/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓