Kenali Manfaat Astragalus untuk Kesehatan

Salah satu tanaman herbal yang berkhasiat untuk kesehatan adalah astragalus. Apa saja manfaat astragalus? Simak ulasannya berikut.
Kenali Manfaat Astragalus untuk Kesehatan

Klikdokter.com, Jakarta Anda pernah mendengar tentang astragalus? Tanaman herbal ini telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan Tiongkok.

Ada banyak manfaat astragalus yang dipercaya selama ini, mulai dari untuk meningkatkan daya tahan tubuh hingga menjaga kesehatan organ jantung. Simak selengkapnya dalam artikel berikut.

 

1 dari 3

Mengenal Tanaman Astragalus

Tanaman Astragalus
loading

Tanaman yang memiliki nama Latin Astragalus membranaceus ini masuk ke dalam keluarga Fabaceae. Genus ini berasal dari daerah beriklim di belahan bumi utara.

Astragalus bisa mencapai tinggi sekitar 15-50 cm. Tanaman tersebut memiliki batang bercabang dengan daun berbentuk oval. Astragalus sering dipakai dalam pengobatan Tiongkok, bahkan dipercaya lebih mujarab ketimbang ginseng.

Artikel Lainnya: Jenis Terapi Alternatif untuk Pengobatan Kanker Paru

Meskipun ada lebih dari 2.000 spesies astragalus, hanya dua yang digunakan dalam suplemen. Selain Astragalus membranaceus, masih ada Astragalus mongholicus.

Secara khusus, akar tanaman dibuat menjadi berbagai bentuk suplemen, termasuk ekstrak cair, kapsul, bubuk, dan teh. Tak sedikit juga yang diproses menjadi cairan suntikan untuk keperluan rumah sakit. Meski demikian, produk ini masih jarang.

2 dari 3

Manfaat Astragalus bagi Kesehatan

Astragalus
loading

Akar astragalus mengandung banyak senyawa tanaman aktif, yang diyakini memiliki beragam manfaat dan potensi. Berikut adalah manfaat astragalus bagi kesehatan Anda:

1. Meningkatkan Sistem Ketahanan Tubuh

Manfaat astragalus yang pertama adalah dapat menambah daya tahan tubuh. Beberapa bukti menunjukkan bahwa astragalus dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi untuk mencegah penyakit.

Pada penelitian yang dilakukan terhadap tikus yang terinfeksi, khasiat akar astragalus terbukti membantu membunuh bakteri dan virus penyebab infeksi. Meski penelitiannya terbatas, efek yang sama ditemukan pada manusia, yakni membantu mengatasi pilek dan infeksi hati.

Walau studi ini menjanjikan, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk menentukan efektivitas manfaat tanaman astragalus dalam mengobati infeksi.

Artikel Lainnya: Perangi Risiko Kanker Payudara dengan Konsumsi Bawang Bombai

2. Memelihara Fungsi Jantung

Manfaat astragalus selanjutnya adalah dapat membantu meningkatkan fungsi jantung pada mereka dengan kondisi tertentu. Tanaman ini diperkirakan akan memperlebar pembuluh darah Anda dan meningkatkan jumlah darah yang dipompa dari jantung.

Pada sebuah studi, pasien dengan gagal jantung diberikan 2,25 gram astragalus dua kali sehari selama dua minggu, bersama dengan pengobatan konvensional. Mereka mengalami peningkatan yang lebih besar dalam fungsi jantung dibandingkan dengan mereka yang menerima perawatan standar saja.

Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa astragalus dapat mengurangi gejala miokarditis, suatu kondisi peradangan pada jantung. Namun, temuan ini beragam dan tidak bisa disamakan secara keseluruhan.

3. Meredakan Gejala Alergi Musiman

Sebagian besar dari kita rentan terhadap beberapa jenis alergi atau paparan zat lain yang mengganggu fungsi normal kehidupan. Ekstrak akar astragalus telah menunjukkan pengaruh luar biasa terhadap gejala alergi musiman.

Astragalus memang bukan obat spesifik untuk asma atau alergi. Tetapi, manfaat astragalus bisa dimanfaatkan untuk membantu mengurangi risiko kekambuhan alergi.

Artikel Lainnya: Minum Teh Terlalu Panas Bisa Sebabkan Kanker?

4. Meredam Efek Samping Kemoterapi

Kemoterapi memiliki banyak efek samping negatif. Namun berdasarkan sejumlah penelitian, astragalus dapat membantu meringankan kondisi tersebut.

Sebagai contoh, satu studi klinis pada orang yang menjalani kemoterapi menemukan bahwa astragalus mengurangi rasa mual sebesar 36 persen, muntah 50 persen, dan diare 59 persen.

Selain itu, satu studi klinis menunjukkan bahwa mengonsumsi 500 mg astragalus tiga kali seminggu dapat menurunkan kelelahan ekstrem yang terkait dengan kemoterapi. Hal ini masih diuji coba oleh penelitian guna mendapatkan temuan yang lebih akurat.

5. Anti Penuaan Dini

Ini adalah penggunaan astragalus yang paling penting dan populer karena tidak ada yang menyukai efek penuaan dini. Hal ini membantu dalam mengurangi tanda-tanda penuaan pada wajah, membantu dalam pertumbuhan jaringan sel baru, dan mencegah gejala penyakit kronis.

Jadi, untuk keriput dan bintik-bintik atau flek akibat penuaan, manfaat astragalus dapat Anda gunakan.

Artikel Lainnya: Obat Herbal, Benarkah Lebih Baik dari Obat Kimia?

6. Mengurangi Kecemasan, Depresi, dan Gangguan Tidur

Segala gangguan yang berhubungan dengan psikis dapat menyebabkan efek buruk bagi kesehatan. Maka dari itu, dalam hal ini astragalus sangat membantu dalam mengurangi tingkat stres dan menumbuhkan perasaan tenang.

Mereka yang mengalami perubahan suasana hati dan ketegangan saraf yang konstan dapat mengambil manfaat astragalus ini. Insomnia juga dapat disembuhkan dengan konsumsi akar astragalus secara teratur.

Dengan beberapa manfaat bagi kesehatan, metabolisme, dan keseimbangan hormon secara keseluruhan, khasiat akar astragalus ini sangat membantu sebagai pengantar tidur yang baik.

Baca Juga

Demikian manfaat astragalus bagi kesehatan tubuh Anda. Anda bisa menjadikan akar astragalus sebagai ramuan atau suplemen pendamping bagi kesehatan fisik maupun mental.

Namun, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi astragalus. Hal ini berguna untuk menghindari adanya interaksi obat. Semoga bermanfaat!

[FY]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Awas, Debu Kayu Bisa Picu Kanker Paru!

Info Sehat
05 Jun

Benarkah Oral Seks Bisa Sebabkan Kanker? Ini Faktanya!

Info Sehat
04 Jun

Inilah Penyakit yang Bisa Menjadi Penyebab Kentut Bau Busuk

Info Sehat
21 Mei

Berbahayakah Tahi Lalat yang Ditumbuhi Rambut?

Info Sehat
19 Mei

Benarkah Sayuran Pahit Ampuh Usir Kanker?

Info Sehat
18 Mei

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk