Usir Penyakit di Musim Hujan dengan Bawang Putih

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 30 Oct 2018, 12:55 WIB
Musim hujan datang, saatnya Anda bersiap menghadapi berbagai jenis penyakit yang mungkin menyerang. Bawang putih bisa jadi solusi.
Usir Penyakit di Musim Hujan dengan Bawang Putih (Pop Nukoonrat/123rf)

Klikdokter.com, Jakarta Setiap musim hujan, penyakit akan lebih mudah menyerang. Udara lembap dan genangan air menjadi media perkembangan virus dan bakteri yang bisa membuat Anda mudah sakit, terutama bila tubuh sedang tidak fit. Ada beragam cara untuk mengatasi kondisi, salah satunya adalah dengan mengonsumsi bawang putih

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, penyakit-penyakit yang sering muncul di musim hujan di antaranya adalah diare, batuk, dan pilek. Tak hanya itu, ada pula penyakit yang cukup berat seperti leptospirosis.

“Pada dasarnya, penyakit dapat terjadi kapan saja. Namun, saat musim hujan, munculnya penyakit-penyakit tersebut mengalami peningkatan. Selain karena penularannya yang lebih cepat dalam kondisi lembap, tubuh manusia juga cenderung lebih mudah sakit saat musim hujan,” ujar dr. Sepri.

Lalu, seberapa efektif bawang putih untuk menangkal beragam penyakit yang muncul di musim hujan? Pada dasarnya bumbu dapur ini berkhasiat untuk tubuh. Itu sebabnya sejak zaman dahulu, bawang putih banyak digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti batuk, pilek, demam, hipertensi, atau penyakit jantung.

Berbagai khasiat bawang putih

Dilansir dari Healthline.com, bawang putih dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL). Bagi mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi, suplemen bawang putih dapat mengurangi kadar kolesterol total LDL sekitar 10 sampai 15 persen. Bawang putih tampaknya memang berkhasiat menurunkan LDL tetapi tidak memiliki efek negative pada kolesterol baik (HDL).

Selain itu, tingkat trigliserida yang tinggi merupakan faktor risiko lain yang dapat memicu penyakit jantung. Dan bawang putih tampaknya tidak memberikan efek yang signifikan pada trigliserida.

Bawang putih kerap dianggap sebagai makanan yang membuat panjang umur. Meski hal ini dipertanyakan, namun mengingat efek positif bawang putih pada tekanan darah, masuk akal bila bumbu dapur ini dapat membantu seseorang hidup lebih lama.

Fakta bahwa bawang putih dapat melawan penyakit infeksi juga merupakan faktor penting. Infeksi merupakan penyebab tersering kematian, terutama pada orang tua atau orang yang sistem kekebalan tubuhnya tidak bekerja dengan baik.

Dikaitkan dengan infeksi dan sejumlah kondisi kesehatan lain, cukup logis bila bawang putih dilabeli sebagai asupan yang dapat menyelamatkan diri Anda saat penyakit musim hujan datang.

“Berdasarkan studi yang dipublikasikan oleh American Family Physician, konsumsi rutin bawang putih dapat mengurangi mencegah penyakit influenza,” kata dr. Nadia Octavia dari KlikDokter.

 

1 of 2

Manfaat lain bawang putih bagi kesehatan tubuh

Selain berbagai hal di atas, bawang putih ternyata juga memiliki berbagai manfaat lainnya. Berikut ini adalah di antaranya:

  1. Suplemen terbaik untuk kemampuan atletik

Bawang putih dapat meningkatkan stamina tubuh, khususnya bila dimanfaatkan untuk kemampuan atletik. Secara tradisional, bawang putih digunakan dalam budaya kuno untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan kapasitas fisik seseorang.

Penelitian pada hewan pengerat menunjukkan bahwa bawang putih membantu mendukung aktivitas olahraga. Meski demikian, studi yang dilakukan pada manusia masih sangat sedikit. Penelitian lain menunjukkan bahwa kelelahan yang disebabkan oleh latihan saat berolahraga ternyata dapat dikurangi dengan bawang putih.

  1. Mencegah penyakit jantung dan diabetes

Bawang putih juga berkhasiat melindungi penderita diabetes dari kardiomiopati atau penyakit kronis pada otot jantung. Fakta tersebut didapat dari riset yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry.

“Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa diallyl trisulfide, yang merupakan komponen dalam minyak bawang putih, dapat menyehatkan jantung,” tutur dr. Nadia.

  1. Mengatasi radang sendi

Penelitian terkini yang dilakukan di King's College London dan University of East Anglia menyebutkan, wanita yang rutin mengonsumsi bawang putih dalam menu hariannya mengalami penurunan risiko osteoartritis, yakni peradangan sendi yang umumnya berkaitan dengan penuaan.

Nyatanya, bawang putih memang menyimpan berbagai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Karena musim hujan telah datang, alangkah baiknya jika Anda juga mengonsumsi bawang putih demi menangkal tubuh dari berbagai penyakit!

[NP/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓