7 Cara Sehat untuk Menenangkan Diri dari Stres

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 18 Oct 2018, 11:00 WIB
Anda merasa terkungkung stres? Lepaskan diri Anda dari kondisi yang menyelimuti tersebut dengan melakukan cara-cara ini.
7 Cara Sehat untuk Menenangkan Diri dari Stres (Fizkes/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang bergelut dengan masalahnya masing-masing. Beberapa orang mempunyai upaya tersendiri untuk dapat keluar, sementara sisanya merasa cemas dan tertekan. Memiliki strategi untuk membuat diri Anda tenang, setidaknya untuk beberapa saat, sangatlah penting.

Hal ini membantu menghindarkan Anda dari berbagai perilaku yang merugikan, misalnya adu mulut dengan orang lain sebagai pelampiasan atau memilih rokok sebagai relaksasi. Dilansir Healthline, berikut ini lima cara sehat untuk menenangkan diri Anda saat merasa stres:

  1. Bernapas

Bernapas adalah teknik nomor satu dan paling efektif untuk meredakan kemarahan dan kecemasan dengan cepat. Saat merasa cemas atau marah, napas seseorang cenderung pendek dan tidak teratur. Mengambil napas yang panjang dan dalam akan mengendalikan respons stres “fight-or-flight” (bertempur-atau-lari) sehingga membuat Anda lebih tenang.

Ada berbagai teknik pernapasan untuk membantu Anda tenang. Salah satunya adalah dengan menarik napas dalam-dalam, kemudian mengembuskan sepenuhnya sambil memperhatikan reaksi tubuh.

  1. Tantang pikiran Anda

Ketika sedang cemas atau marah, seseorang biasanya memiliki pikiran yang tidak masuk akal dan sering kali kian merusak stabilitas dirinya. Jika mengalami hal ini, segera tanyakan kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apakah ini pikiran yang rasional?
  • Apakah ini pernah terjadi kepada saya sebelumnya?
  • Apa hal terburuk yang bisa terjadi? Bisakah saya mengatasinya?

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, sekarang saatnya untuk menyusun ulang

pikiran Anda. Jadi tetaplah tenang dengan mengalihkan fokus pada solusi, bukan penyebab kemarahan atau kecemasan Anda.

  1. Olahraga

Keluarkan emosi Anda dengan berolahraga. Anda dapat berjalan kaki sebentar atau berlari. Melakukan aktivitas fisik dapat memicu produksi serotonin yang membantu Anda tenang dan merasa lebih baik.

  1. Mendengarkan musik

Segeralah ambil headphone dan setel musik favorit Anda saat cemas melanda. Cara ini juga dapat mendamaikan kusut yang terasa di tubuh dan pikiran. Jika perlu, Anda dapat mendengarkan musik sambil berjalan-jalan sebentar ke luar.

  1. Relaksasi tubuh

Kecemasan atau kemarahan dapat menyebabkan rasa tegang di setiap otot tubuh. Melakukan latihan relaksasi otot progresif dapat membantu Anda menenangkan diri.

Caranya, berbaringlah di lantai dengan tangan yang berada di samping Anda. Pastikan kaki tidak disilangkan dan tangan tak mengepal. Mulai dari jari-jari kaki hingga kepala, cobalah untuk dilemaskan. Lepas segala ketegangan dan rasakan tubuh menjadi lebih relaks.

  1. Menulis

Jika merasa terlalu marah dan sedang tidak ingin berbicara, Anda bisa menumpahkan emosi Anda dengan menulis. Hal ini membantu mengeluarkan pikiran-pikiran negatif yang berkecamuk di kepala Anda. Jangan terlalu khawatir dengan struktur kalimatnya yang acak-acakan, tulislah saja! Selanjutnya, lakukan kegiatan lain yang bisa merelaksasi diri Anda.

  1. Isi tubuh dengan makanan

Teknik-teknik tersebut tidak akan berhasil jika tubuh Anda sedang lapar atau tak terhidrasi dengan baik. Karena itu penting untuk mengisi tubuh Anda dengan makanan, meskipun hanya camilan ringan.

Nah, sudahkah Anda merasa lebih tenang dengan cara-cara di atas? Lakukan juga upaya-upaya lain agar tak mudah merasa cemas atau marah, seperti istirahat cukup, makan sehat, minum air cukup, bersosialisasi dengan orang-orang positif, dan sebagainya. Jika sres yang membelenggu Anda tidak cukup ditangani dengan kiat-kiat di atas, ada baiknya untuk berkonsultasi ke psikolog untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

[RS/ RVS]