Kenali Penyakit Lambung yang Merenggut Jiwa Pretty Asmara

Oleh dr. Fiona Amelia MPH pada 04 Nov 2018, 15:41 WIB
Inilah kemungkinan penyakit lambung yang merenggut nyawa komedian Pretty Asmara. Penting untuk mengenalinya, agar Anda bisa mencegahnya.
Kenali Penyakit Lambung yang Merenggut Jiwa Pretty Asmara (santosh-chavan/123rf)

Klikdokter.com, Jakarta Dunia hiburan kembali berduka. Minggu pagi (4/11) sekitar pukul 06.00 WIB, komedian Pretty Asmara dikabarkan meninggal di Rumah Sakit Pengayoman, Jakarta Timur. Menurut keterangan kuasa hukumnya, Pretty telah dirawat di rumah sakit sejak bulan Agustus lalu akibat penyakit lambung. Berat badannya pun turun drastis, hingga 30 kilogram.

Dalam dunia medis, penyakit lambung biasanya digolongkan berdasarkan penyebabnya. Penyakit umum yang paling umum yakni gastroesophageal reflux disease (GERD) dan radang lambung (gastritis) atau perlukaan pada lambung (ulkus lambung), sedangkan yang lebih jarang yakni polip lambung, kelumpuhan lambung, dan kanker lambung.

Penyakit lambung juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti konsumsi alkohol yang berlebihan. Bisa juga merupakan komplikasi dari penyakit lain yang mendasari seperti diabetes, sirosis hepatis, atau gagal ginjal.

Keluhan akibat penyakit lambung

Keluhan-keluhan yang muncul dapat menunjukkan berat ringannya penyakit lambung serta kemungkinan akar penyebabnya. Keluhan yang umum dan ringan umumnya berupa nyeri ulu hati, mual, muntah, rasa kembung, sering beserdawa, dan rasa begah atau cepat kenyang. Biasanya, keluhan-keluhan ini didapatkan pada penyakit lambung yang bersifat akut seperti GERD atau gastritis (mag).

Satu hal yang membedakan adalah GERD memiliki gejala khas, yaitu rasa terbakar atau panas di dada akibat rasa lambung yang naik ke kerongkongan. Terkadang, asam lambung naik hingga ke rongga mulut, sehingga lidah bagian belakang terasa asam atau pahit.

Pada penyakit lambung yang kronis, keluhan bisa lebih berat. Keluhan dapat berupa muntah darah akibat perlukaan dan perdarahan lambung, kelemahan tubuh yang semakin memberat, penurunan berat badan, hingga kurang darah (anemia). Kondisi-kondisi ini umumnya ditemukan pada penyakit lambung yang bersifat kronis maupun sebagai akibat dari penyakit lain.

Pada kasus mendiang Pretty Asmara, tampaknya penyakit lambung yang diderita bersifat kronis. Namun, masih perlu dikonfirmasi apakah ini merupakan penyakit utama atau komplikasi dari penyakit lain yang muncul lebih dahulu. Sebab, berdasarkan pemberitaan media, diketahui pula bahwa sang komedian ini memiliki kondisi medis lain yaitu anemia berat dan gangguan fungsi hati.

Untuk menentukan penyebab pastinya, maka perlu diketahui dengan jelas perjalanan penyakitnya sejak awal serta hasil berbagai pemeriksaan organ terkait.

Pada penyakit lambung yang kronis, umumnya diperlukan pemeriksaan seperti endoskopi dan biopsi lambung, serta studi untuk melihat motilitas (gerakan) lambung. Pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah dan CT scan perut juga diperlukan untuk melihat kemungkinan organ-organ di luar lambung sebagai penyebabnya.

Perlukah khawatir bila sakit lambung?

Mungkin Anda sudah berpikir macam-macam saat keluhan penyakit lambung muncul. Namun, secara garis besar penyakit lambung yang bersifat akut umumnya tidak disebabkan oleh sesuatu yang serius atau berbahaya.

Meski demikian, ada kemungkinan kondisi tersebut memerlukan pengobatan jangka panjang serta modifikasi gaya hidup dan pola makan agar tidak kambuh.

Sejatinya, penyakit lambung jarang yang bersifat mematikan. Meski sering kali tidak serius, penyebab penyakit lambung sangatlah beragam sehingga perlu dievaluasi lebih jauh, khususnya bila keluhan cenderung berulang.

Belajar dari kasus sakit yang dialami Pretty Asmara, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter bila Anda mengalami gangguan lambung. Sebaiknya hindari pula mengobati sendiri tanpa meminta saran dokter. Ini hanya akan memperburuk kondisi yang sudah ada akibat pengobatan yang tidak tepat dan keterlambatan dalam mengobati penyakit yang sesungguhnya.

[RN/ RVS]