5 Hal yang Membuat Tangan Tampak Lebih Tua

Oleh Ayu Maharani pada 16 Oct 2018, 15:40 WIB
Tangan merupakan bagian tubuh selain wajah yang juga rentan mengalami penuaan lebih cepat. Kenali penyebab dan cara mengatasinya.
5 Hal yang Membuat Tangan Tampak Lebih Tua (Olena-Yakobchuk/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Saat mendengar istilah kulit keriput, penuaan, dan kusam, bagian apakah yang pertama kali terpikirkan oleh Anda? Pasti wajah, bukan? Memang, bagian kulit yang paling sering dimanjakan adalah kulit wajah. Berbagai jenis skin care, mulai dari tabir surya, pelembap, krim pencerah, hingga serum antipenuaan, semuanya Anda pakai di wajah saja. Padahal, ada bagian lain yang juga memerlukan perawatan yang sama, yakni tangan.

Menurut profesor dermatologi dari Boston University yang dilansir dari Prevention, Ranella Hirsch MD, apabila Anda tidak memiliki rencana peremajaan tangan dan kuku dari sekarang, maka yang terjadi kemudian adalah kekeringan, kusam, dan keriput.

Anda tentu tak ingin mengalami hal tersebut bukan? Cari tahu penyebab tangan tampak lebih tua dan cara mengatasinya di bawah ini:

1. Bintik-bintik penuaan

Meski namanya adalah bintik-bintik penuaan, tetapi kondisi ini sama sekali tidak ada kaitannya dengan usia.

“Bintik-bintik penuaan adalah hasil dari paparan sinar matahari,” jelas instruktur klinis dermatologi dari Rumah Sakit New York Cornell Medical Center, Eileen Lambroza MD.

Umumnya, bintik-bintik ini semakin terlihat jelas pada orang berusia di atas 50 tahun. Akan tetapi, bintik tersebut sebenarnya sudah terlihat samar sejak muda. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk selalu menggunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih jika hendak bepergian ke luar rumah. Tabir surya ini sangat baik dioleskan setiap dua jam sekali, agar perlindungannya tetap optimal.

Namun, apabila bintik-bintik penuaan sudah telanjur muncul dan sangat mengganggu penampilan kulit tangan, Anda bisa menggunakan krim OTC fade dengan 2% hydroquinone. Krim tersebut bisa Anda dapatkan di dokter, dan penggunaannya harus benar-benar sesuai dengan anjuran. Sebab, bahan pemutih yang terkandung dalam krim tersebut bisa menjadi bumerang apabila digunakan tidak tepat.

2. Tonjolan pembuluh darah

Apakah Anda memiliki tampilan kulit yang memperlihatkan pembuluh darah dengan jelas dan menonjol? Jika ya, ada sedikit kabar buruk untuk Anda. Pasalnya, tak seperti bintik-bintik penuaan yang bisa diatasi dengan obat dan dicegah dengan tabir surya, masalah ini hanya bisa diatasi secara dengan cara mengoperasi vena yang menonjol tersebut.

Jika Anda ingin menyamarkannya saja untuk sementara, penggunaan concealer bisa jadi solusinya.

1 of 2

Selanjutnya

3. Adanya sisik pada kulit

Sisik yang dimaksud di sini bukanlah sisik seperti yang ada pada kulit hewan. Sisik ini berupa permukaan kasar akibat kulit yang terlalu kering. Kabar gembiranya, masalah kulit yang satu ini bisa diatasi dengan mudah. Caranya:

  • Lakukan scrubbing pada kulit yang kasar tersebut
  • Oleskan masker yang mengandung moisturizer, pelembap, dan minyak alami
  • Bungkus bagian kulit tersebut dengan handuk tipis yang lembut.

Hasilnya, kulit bersisik akan berubah menjadi kulit yang super lembap dan halus.

4. Kuku mulai menguning

Menguning dan timbulnya rasa nyeri pada kuku disebabkan oleh infeksi jamur dan layak diperiksakan ke dokter. Sebaliknya, jika penyebabnya bukan jamur, ada kemungkinan bahwa menguningnya kuku Anda disebabkan oleh obat psoriasis ataupun efek samping penggunaan cat kuku.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa melakukan:

  • Iris buah lemon
  • Gosok permukaan kuku menggunakan irisan lemon (asam buah alami dapat memperbaiki dasar kuku)
  • Dan lakukanlah hal tersebut secara rutin hingga kulit kuku kembali normal. 

5. Kuku mudah patah

Paparan bahan kimia, perubahan cuaca, bahkan genetika dapat menyebabkan kuku menjadi rapuh dan mudah patah.

Dalam sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Cosmetic Dermatology, cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengonsumsi vitamin B biotin 2,5 mg agar kuku lebih kuat selama 6 sampai 9 bulan.

Itu dia lima hal yang bisa membuat tampilan tangan dan kulit tangan Anda terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya. Dengan mengetahui hal tersebut, diharapkan Anda bisa lebih peduli terhadap penampilan tangan dan anggota tubuh lainnya.

[NB/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓