7 Alasan Anda Sulit Menurunkan Berat Badan

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 11 Okt 2018, 15:45 WIB
Sudah melakukan berbagai cara untuk menurunkan berat badan, tapi masih gagal? Bisa jadi ini penyebabnya.
7 Alasan Anda Sulit Menurunkan Berat Badan (pathdoc/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Anda mungkin merasa sudah berusaha sekeras mungkin, mengatur pola makan ditambah dengan rutin berolahraga. Tapi tetap saja, timbangan belum mau bergerak ke arah kiri. Jika itu yang terjadi, bisa jadi karena ada yang salah dengan aktivitas harian Anda atau ada faktor-faktor lainnya.

Karena itu, jangan menyerah dulu. Lihat apakah cara-cara yang Anda lakukan sudah benar atau tidak? Jika masih salah, coba perbaiki. Berikut adalah alasan Anda sulit menurunkan berat badan, seperti dilansir dari WebMD:

1. Melewatkan sarapan

Ketika sedang diet, sarapan adalah waktu makan yang penting dan sebaiknya tidak dilewatkan. Pertama, sarapan membuat Anda lebih berenergi sehingga tidak tergoda untuk ngemil. Kedua, karena perut sudah terganjal, Anda akan cenderung menyantap makan siang dalam porsi yang lebih sedikit.

Cobalah makan 1 jam setelah bangun tidur. Sarapan yang kaya serat dan protein dapat membantu Anda kenyang lebih lama. Anda bisa mengonsumsi keju dengan buah, telur dengan roti gandum utuh, atau yoghurt dengan pisang.

2. Jarak makan malam dengan waktu tidur terlalu dekat

Makan larut malam dapat menimbulkan masalah bagi rencana penurunan berat badan Anda. Ini dapat meningkatkan suhu tubuh, gula darah, dan insulin sehingga lebih sulit bagi Anda untuk membakar lemak. Cobalah makan malam setidaknya 3 jam sebelum tidur.

Berhati-hatilah juga dengan kebiasaan ngemil malam hari. Apalagi jika melakukannya sambil nonton TV, ini kadang membuat Anda lupa daratan, tahu-tahu sekantong keripik sudah habis kosong.

3. Terlalu stres

Skenario ini mungkin pernah terjadi pada diri Anda: Deadline kantor sedang banyak-banyaknya, dan untuk menghibur diri, Anda pun memesan ayam dan kentang goreng. Ya, stres memang dapat membuat seseorang ingin menyantap comfort food yang tinggi kalori dan lemak.

Tubuh Anda juga cenderung menyimpan lebih banyak lemak ketika sedang berada di bawah tekanan. Untuk mengurangi stres, cobalah untuk melakukan hal-hal menyenangkan dan bikin relaks, seperti bertemu teman-teman, menonton film bersama pasangan, atau meditasi.

4. Faktor jenis kelamin

Mungkin ini terdengar sangat tidak adil. Tapi begitulah adanya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria lebih mudah menurunkan berat badan dengan cepat dibandingkan wanita. Tapi berita baiknya, wanita cenderung lebih sukses dalam perubahan jangka panjang.

5. Kurang tidur

Saat Anda kurang tidur, menurunkan berat badan bisa terasa jauh lebih sulit. Ini karena kurang tidur membuat metabolisme melambat sehingga Anda tidak akan membakar kalori secepat biasanya. Anda juga memiliki lebih sedikit energi saat kurang tidur. Alhasil, melakukan olahraga pun jadi kurang semangat.

Selain itu, ketika seseorang kelelahan karena kurang tidur, ia akan cenderung membuat pilihan makan yang buruk. Dalam sebuah penelitian, orang yang kurang tidur mengonsumsi sekitar 300 kalori lebih banyak per hari daripada mereka yang tidurnya cukup.

6. Genetik

Beberapa orang lebih mudah dalam membakar lemak daripada yang lain. Itu adalah sesuatu yang Anda warisi dari orang tua atau kakek-nenek Anda. Anda tidak memiliki kendali atas gen yang diberikan kepada Anda. Jadi, mungkin Anda perlu bekerja sedikit lebih keras untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan.

7. Tiroid kurang aktif

Hipotiroidisme adalah kondisi ketika kelenjar tiroid tidak cukup memproduksi hormon tiroid. Hal ini menyebabkan penambahan berat badan dari penumpukan garam dan air dalam tubuh Anda.

Sementara itu, hormon tiroid yang terlalu tinggi disebut hipertiroidisme. Beberapa orang dengan hipertirodisme mudah menurunkan berat badan, tapi ada juga yang merasa lapar terus sehingga sering makan.

Faktor lainnya

Selain beberapa hal di atas, alasan Anda sulit menurunkan berat badan bisa jadi karena faktor usia. Semakin tua seseorang, metabolisme akan melambat sekitar 2-8% setiap dekade. Itu disinyalir terjadi karena berkurangnya massa otot.

Ini mungkin mengejutkan. Makan terlalu sedikit ternyata bisa membuat Anda sulit menurunkan berat badan. Ya, jika Anda melewatkan makan atau melakukan diet rendah kalori, itu bisa menjadi bumerang dengan membuat Anda membakar kalori lebih lambat.

Kondisi medis tertentu juga bisa menjadi pemicu sulitnya menurunkan berat badan. Beberapa masalah kesehatan yang dapat menyebabkan masalah berat badan adalah gangguan makan seperti bulimia, penyakit jantung, gangguan hormonal, dan gangguan tidur seperti apnea tidur.

Beberapa obat-obatan juga dapat menyulitkan Anda untuk menurunkan berat badan. Misalnya, obat yang berhubungan dengan penyakit alergi, KB, depresi, diabetes, epilepsi, dan tekanan darah tinggi.

Itu adalah beberapa faktor yang membuat Anda sulit untuk menurunkan berat badan. Jika Anda sudah mulai frustrasi karena berat badan tak kunjung turun padahal sudah melakukan berbagai cara, jangan segan untuk menemui dokter agar mendapatkan saran dan solusi yang tepat.

[RS/ RH]

Supyan SauriSupyan Sauri

info menarik. ditunggu kunjungan baliknya https://takadadikotomi.blogspot.com/