Efektifkah Akupunktur untuk Mengatasi Obesitas?

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 11 Okt 2018, 16:20 WIB
Orang akan melakukan berbagai cara untuk menghindari obesitas, salah satunya dengan pengobatan akupunktur. Namun, sejauh mana metode ini dapat mengatasi obesitas?
Efektifkah Akupunktur untuk Mengatasi Obesitas? (NiP-photography/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Akupunktur adalah praktik medis tradisional Tiongkok untuk merangsang titik-titik tertentu pada tubuh, dengan memasukkan jarum yang sangat tipis melalui kulit. Sebagian orang percaya, akupunktur dapat mengatasi obesitas. Jika memang benar, Anda perlu mengetahui sejauh mana manfaat akupunktur bagi penderita obesitas.

Pengobatan akupunktur telah menjadi fokus banyak penelitian di dunia karena kemampuannya dalam menyembuhkan rasa sakit, terutama untuk sakit kepala dan leher, punggung, lutut, dan nyeri osteoartritis. Dengan semakin banyaknya ahli akupunktur, pengobatan ini pun semakin digemari.

Meski demikian, belum banyak penelitian tentang bagaimana akupunktur dapat membantu masalah kesehatan lainnya seperti mengatasi obesitas atau bahkan menurunkan berat badan.

Studi kaitan akupunktur dengan obesitas

Dukungan ilmiah tentang hal ini memang sangat sedikit. Tapi, ada beberapa penelitian yang pernah membahas hal tersebut.

Dalam tinjauan penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Obesity pada 2009, para ilmuwan menganalisis 31 penelitian dengan total 3.013 peserta. Hasilnya, ditemukan bahwa akupunktur dikaitkan dengan penurunan berat badan rata-rata yang signifikan.

Akan tetapi, penulis penelitian tersebut mengingatkan bahwa banyak studi yang ditinjau memiliki kualitas yang buruk. Selain itu, uji klinis pada akupunktur memberikan hasil yang sangat bervariasi, sehingga sulit untuk membandingkan hasil studi yang ada.

Dalam sebuah penelitian lain yang diterbitkan di Acupuntur In Medicine pada 2012, peneliti memberi terapi kepada wanita, baik akupunktur atau akupunktur palsu (akupunktur non-penetrasi pada titik yang sama). Setelah dua sesi selama 20 menit per minggu dan dilakukan intens selama 5 minggu, kadar hormon pun diukur.

Wanita yang menerima akupunktur mengalami penurunan kadar insulin dan leptin serta penurunan indeks massa tubuh yang lebih berarti dibandingkan dengan wanita yang menerima akupunktur palsu.

Penelitian lain tentang akupunktur dan penurunan berat badan juga menelurkan hasil yang beragam. Misalnya, dalam tinjauan pada 2017, para peneliti menganalisis uji klinis pada akupunktur laser untuk obesitas.

Meski beberapa efek positif terlihat pada berat badan, indeks massa tubuh, lingkar pinggang, dan rasio pinggang-panggul, para peneliti menyimpulkan bahwa kurangnya penelitian berkualitas tinggi menyebabkan mereka kesulitan untuk mencapai kesimpulan tentang efektivitas akupunktur laser untuk obesitas.

Akupunktur untuk menurunkan berat badan

Akupunktur dipercaya dapat menurunkan berat badan dengan cara menstimulasi aliran energi tubuh (chi). Hal ini diyakini memengaruhi faktor-faktor yang dapat mengatasi obesitas –seperti meningkatkan metabolisme, mengurangi nafsu makan, menurunkan stres, dan memengaruhi bagian otak yang terasa lapar.

Menurut para pakar pengobatan tradisional Tiongkok, kenaikan berat badan disebabkan oleh ketidakseimbangan tubuh yang dapat disebabkan oleh gangguan fungsi hati, limpa, ginjal, kelenjar tiroid, dan sistem endokrin. Jadi, untuk menurunkan berat badan, perawatan akupunktur umumnya menargetkan beberapa organ tubuh tersebut.

Sementara itu, akupunktur telinga dipercaya ampuh untuk menurunkan berat badan. Telinga adalah area lain yang menjadi target para praktisi akupunktur untuk menurunkan berat badan.

Diyakini bahwa mengidam makanan dapat dikontrol dengan memanipulasi titik di telinga. Hal ini serupa dengan yang dilakukan praktisi akupunktur untuk membantu perokok dan pengguna narkoba untuk membantu mengakhiri kecanduan mereka.

Lalu, apa sebenarnya yang membuat akupunktur bisa menurunkan berat badan? Menurut Healthline, hal ini berhubungan dengan masalah sikap positif Anda terhadap pengobatan itu. Jika Anda yakin bahwa perawatan akupunktur efektif, sikap positif dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Misalnya, jika Anda merasa bahwa perawatan akupunktur meningkatkan kualitas hidup, Anda mungkin termotivasi untuk menjalani diet dan memilih olahraga yang tepat. Hal ini dapat menyebabkan penurunan berat badan lebih lanjut.

Saat ini memang belum ada bukti yang cukup kuat untuk membuktikan bahwa akupunktur dapat menyebabkan penurunan berat badan atau mengatasi obesitas. Tetapi, jika Anda mempertimbangkan untuk mencobanya, tidak masalah sama sekali. Sikap positif Anda juga menentukan. Tapi ingat, carilah terapis akupunktur yang benar-benar terpercaya dan bersertifikat.

[NP/RH]