Manfaat Bermain Musik untuk Kemampuan Bicara Anak

Oleh Novita Permatasari pada 01 Nov 2018, 15:20 WIB
Anak-anak usia prasekolah bisa mengalami keterlambatan kemampuan bicara. Namun, Anda tak perlu cemas. Bermain musik bisa jadi solusinya.
Manfaat Bermain Musik untuk Kemampuan Bicara Anak (Sergey-Novikov/123rf)

Klikdokter.com, Jakarta Berdasarkan data dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), keterlambatan bicara anak dialami oleh 5-8 persen anak usia prasekolah. Proses tumbuh kembang anak bisa berbeda-beda sesuai dengan tipe kecerdasan yang dominan dimilikinya, apakah visual, auditory, atau kinestetik. Jadi, Anda tak perlu buru-buru merasa stres saat menemui si Kecil terlambat bicara dibanding teman-temannya. Untuk menstimulasi kemampuan bicara anak, Anda bisa mengajaknya bermain musik.

Di Indonesia sendiri tercatat gangguan bicara dan bahasa pada anak menempati urutan pertama bentuk gangguan tumbuh kembang anak. Hal ini disebutkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada 7 rumah sakit di Jawa Barat pada 2007.

Angka gangguan bicara tersebut sebanyak 30 persen dialami anak-anak di daerah pedesaan dan 19 persen di daerah perkotaan. Salah satu penyebabnya adalah pola asuh anak yang kurang mendapatkan stimulasi berbicara. Akibatnya, anak menjadi terlambat bicara.

Oleh sebab itu, diperlukan peran aktif orang tua untuk mendukung kelancaran bicara si Kecil. Salah satu cara yang bisa diterapkan untuk menstimulasi kecerdasan linguistik atau kecerdasan berbahasa anak adalah dengan bermain musik.

Musik dan kecerdasan berbahasa anak

Dilansir dari situs kesehatan ibu dan anak Babyologist, sebuah penelitian di Jerman pada 2010 yang dilakukan oleh Lucy Wyndham, menyatakan bahwa terapi musik dapat membantu mendukung kemampuan anak dalam berbicara.

Hal ini bisa terjadi karena dengan bermain musik, rasa percaya diri anak akan meningkat, sehingga ia tak malu untuk mengungkapkan sesuatu. Lewat hal ini, keterampilan berkpomunikasi anak pun semakin terasah.

Penelitian yang dilakukan oleh Wyndham tersebut menemukan bahwa anak yang mendengarkan musik menunjukkan hasil perkembangan yang lebih cepat daripada anak yang tidak mendapatkan terapi musik.

“Irama musik mampu membantu anak dalam mencocokkan kata-kata dengan ketukan, sehingga anak lebih mudah dalam mempelajari kata demi kata,” jelasnya.

Manfaat luar biasa dari musik untuk perkembangan bahasa anak pun juga diamini oleh Reyna Gordon dari Departemen Otolaryngology di Vanderbilt University Medical Center. Gordon juga mempelajari hubungan antara ritme pada musik dan tata Bahasa, bagaimana ritme dan memainkan alat musik dapat membantu mengembangkan kemampuan berbahasa anak.

Meski terapi musik sangat baik untuk memancing kecerdasan berbahasa anak, Anda perlu tahu bahwa tidak semua jenis musik bisa digunakan dalam terapi ini. Berdasarkan penelitian Wyndham, musik yang digunakan harus yang bernada sederhana dan memiliki lirik yang pendek, sehingga mudah diingat dan dinyanyikan ulang.

Pentingnya peran aktif orang tua

Dengan berbagai manfaat di atas, kini saatnya Anda sebagai orang tua untuk menerapkan kebiasaan bermain atau mendengarkan musik pada anak. Untuk menstimulasi kemampuan bicara si Kecil, Anda bisa mulai membiasakan diri sesering mungkin menyanyikan lagu anak untuk si Kecil.

Misalnya saja saat memandikan anak, Anda bisa sambil menyanyikan nursery rhymes yang sering didengar oleh si Kecil. Selain itu, mendendangkan lagu bernada lembut sebelum tidur juga bisa mulai Anda lakukan secara rutin.

Menurut Sally Goddard Blythe, seorang konsultan Pendidikan dari Institute for Neuro-Physiological Psychology, menyanyikan lagu pengantar tidur adalah cara efektif untuk memicu anak berbicara. Blythe percaya bahwa bernyanyi secara langsung lebih memberikan efek daripada memperdengarkan musik dari pemutar musik.

“Anak akan lebih responsif ketika musik atau lagu yang keluar berasal dari orang tuanya. Jadi, bernyanyi bersama dengan orang tua tetaplah cara yang terbaik untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi anak,” tegasnya.

Faktanya, bermain musik atau menyanyikan lagu memang terbukti sangat efektif untuk menstimulasi kemampuan bicara anak. Jadi, bila Anda ingin si Kecil cepat berbicara atau kosakatanya bertambah, sering-seringlah mengajaknya bernyanyi atau bermain alat musik sederhana seperti mini piano atau mini organ. Karena peran aktif orang tua adalah kunci kecerdasan anak. Baca artikel bertema sejenis di sini.

[RVS]