Bersihkan Organ Paru dengan 6 Bahan Alami Ini

Oleh dr. Andika Widyatama pada 23 Oct 2018, 11:01 WIB
Beberapa bahan alami berikut ini dapat menyehatkan organ paru Anda. Bahan-bahan apa sajakah itu?
Bersihkan Organ Paru dengan 6 Bahan Alami Ini (Ranjith Ravindran/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Paru adalah salah satu organ vital di dalam tubuh yang berperan penting dalam sistem pernapasan. Bahan alami tertentu dinilai dapat membantu menjaga kesehatan organ paru.

Fungsi utama organ paru sendiri adalah untuk mengalirkan oksigen masuk ke dalam tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida dari dalam tubuh. Oksigen yang masuk ini diperlukan untuk berbagai proses metabolisme di setiap jaringan tubuh.

Masalah pada organ paru tentu akan mengganggu fungsi organ-organ tubuh secara keseluruhan. Oleh karena itu, sangat penting untuk senantiasa menjaga kesehatan organ paru Anda. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi beberapa bahan alami yang dipercaya dapat menyehatkan paru-paru.

Bahan alami untuk organ paru yang sehat

Apalagi organ paru termasuk dalam sistem pernapasan yang rentan terpapar dengan lingkungan luar tubuh. Untuk menjaga kesehatan organ paru, Anda bisa mulai dengan cara yang sederhana, yaitu menggunakan beberapa bahan alami berikut.

  1. Jahe

Jahe (Pilipphoto/Shutterstock)
Jahe (Pilipphoto/Shutterstock)

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jahe memberikan serangkaian manfaat bagi tubuh. Faktanya, jahe juga bisa membantu membersihkan organ paru.

Jahe mengandung zat antiradang yang dapat menyingkirkan racun dari dalam saluran pernapasan, termasuk paru. Selain itu, jahe membantu mengencerkan dahak, sehingga lebih mudah dikeluarkan dari saluran pernapasan.

Untuk mendapatkan manfaat-manfat tersebut, Anda dapat dengan mudah membuat sajian menggunakan jahe, seperti misalnya wedang jahe. Konsumsi jahe yang dianjurkan adalah tidak lebih dari 2 gram per hari. Lebih dari itu, akan timbul efek samping berupa nyeri ulu hati, rasa panas di dada akibat asam lambung naik, serta diare.

  1. Bawang putih

Bahan masakan satu ini bermanfaat mengurangi peradangan pada organ paru. Kemudian, zat allicin dalam bawang putih juga memiliki efek antibakteri, sehingga dapat membantu dalam mengatasi infeksi pada paru. Tak hanya itu, bawang putih terbukti memperbaiki gejala penyakit asma dan menurunkan risiko terjadinya kanker paru.

  1. Oregano

Oregano (Dionisvera/Shutterstock)
Oregano (Dionisvera/Shutterstock)

Kandungan carvacrol dan rosmarinic acid dalam oregano dipercaya dapat berfungsi sebagai dekongestan dan antihistamin. Dekongestan dan antihistamin berfungsi untuk meredakan proses peradangan pada saluran pernapasan, termasuk organ paru. Anda juga dapat mengonsumsi oregano dalam bentuk minyak organik oregano.

  1. Teh hijau (green tea)

Teh hijau atau juga populer disebut green tea diketahui mengandung antioksidan. Tidak hanya meningkatkan kesehatan jantung, antioksidan pada teh hijau dipercaya dapat membantu mencegah kanker paru. Salah satu kandungan di dalam teh hijau juga dipercaya membantu mengencerkan dahak di dalam paru dan bersifat sebagai antibakteri.

  1. Apel

Apel (Eugene Kovalchuk/Shutterstock)
Apel (Eugene Kovalchuk/Shutterstock)

Kandungan flavonoid, vitamin dan antioksidan (terutama vitamin C) di dalam buah apel dipercaya dapat membantu melindungi organ paru dari berbagai penyakit. Bahkan, pada suatu penelitian menemukan bahwa terdapat komponen apel yang dapat memperbaiki kerusakan jaringan paru akibat merokok.

  1. Kunyit

Sebagai salah satu tanaman rempah yang kerap digunakan untuk bumbu masak, kunyit juga dapat mengatasi peradangan di dalam tubuh dan beberapa penyakit infeksi lainnya.

Zat aktif kurkumin dalam kunyit sendiri diketahui merupakan antioksidan yang kuat, sehingga dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, kunyit juga diketahui memiliki manfaat lain bagi tubuh sebagai antibakteri, antiseptik, dan membantu menghindarkan Anda dari penyakit tumor. Dengan berbagai manfaat tersebut, konsumsi kunyit dapat membantu membersihkan organ paru dari berbagai kontaminan di lingkungan luar tubuh.

Menjaga kesehatan paru ternyata cukup mudah dilakukan. Sebab, berbagai bahan alami di atas juga tak sulit untuk didapatkan. Bahkan, Anda dapat memperoleh bahan-bahan tersebut dari menu santapan sehari-hari. Tapi ingat, atur asupan bahan-bahan di atas agar tidak berlebihan. Selain itu, untuk menjaga kesehatan organ paru, hindarkan diri Anda dari paparan asap rokok dan zat polutan lainnya.

[NP/ RVS]