search

Berbagai Kebiasaan Sebelum Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Ada kebiasaan sebelum tidur yang ternyata baik untuk kesehatan Anda. Apa saja kebiasaan baik sebelum tidur yang sebaiknya dilakukan? Ini lengkapnya.
Berbagai Kebiasaan Sebelum Tidur yang Baik untuk Kesehatan

Klikdokter.com, Jakarta Tidur adalah cara paling tepat untuk melampiaskan rasa lelah setelah seharian melakukan aktivitas. Namun, tak jarang sebagian dari kita justru mengalami kesulitan tidur dari waktu ke waktu dan hal ini bisa menjadi masalah yang semakin menghantui.

Selain membuat lelah dan murung, kurang tidur dapat berdampak serius terhadap kesehatan Anda, misalnya meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Sebelum merebahkan diri ke tempat tidur dan beristirahat, Anda sebaiknya pergi ke kamar mandi untuk mencuci wajah dan kaki, serta menyikat gigi. Hal itu bertujuan agar pertumbuhan bakteri yang bisa mengganggu kesehatan dapat dihalau.

Selain beberapa hal tersebut, tahukah Anda bahwa terdapat kebiasaan positif sebelum tidur yang bisa membuat Anda lebih cepat tertidur dan baik untuk kesehatan? Berikut beberapa kebiasaan baik yang dapat Anda lakukan sebelum tidur.

1. Berkumur dengan Cairan Pembersih Mulut

Menurut para ahli, menggunakan obat kumur antiseptik atau yang mengandung fluoride (fluorida) dapat membantu memaksimalkan kebersihan gigi dan mulut. Anda dapat berkumur dengan cairan pembersih mulut setelah menyikat gigi di malam hari.

Pasalnya, larutan tersebut mampu mengurangi bakteri dan plak di mulut sehingga membantu proses remineralisasi email gigi. Berkumur dengan larutan antiseptik juga bisa meredakan gejala gigi sensitif, lho!

Artikel Lainnya: Jangan Sepelekan Sikat Gigi di Malam Hari bagi Kesehatan Gigi dan Mulut

1 dari 4

2. Mandi

Mandi
loading

Menurut para ilmuwan, suhu tubuh sangat penting untuk mengatur pola tidur. Mandi di malam hari dapat membantu proses agar suhu tubuh menjadi lebih nyaman sebelum tidur. 

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa menggunakan air hangat yang disebut-sebut memiliki efek powering-down. Efek powering-down bisa membantu Anda merasa rileks saat merangkak di antara seprai tempat tidur, serta meningkatkan kualitas tidur Anda.

3. Meditasi

Tenangkan pikiran Anda dengan melakukan meditasi sebelum tidur. Latihan ini memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk mewujudkan tidur yang lebih nyenyak. 

Cobalah melafalkan beberapa mantra atau doa sebelum tidur di malam hari dan Anda akan menuai manfaatnya keesokan harinya.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Masih lapar sebelum tidur? Lebih baik ganti keinginan Anda untuk menyantap kudapan manis atau gurih dengan makan kacang almond, yoghurt, buah-buahan, atau telur rebus.

Pastikan untuk menghindari makanan yang mengandung pati dan gula, karena keduanya bisa meningkatkan kadar insulin sehingga tidur menjadi lebih gelisah. Selain itu, hindari pula mengonsumsi makanan yang terlalu berminyak dan berlemak karena bisa membuat perut melilit dan penuh gas sebelum tidur.

Artikel Lainnya: Tak Disangka, Ini Manfaat Makan Malam Sebelum Tidur

2 dari 4

5. Konsumsi Air Putih dan Hindari Alkohol atau Kafein

Konsumsi Air Putih dan Hindari Alkohol atau Kafein
loading

Penelitian menunjukkan bahwa alkohol dapat mengganggu neurotransmitter di otak yang mengatur siklus tidur. Tak hanya itu, hindari mengonsumsi minuman atau makanan berkafein seperti kopi dan cokelat hitam. Anda dianjurkan mengonsumsi kafein paling lambat pukul dua siang. 

Sebab, secangkir kopi yang Anda minum saat pagi hari masih menyisakan 25 persen kafein di dalam tubuh. Cobalah menukar minuman beralkohol dan kafein dengan segelas air putih. Anda akan bangun dengan asupan cairan yang cukup dan tidur malam jadi lebih nyenyak.

Artikel Lainnya: Agar Lebih Nyenyak, Lakukan Peregangan Ini Sebelum Tidur

6. Lakukan Yoga Sederhana

Duduk seharian di kantor dan di kendaraan saat perjalanan pergi dan pulang membuat pinggul maupun paha belakang menjadi tegang. Oleh sebab itu, lakukanlah beberapa gerakan yoga sederhana, misalnya supine hamstring pose dan figure pose.

Ketika melakukan yoga, jangan lupa mengatur napas dalam dengan menggunakan hidung, bukan mulut. Lakukan masing-masing gerakan tersebut selama 2 menit untuk meregangkan dan membuat tubuh serta pikiran rileks sebelum tidur.

7. Mengonsumsi Probiotik

Keseimbangan bakteri dalam usus sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan saluran pencernaan. Oleh karena itu, konsumsilah probiotik yang berupa minuman atau suplemen. Konsumsi probiotik sebelum tidur berguna untuk mencegah obesitas dan kanker usus.

Menurut para ahli, probiotik bekerja optimal saat perut sedang tidak dalam keadaan kenyang atau tidak dipenuhi makanan. Alhasil, kinerja probiotik untuk memelihara bakteri baik di dalam usus tidak mengganggu enzim pencernaan.

Artikel Lainnya: Kebiasaan Baik Sebelum Tidur untuk Turunkan Berat Badan

3 dari 4

8. Minum Air Lemon Hangat

Minum Air Lemon Hangat
loading

Tingkat pH di dalam tubuh Anda perlu diseimbangkan. Malam hari adalah waktu yang tepat untuk melakukannya. Maka itu, minumlah secangkir air lemon hangat untuk membantu menciptakan alkalinitas dalam tubuh.

Meski sebelum dicerna air lemon itu bersifat asam, tetapi sesudah masuk ke dalam proses metabolisme, air lemon akan memiliki efek alkali. Jika pH di dalam tubuh seimbang, Anda pun menjadi tak mudah terserang berbagai macam jenis penyakit.

9. Menetapkan Tidur di Waktu yang Sama dengan Durasi Cukup

Perlu diketahui bahwa kesehatan jangka panjang bergantung kepada regenerasi sel yang terjadi selama Anda tertidur nyenyak.

Saat tidur, ada hormon-hormon disekresi yang bekerja merangsang fungsi-fungsi tubuh penting. Hormon tersebut dapat bekerja membersihkan organ hati, membentuk otot, memperbarui jaringan tubuh, memecah simpanan lemak, dan menormalkan kadar gula darah. 

Jadi, agar keseluruhan proses tersebut berjalan optimal, Anda wajib bangun dan tidur di waktu yang sama setiap hari. The National Sleep Foundation merekomendasikan Anda untuk tidur selama 7-9 jam per malam.

Artikel Lainnya: Cara Memperbaiki Pola Tidur yang Berantakan

10. Menghindari Gadget

Menatap layar gawai atau gadget sebelum tidur adalah sebuah kebiasaan yang kerap dilakukan hampir sebagian besar orang. Menurut studi, cahaya biru yang dipancarkan dari ponsel, laptop, dan televisi dapat mengganggu siklus tidur. 

Bahkan, hanya beberapa menit memantau linimasa Instagram saja sudah dapat mengganggu siklus tidur Anda.

Baca Juga

Itu dia beberapa kebiasaan sebelum tidur yang bisa Anda terapkan. Kebiasan tersebut akan membuat tidur Anda lebih berkualitas dan terbangun dalam kondisi yang bugar. Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter

(OVI/JKT)

KONSULTASI LEBIH LANJUT

avatar

dr. Dhika Arifa

Dokter Umum
wallet
Rp. 20.000

ARTIKEL TERKAIT

Mengintip Manfaat di Balik Kebiasaan Tidur Tanpa Busana

Info Sehat
10 Mar

Badan Lemas Seharian? Mungkin Anda Kebanyakan Tidur!

Info Sehat
17 Feb

Tips agar Merasa Segar Saat Bangun Pagi

Info Sehat
09 Feb

Dampak Buruk Akibat Keseringan Tidur di Sofa

Info Sehat
07 Feb

Tanda-tanda Tidur Anda Kurang Nyenyak

Info Sehat
25 Jan

REAKSI ANDA

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk
livechat