search

Waspada, Polio Bisa Berdampak pada Kesehatan Gigi dan Mulut

Penyakit polio merupakan penyakit berbahaya dan juga bisa berdampak pada gigi. Ketahuilah dampak polio pada kesehatan gigi dan mulut di sini!
Waspada, Polio Bisa Berdampak pada Kesehatan Gigi dan Mulut

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit polio atau poliomyelitis merupakan suatu infeksi menular yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini menyebabkan peradangan pada sumsum tulang belakang dan kerusakan pada saraf motorik (saraf yang mengontrol gerakan otot). 

Bila virus tersebut sudah masuk ke dalam tubuh, kelumpuhan bahkan kematian bisa terjadi. Kelumpuhan biasanya muncul di kaki, tapi bisa juga terjadi di kepala, leher, dan juga diafragma.

Tak hanya sebatas itu, dampak polio juga dapat berefek pada kesehatan gigi dan mulut. Meski tidak ada hubungan secara langsung, gejala penyakit tersebut dapat memengaruhi kemampuan penderita dalam mengunyah makanan serta menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Beberapa dampak polio yang dapat memicu penyakit gigi dan rongga mulut adalah: 

1 dari 3

1. Radang Gusi

Radang Gusi
loading

Karena kelemahan otot yang terjadi pada bagian ekstremitas atas, penderita polio jadi kesulitan dalam menjaga kebersihan rongga mulut. Akibatnya, permasalahan radang gusi akan rentan muncul.

Kondisi ini bisa terjadi akibat adanya plak serta karang gigi yang menempel dan menumpuk di tepian gusi. Penyakit yang memiliki nama lain gingivitis ini ditandai dengan keluarnya darah saat menyikat gigi. 

Artikel lainnya: Kenali Ciri-ciri Anak Terkena Polio, Apa Saja?

2. Karies Gigi

Selain radang gusi, permasalahan yang dapat timbul akibat dampak polio adalah karies gigi atau gigi berlubang.

Karies adalah munculnya lubang pada gigi. Kondisi ini bisa terjadi akibat kebersihan gigi yang tidak terjaga dengan baik.

2 dari 3

3. Gigi Sensitif

Gigi Sensitif
loading

Dampak penyakit polio lainnya bagi kesehatan gigi dan mulut adalah gigi sensitif. Karies gigi yang terjadi berkelanjutan bisa menyebabkan gigi lebih sensitif.

Kondisi tersebut bisa menimbulkan gejala gigi ngilu, linu, dan terasa nyeri.

4. Bau Mulut

Tidak terjaganya kebersihan dan kesehatan mulut akan sangat rentan memicu bau mulut atau halitosis. 

Bau mulut juga dapat terjadi akibat gigi berlubang dan penumpukan karang gigi yang berkelanjutan.

Artikel lainnya: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Anak Vaksin Polio

Tak hanya itu, penderita polio juga memiliki respons yang berbeda terhadap anastesi umum maupun anastesi lokal dibandingkan dengan orang normal. Mereka pun mungkin memerlukan anastesi lokal lebih banyak daripada umumnya saat perawatan gigi.

Hal ini disebabkan oleh saraf motorik yang di rusak oleh virus tersebut. Pada penderita yang memiliki penyakit ini juga membutuhkan waktu proses pemulihan yang lebih lama. 

Sampai saat ini, masih belum ada obat atau teknik yang dapat mengatasi penyakit polio. Oleh karena itu, pencegahan adalah satu-satunya upaya yang bisa dilakukan untuk melawan penyakit tersebut. Salah satunya melalui vaksinasi polio.

Di samping vaksin, penerapan gaya hidup sehat juga penting untuk dilakukan. Utamakan untuk selalu mengonsumsi asupan sehat dan bergizi seimbang, berolahraga secara teratur, cukup istirahat, dan menjauhi rokok maupun alkohol. 

Tak ketinggalan, jaga selalu kebersihan serta kesehatan gigi dan mulut Anda. Kesehatan rongga mulut yang baik tentu akan memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Rutinlah menjaga kebersihan gigi dan mulut secara konsisten dan tepat. Sikatkah gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride. Apabila muncul keluhan di rongga mulut, jangan tunda untuk memeriksakannya ke dokter gigi.

Baca Juga

Lakukan juga pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut berkala setiap enam bulan sekali ke dokter gigi. Apabila ditemukan adanya penyakit gigi, dokter dapat mengatasinya sedini mungkin.

Jika Anda ingin berkonsultasi langsung dengan dokter gigi seputar masalah kesehatan gigi dan mulut, manfaatkan layanan Live Chat 24 Jam dari aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

ARTIKEL TERKAIT

Minum Alkohol Bisa Merusak Gigi dan Mulut, Ini Daftar Efek Buruknya

Info Sehat
17 Des

Isap Jempol atau Ngempeng, Mana Lebih Merusak Gigi Anak?

Info Sehat
16 Des

Penyakit Ini Bisa Menjadi Penyebab Sakit Gigi dan Mulut

Info Sehat
30 Nov

Cara Efektif untuk Memutihkan Gigi di Rumah

Info Sehat
24 Nov

Bolehkah Memberi MPASI bagi Bayi yang Belum Tumbuh Gigi?

Info Sehat
24 Nov

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat