Adakah Manfaat Sehat Mendengarkan Lagu Sedih?

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 20 May 2020, 20:00 WIB
Kata siapa mendengarkan lagu galau itu nggak ada gunanya? Malahan, setidaknya ada 7 manfaat yang dirasakan kalau Anda dengarkan lagu tersebut!
Adakah Manfaat Sehat Mendengarkan Lagu Sedih?

Klikdokter.com, Jakarta Selama ini, manfaat mendengarkan musik gembira yang up beat lebih sering dibahas ketimbang manfaat mendengarkan lagu sedih. Padahal, manfaat mendengarkan musik sedih dan mendengarkan lagu galau juga baik, lho, buat kesehatan mental kita!

1 of 2

Manfaat Mendengarkan Lagu Sedih Bagi Kesehatan

Mendengarkan berbagai genre dan tema lagu dijadikan opsi oleh banyak orang untuk mengisi waktu dan mendampingi aktivitas, baik saat menunggu, berkendara, dan lain sebagainya. Musik memang bisa mengusir kejenuhan dan menyentuh perasaan!

Nah, bicara soal perasaan dan lagu, ini tak akan jauh-jauh dari mendengarkan lagu galau. Ketika sedang merasa kelabu, baik itu karena masalah percintaan, keluarga, pekerjaan, atau apapun itu, sering kali kita senang mendengarkan lagu galau.

Sebagian besar orang mengaku, setelah mendengarkan musik sedih, perasaan mereka justru jadi lebih baik. Jadi, memang benar bahwa mendengarkan lagu galau ada manfaatnya! Adapun beberapa manfaat mendengarkan lagu sedih, antara lain:

Artikel Lainnya: Yuk, Tingkatkan Kecerdasan Anak lewat Alunan Musik

1. Menenangkan Hati dan Pikiran

Mendengarkan Lagu Sedih dapat Menenangkan Hati dan Pikiran
Mendengarkan Lagu Sedih dapat Menenangkan Hati dan Pikiran

Berbeda dengan pemikiran banyak orang yang menganggap bahwa mendengarkan lagu sedih dapat membuat seseorang menjadi tambah sedih bahkan depresi, ternyata, mendengarkan lagu sedih justru bikin perasaan jadi lebih tenang!

2. Meningkatkan Produksi Hormon Oksitosin dan Prolaktin

Manfaat lagu galau yang kedua adalah ini dapat membantu tubuh melepaskan lebih banyak hormon yang dapat memperbaiki mood seseorang menjadi lebih baik, yaitu hormon oksitosin dan prolaktin.

3. Bisa Merasakan Sensasi Nostalgia

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan, dengan mendengarkan musik sedih, kita dapat mengenang masa lalu (nostalgia).

Dengan bernostalgia, ingatan akan masa lalu yang menyenangkan serta kenangan indah yang pernah dimiliki dapat muncul kembali ke permukaan. Hal tersebut dapat mengatasi stres dan membantu Anda mengatasi masalah dan kesedihan yang dialami.

4. Belajar Memahami Sudut Pandang Lain

Belajar Memahami Sudut Pandang Lain dengan Mendengarkan Lagu Sedih
Belajar Memahami Sudut Pandang Lain dengan Mendengarkan Lagu Sedih

Manfaat lagu sedih selanjutnya adalah kita jadi bisa belajar memahami sudut pandang lain.

Terkadang, kita tidak sadar bahwa apa yang kita lakukan itu menyakiti orang lain. Nah, dengan musik tersebut, kita jadi tahu bahwa hal yang kita lakukan tidak tepat dan bisa menimbulkan luka di hatinya.

Ini pun bisa menjadi bekal kita untuk mengambil langkah dan keputusan di kemudian hari. Kita perlu menimbangkan banyak hal demi meminimalkan kerugian buat orang lain.

Artikel Lainnya: 4 Manfaat Mendengarkan Musik Klasik Selama Hamil

5. Meningkatkan Rasa Empati

Manfaat lagu sedih yang kelima adalah membantu kita dalam menumbuhkan sensitivitas dan empati kepada orang lain dan kondisi sekitar.

Jika sudah tumbuh empati, kita cenderung lebih semangat untuk berjuang, berkorban, dan berpikiran positif.

Hal ini membuat kita bisa keluar dari permasalahan diri sendiri secara damai. Plus-nya lagi, kita jadi terinspirasi untuk membantu orang yang membutuhkan pertolongan kita!

6. Dukungan Emosional buat Diri Sendiri

Ilustrasi Dukungan Emosional buat Diri Sendiri
Ilustrasi Dukungan Emosional buat Diri Sendiri

Terkadang, kita berada di posisi yang belum bisa menceritakan masalah pribadi kepada orang lain.

Untuk membunuh rasa sepi dan sendiri tersebut, kita bisa mendengarkan lagu galau. Dengan mendengarkannya, kita jadi merasa ada yang senasib dengan kita.

Lagi pula, berbagai studi telah menemukan bahwa lagu-lagu “pahit” justru bisa membantu menstabilkan mood karena memberikan dukungan moral, baik melalui lirik maupun nadanya yang mellow. Ini sekaligus menekankan bahwa sometimes, it’s okay not to be okay.

Artikel Lainnya: Mendengarkan Musik Baik untuk Otak, Ini Alasannya

7. Melepaskan Perasaan Negatif

Manfaat lagu galau dan menye-menye yang terakhir adalah ini mampu membantu Anda melepaskan perasaan dan energi negatif yang selama ini membebani pikiran.

Jika itu sudah dilepaskan, yang tersisa di dalam diri tinggal emosi positif, deh! Anda pun bisa melanjutkan hari dengan lebih ringan serta tidak mudah tersinggung lagi.

Itu dia berbagai manfaat mendengarkan lagu sedih yang bisa Anda peroleh. Jadi, pikir-pikir ulang, ya, bila sebelumnya Anda sempat menghakimi bahwa manfaat lagu sedih itu nol besar.

Menyeimbangkan diri dengan mendengar lagu mellow, lagu santai, dan lagu gembira akan membuat perasaan Anda lebih stabil dan sehat. 

Bila masih ada pertanyaan lainnya seputar kesehatan mental dan fisik, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan kami lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter. Terakhir, jangan lupa dengarkan musik hari ini, ya!

(AM/AYU)

Lanjutkan Membaca ↓