Hamil Muda seperti Meghan Markle? Hindari 5 Makanan Ini

Oleh Ayu Maharani pada 18 Oct 2018, 17:30 WIB
Agar kehamilan lancar tanpa ada gangguan penyakit, jauhi 5 makanan ini dari menu harian Anda.
Hamil Muda seperti Meghan Markle? Hindari 5 Makanan Ini (Liputan6)

Klikdokter.com, Jakarta Anda tengah hamil muda seperti Meghan Markle? Pertama-tama, selamat atas kehamilan Anda, ya. Tentunya ini momen yang sangat membahagiakan bagi Anda dan pasangan.

Nah, saat kehamilan trimester pertama ini, salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah asupan nutrisi supaya janin bisa berkembang maksimal. Termasuk menghindari makanan dan minuman yang bisa menurunkan kualitas kesehatan Anda dan kandungan.

Meski kurang lebih Anda sudah mengetahui makanan apa saja yang biasanya dianjurkan pada trimester pertama, misalnya susu dan ikan, tetapi susu dan ikan itu juga tidak boleh sembarangan! Pasalnya, kalau sampai salah makan ikan atau susu, itu bisa membahayakan kesehatan Anda dan kandungan.

Oleh sebab itu, simak 5 makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil muda berikut ini.

1. Ikan laut bermerkuri tinggi & ikan berlemak  

Seperti yang sudah dikatakan di atas, meski ikan katanya baik untuk ibu hamil, tetapi Anda tetap tidak boleh sembarangan dalam memilih. Pasalnya, ada ikan laut bermerkuri tinggi dan berlemak yang kurang baik untuk kesehatan ibu hamil – baik ibu hamil muda atau hamil tua.

Jenis ikan seperti hiu, marlin, todak, dan kerang-kerangan merupakan biota laut yang mengandung kadar merkuri tinggi. Jika ibu hamil tetap mengonsumsi ikan tersebut, janin dalam kandungan bisa mengalami kerusakan otak dan gangguan pertumbuhan.

Bagaimana dengan ikan salmon atau tuna? dr. Melyarna Putri dari KlikDokter mengatakan bahwa ibu hamil boleh-boleh saja mengonsumsi keduanya asalkan dimasak matang.

2. Susu mentah atau belum terpasteurisasi

Meski susu baik untuk ibu hamil dan kandungannya, tetapi susu atau produk olahan lainnya yang belum dipasteurisasi masih mengandung kuman bakteri yang berbahaya bagi janin. Maka, ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi susu mentah karena kuman bisa mengganggu perkembangan janin.

1 of 2

Selanjutnya

3. Kopi dan alkohol

Hamil Muda seperti Meghan Markle? Hindari 5 Makanan Ini (Weedezign/Shutterstock)
Hamil Muda seperti Meghan Markle? Hindari 5 Makanan Ini (Weedezign/Shutterstock)

Anda hamil muda dan masih bekerja di kantor? Tentu tidak mengapa. Tetapi hal tersebut menjadi hal yang kurang baik jika Anda tetap mengonsumsi kopi secara berlebihan untuk mendapatkan energi dan meningkatkan fokus saat bekerja. Ingat, jangan samakan kondisi Anda yang dulu belum hamil dengan sekarang.

Pasalnya, mengonsumsi kopi lebih dari 200 mg per hari bisa menyebabkan ibu hamil dehidrasi, mengacaukan denyut jantung, meningkatkan risiko keguguran, dan kelahiran prematur.

Begitu pula dengan alkohol. “Alkohol yang dikonsumsi selama kehamilan dapat meningkatkan risiko janin untuk mengalami cacat saat lahir, berat badan lahir rendah, lahir secara prematur, atau bahkan kematian.” jelas dr. Grace Valentine dari KlikDokter.

4. Makanan mentah atau setengah matang

Menyantap sashimi, sushi, daging steak, hingga telur setengah matang memang sangat menggugah selera. Meski begitu, Anda harus “istirahat” dulu untuk menyantap makanan tersebut karena makanan mentah atau setengah matang kurang baik untuk ibu hamil.

Makanan yang tidak diproses secara higienis dan tidak dimasak hingga matang kemungkinan besar mengandung berbagai bakteri dan virus berbahaya. Jika mikroorganisme tersebut masuk ke dalam tubuh, bisa mengancam keselamatan kandungan dan kesehatan ibu hamil. Jadi mulai sekarang, jika ingin makan steak, yang tingkat kematangannya well-done saja, ya!

5. Makanan atau minuman kemasan yang berpengawet

Daging olahan yang dikemas (kaleng atau plastik) dapat membawa bakteri listeria yang dapat menyebabkan penyakit listeriosis. Gejala dari penyakit tersebut ialah demam, sakit kepala, leher kaku, dan diare.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), listeriosis berbahaya bagi ibu yang tengah hamil muda karena bisa memicu keguguran, persalinan prematur, dan infeksi lainnya. Bila ingin sekali, lebih baik masak daging segar sendiri agar kebersihan dan tingkat kematangannya terjamin. Satu lagi, hindari pula minuman bersoda dan makanan cepat saji.

Nah, itulah kelima makanan yang wajib dihindari jika Anda sedang hamil muda seperti Meghan Markle. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Anda bisa mengonsumsi daun kenikir, stroberi, brokoli, bayam, zaitun, dan kacang almon. Karena jika ibunya kuat dan sehat, bayi yang dilahirkan pun pasti juga akan sehat!

[RS/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓