9 Makanan Ini Ampuh Usir Bau Mulut

Oleh Krisna Octavianus Dwiputra pada 03 Nov 2018, 12:00 WIB
Bau mulut? Itu tentu sangat mengganggu dan membuat tidak percaya diri. Berikut deretan makanan yang ampuh mengusirnya.
9 Makanan Ini Ampuh Usir Bau Mulut (Дмитрий Мельников/123rf)

Klikdokter.com, Jakarta Untuk mengatasi bau mulut, atau bahasa medisnya halitosis, Anda harus benar-benar memilih makanan yang baik. Pasalnya jika sembarangan mengonsumsi makanan, hal itu justru bisa membuat mulut makin bau. Tapi tenang, ada beberapa makanan yang dapat membantu mengusir bau mulut.  

Bawang bombai dan bawang putih adalah penyebab bau mulut yang paling umum dan paling terkenal. Saat Anda mengonsumsi bawang bombai dan bawang putih, minyak berbau tajam yang Anda makan terbawa melalui aliran darah ke paru-paru. Ketika Anda mengembuskan napas, sisa-sisa makanan yang tajam itu juga ikut diembuskan.

Untungnya, sama seperti makan makanan tertentu dapat menyebabkan napas Anda menjadi tidak menyenangkan, makanan lain dapat membantu menutupi bau mulut. Meski hanya untuk sementara waktu.

Berikut makanan-makanan yang dapat mengusir bau mulut Anda:

  1. Peterseli

Peterseli adalah salah satu makanan yang paling terkenal sebagai obat bau mulut. Kandungan minyaknya sangat ampuh mengusir bau. Demikian juga dengan spearmint dan kayu manis.

  1. Teh hijau

Teh hijau mengandung katekin, antioksidan kuat yang dapat menangkis bakteri.

  1. Yoghurt

Yoghurt (liv Friis larsen/123rf)
Yoghurt (liv Friis larsen/123rf)

Menurut Gerald P. Curatola, seorang ahli kesehatan mulut di New York University College of Dentistry, senyawa aktif yang hidup dalam yoghurt membantu mengurangi bau mulut. Ini karena yoghurt memiliki probiotik (bakteri baik), yang dapat mengalahkan bakteri busuk di dalam mulut.

  1. Apel dan pir

"Buah-buahan membantu produksi air liur, yang penting untuk memberi nutrisi dan menyeimbangkan kembali ekologi di dalam mulut secara alami," kata Curatola.

  1. Jeruk, melon, dan beri

Buah-buahan ini kaya akan vitamin C. Vitamin C tidak hanya membantu menghilangkan bau mulut, tetapi juga memerangi penyakit gusi dan gingivitis.

  1. Seledri, wortel, dan mentimun

Tipe sayuran di atas mendorong produksi air liur, yang merupakan agen pembilas bakteri.

  1. Almon dan kacang lainnya

Almon (Cokemomo/123rf)
Almon (Cokemomo/123rf)

Cara mereka bekerja sama seperti buah dan sayuran. "Kandungan buah, sayuran, dan kacang-kacangan yang kaya serat bertindak seperti 'sikat gigi kecil' pada gigi dan telah terbukti menjaga bakteri penyebab bau akibat pewarnaan gigi," kata Curatola.

  1. Permen karet tanpa gula

Ini tidak hanya menutupi bau tetapi juga meningkatkan produksi air liur, yang membantu membilas mulut Anda dari plak dan bakteri berbahaya.

  1. Permen penyegar napas

Sama seperti peterseli atau ramuan herbal lainnya, permen penyegar napas akan menutupi bau mulut setidaknya untuk sementara.

Pastikan permen karet dan penyegar napas yang Anda pilih tidak mengandung gula. Gula menciptakan plak, dan Anda hanya menambah masalah jika mengunyah yang manis-manis.

Selain sembilan makanan di atas, salah satu yang ampuh untuk mengusir bau mulut adalah dengan banyak meminum air putih.

Makanan yang disebutkan di atas benar-benar hanya solusi sementara untuk masalah bau mulut. Yang terpenting, praktikkan kebersihan mulut yang baik.  Sikat gigi Anda setidaknya 2 kali sehari, dan setiap menyikat gigi lakukan selama 2 menit. Pastikan juga untuk menyikat lidah Anda karena di situlah bakteri penyebab bau mulut hidup, terutama pada malam hari ketika mulut Anda kering.

Jika bau mulut tetap ada meskipun Anda sudah menempuh cara-cara di atas, segera konsultasikan dengan dokter. Itu bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan yang lain.

[RS/ RVS]