Insomnia Saat Hamil? Yuk, Lakukan Yoga!

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 22 Oct 2018, 12:21 WIB
Yoga sangat disarankan bagi para ibu hamil karena dapat membantu mengelola stres selama masa kehamilan, termasuk mengatasi insomnia.
Insomnia Saat Hamil? Yuk, Lakukan Yoga! (Syda Productions/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Tahukah Anda, bahwa yoga mampu memberikan segudang manfaat bagi kesehatan? Ya, aktivitas yang meliputi meditasi, pengaturan pernapasan, latihan fisik dan postur tubuh ini terbukti ampuh melatih kekuatan serta fleksibilitas otot. Bila dilakukan oleh ibu hamil, yoga dapat membantu ibu terhindar dari insomnia atau gangguan tidur.

Berbagai kebaikan yoga

Saat berenang atau joging, aspek ketahanan aerobik atau ketahanan jantung dan paru sangat dominan dilatih. Sedangkan pada yoga, yang menjadi aspek penting adalah kekuatan otot, ketahanan otot dan fleksibilitas atau kelenturan.

“Bukan berarti pada olahraga yoga aspek aerobik atau ketahanan jantung dan paru tidak dilatih, akan tetapi proporsi manfaatnya tidak terlalu besar karena aspek yang lebih dominan dilatih adalah otot,” jelas dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter.

Yoga terdiri dari berbagai jenis postur. Beberapa di antaranya yang cukup populer adalah asthanga, hatha, iyengar dan bikram yoga. Meskipun masing-masing jenis memiliki ciri tertentu, secara umum gerakan-gerakan tersebut memberikan manfaat yang sama.

Secara garis besar, manfaat olahraga yoga dapat dibagi menjadi manfaat fisiologis atau fisik dan manfaat psikologis atau mental. Bahkan, yoga juga berkhasiat mengatasi gangguan insomnia pada ibu hamil. Bagaimana bisa terjadi?

Cara yoga atasi insomnia pada ibu hamil

Seperti banyak wanita hamil, Meghan Markle selaku istri dari Pangeran Harry dilaporkan berjuang dengan insomnia di masa hamil muda saat ini.

Duchess of Sussex ini mengatakan bahwa calon bangsawan kecil di dalam perutnya kerap membuatnya terjaga di malam hari. Baru-baru ini, Meghan menemukan cara yang sehat untuk mengatasi gangguan tidur di awal kehamilannya, yaitu dengan yoga.

Diketahui bahwa banyak dokter mendorong wanita hamil untuk melakukan yoga prenatal. Karena penelitian menemukan bahwa aktivitas ini dapat membantu ibu hamil dalam menjaga tekanan darah, tingkat pertumbuhan janin yang lebih baik, hingga menenangkan pikiran yang berdampak pada tidur nyenyak.

Namun, ada jenis yoga tertentu yang melibatkan tekanan pada perut karena terdapat gerakan melompat, memutar, atau berbaring telentang. Khusus gerakan seperti ini, saat hamil Anda harus menghindarinya. Konsultasikan selalu dengan dokter Anda sebelum melakukan latihan apa pun di masa kehamilan.

Menurut survei, lebih dari 55 persen peserta yoga mengklaim bahwa aktivitas tersebut memberikan dampak positif pada kualitas tidur mereka. Yoga bekerja dengan mengirimkan sinyal pada tubuh untuk bersantai, sehingga tidur pun lebih nyenyak.

1 of 2

Tips melakukan yoga sebelum tidur pada ibu hamil

Tertidur adalah efek alami dari latihan yoga. Jika Anda ingin menambahkan yoga ke dalam rutinitas sebelum tidur, berdasarkan pemaparan dr. Citra Roseno kepada KlikDokter, begini aktivitas yoga yang cocok dilakukan untuk ibu hamil:

  1. Latihan pernapasan (pranayama)

Gerakan ini difokuskan pada menarik dan mengeluarkan napas secara dalam melalui hidung. Latihan ini dapat membantu mengatasi sesak napas pada kehamilan, serta membantu menghadapi kontraksi yang terjadi ketika persalinan.

  1. Peregangan

Gerakan ini meregangkan berbagai area tubuh, seperti leher dan lengan, hingga mencapai rentang gerak maksimal. Namun perlu diingat, hormon relaksin pada kehamilan akan membuat rahim membesar, serta turut meningkatkan elastisitas jaringan ikat. Oleh karena itu, hindari gerakan meregang yang berlebihan, karena risiko cedera juga akan ikut meningkat.

  1. Postur (asana)

Gerakan ini merupakan gerakan dalam berbagai postur berdiri, duduk, atau berbaring yang bertujuan untuk membangun kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan tubuh.

  1. Pendinginan dan relaksasi

Tujuan dari gerakan ini adalah untuk merelaksasi otot, mengembalikan denyut nadi dan irama napas saat beristirahat, membuat ibu lebih memahami tubuh dengan mendengarkan suara napas sendiri, merasakan sensasi tubuh, serta menenangkan pikiran dan emosi.

Bagi Anda para ibu hamil, ingin terhindar dari gangguan tidur seperti insomnia? Yuk, ikuti cara Meghan Markle untuk mengatasinya dengan melakukan yoga! Dengan tidur nyenyak, kesehatan kehamilan Anda akan lebih terjaga, perkembangan janin pun berjalan dengan optimal.

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓