Kehujanan Saat Car Free Day, Waspada 3 Penyakit Ini

Oleh Ayu Maharani pada 28 Oct 2018, 06:00 WIB
Sedang berolahraga di car free day lalu Anda kehujanan karena mendadak turun hujan? Segera berteduh kalau tak ingin terserang penyakit ini.
Kehujanan Saat Car Free Day, Waspada 3 Penyakit Ini (Halfpoint/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Bagi sebagian masyarakat – mungkin termasuk Anda – berolahraga saat car free day (CFD) sudah menjadi rutinitas setiap hari Minggu. Tak jarang, meski mendung sudah menandakan bahwa sebentar lagi akan turun hujan, Anda tetap tak mengurungkan diri untuk pergi ke CFD. Namun, jika hujan makin deras, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk melanjutkan aktivitas karena bisa-bisa Anda kehujanan dan malah terserang penyakit!

Mengapa tubuh lebih mudah sakit saat hujan turun?

Meski penyakit sebenarnya bisa datang kapan saja dan tak melulu saat hujan, tapi biasanya tubuh akan melemah saat hujan tiba. “Ada beberapa alasan mengapa tubuh Anda mudah sakit saat musim hujan, di antaranya karena ada perubahan suhu yang ekstrem dan penyebaran virus atau bakteri yang lebih cepat.” jelas dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter.

Perubahan suhu yang relatif ekstrem dari panas ke dingin, menuntut tubuh untuk terus beradaptasi sehingga secara tidak langsung melemahkan daya tahan tubuh. Dan di sisi lain, virus dan bakteri akan lebih mudah tersebar dalam kondisi lembap.

“Kondisi tersebut dapat diperparah dengan kebiasaan berdiam diri di dalam ruangan sehingga semakin membuat fenomena “ping pong” mudah terjadi, yaitu penularan penyakit dari satu orang ke orang lain secara cepat dan berulang,” tambah dr. Sepriani.

Penyakit ini bisa menyerang jika Anda kehujanan

Sejumlah penyakit yang biasanya dijumpai saat hujan turun adalah sebagai berikut:

  1. Selesma dan influenza

Jika Anda sering kehujanan, biasanya dua penyakit yang mendatangi Anda pertama kali adalah selesma dan influenza. Keduanya memiliki gejala yang sama, tetapi disebabkan oleh dua virus yang berbeda.

“Selesma disebabkan oleh rhinovirus, sedangkan influenza disebabkan oleh virus influenza tipe A, tipe B, ataupun tipe C.” kata dr. Jessica Florencia dari KlikDokter. Saat daya tahan tubuh melemah dan suhu tubuh terlalu rendah (kedinginan), kedua penyakit tersebut akan menimbulkan gejala yang semakin parah.

  1. Diare

Tak cuma karena kebanyakan makan sambal, diare juga sering dijumpai jika musim hujan tiba. Meski banyak yang menganggap remeh penyakit yang satu ini, diare bisa berujung kematian jika tidak tertangani dengan cepat, khususnya pada anak-anak.

Pasalnya, orang yang diare akan banyak mengeluarkan cairan. Jika cairan yang keluar itu tidak segera diganti dan bakteri penyebab diarenya tidak segera dibunuh, orang itu bisa kehilangan kesadaran dan akhirnya meninggal karena kehabisan cairan (dehidrasi)!  

  1. Penyakit kaki, tangan, dan mulut

Penyakit kaki, tangan, dan mulut (hand-foot-mouth disease) lebih dikenal sebagai flu Singapura. Mungkin penyakit ini masih asing untuk Anda, tetapi sama seperti influenza, ia bisa ditularkan melalui batuk dan bersin. Tak hanya itu, tangan yang kotor, terutama tangan yang berkontak dengan feses dan tidak segera mencuci tangan, juga bisa menularkan hal penyakit ini.

“Gejalanya berupa bercak yang terasa nyeri pada mulut, tangan, kaki, dan terkadang pada daerah bokong dan tungkai bawah,” kata dr. Jessica.

Jika saat car free day sudah muncul tanda-tanda akan hujan deras, lebih baik jangan memaksakan diri, ya! Daripada Anda kehujanan dan jatuh sakit, kan? Lakukan juga pencegahan penyakit dengan minum vitamin C, rajin mencuci tangan, menerapkan etika batuk bersin yang benar (menutup hidung/mulut dengan lipatan siku atau lengan), tidak jajan sembarangan, serta selalu membawa payung atau jas hujan, dan mengonsumsi asupan bergizi.

[RS/ RVS]