Hindari 5 Makanan Ini Saat Wasir Anda Kambuh

Oleh Bobby Agung Prasetyo pada 07 Nov 2018, 14:30 WIB
Wasir bisa kambuh karena Anda tak menjaga pola makan. Oleh karena itu, hindari jenis makanan ini agar wasir Anda tak makin parah.
Hindari 5 Makanan Ini Saat Wasir Anda Kambuh (Dragana Gordic/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Wasir (disebut juga ambeien atau bahasa medisnya adalah hemoroid) bisa begitu menyiksa dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Potensi penyebabnya bermacam-macam, seperti kehamilan, obesitas, duduk dalam jangka waktu terlalu lama, masalah pencernaan kronis, serta diet rendah serat.

Wasir umumnya bisa hilang dengan sendirinya. Selain obat-obatan, perubahan pola makan dapat mencegah dan mengurangi gejala. Ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda hindari saat wasir kambuh.

Menurut penjelasan dari dr. Fiona Amelia, MPH, dari KlikDokter, hemoroid adalah pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. “Hemoroid dibagi menjadi hemoroid eksterna dan interna. Untuk menegakkan diagnosis hemoroid, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter pada anus penderita,” kata dr. Fiona.

Berdasarkan derajat keparahannya, hemoroid interna dibagi menjadi:

  • Derajat I: wasir tidak keluar dari rektum
  • Derajat II: wasir prolaps (keluar dari rektum)
  • Derajat III: wasir prolaps saat mengejan, tapi bisa masuk kembali secara spontan
  • Derajat IV: wasir mengalami prolaps, tapi tidak bisa masuk kembali

Untuk wasir derajat I dan II masih bisa ditangani dengan terapi obat. Namun, obat-obatan ini hanya bersifat mengurangi gejala.

1 of 3

Makanan yang perlu dihindari saat wasir kambuh

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, wasir bisa hilang dengan sendirinya. Selain dengat obat-obatan, pemilihan jenis makanan yang dikonsumsi juga turut berkontribusi untuk mencegah dan mengatasi wasir. Namun menurut dr. Citra Roseno kepada KlikDokter, ada pula beberapa jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari.

  1. Makanan olahan

Junk Food (Lightspring/Shutterstock)
Junk Food (Lightspring/Shutterstock)

Makanan olahan seperti junk food atau beberapa jenis makanan kaleng memiliki kandungan serat yang rendah. Seperti yang Anda ketahui, konsumsi serat yang rendah bisa mengakibatkan sembelit alias konstipasi.

  1. Garam

Terlalu banyak garam dapat memperlambat sistem pencernaan dan membuat pergerakan usus lebih menyakitkan. Selain itu, penumpukan garam dalam darah dapat menyebabkan perut kembung, yang dapat berpotensi membuat wasir bengkak dan lebih sensitif.

  1. Makanan yang digoreng

Aneka makanan yang digoreng bisa memperparah wasir dalam dua cara. Pertama, makanan yang digoreng sulit untuk dicerna, sehingga dapat memperlambat sistem pencernaan secara keseluruhan. Akibatnya, Anda jadi sulit buang air besar. Kedua, makanan yang digoreng biasanya dimasak dengan minyak goreng berbahan nabati, seperti jagung, kedelai, dan lobak, yang mana ketiganya dapat menyebabkan kerusakan pada dinding usus.

  1. Makanan pedas

Bila wasir bengkak, jauhi dulu makanan pedas selama beberapa hari sampai nyeri pada wasir berkurang. Makanan pedas dapat memicu naiknya asam lambung dan membuat rasa tidak nyaman pada saluran pencernaan.

  1. Alkohol

Minum alkohol dalam jumlah besar dapat mengganggu keseimbangan pencernaan dalam perut. Untuk mengatasi rasa sakit saat wasir kambuh, sebaiknya batasi konsumi minuman beralkohol, yaitu satu atau dua gelas. Akan lebih baik lagi jika Anda menghentikan konsumsinya.

Selain yang disebutkan di atas, obat pencahar juga bisa menjadi musuh penderita wasir. Meski obat pencahar bisa mencegah sembelit, tapi ada efek yang menyakitkan karena kandungan asamnya yang tinggi.

2 of 3

Lantas, apa yang harus dikonsumsi?

Jika ada makanan yang menjadi pantangan Anda saat wasir kambuh, sebenarnya ada pula makanan dan minuman yang aman untuk Anda konsumsi dalam kondisi ini. Saat wasir kambuh, pastikan makanan dan minuman di bawah ini masuk dalam menu harian Anda:

  1. Yoghurt dan kefir

Yoghurt (Fortyforks/Shutterstock)
Yoghurt (Fortyforks/Shutterstock)

Penelitan dari University of Maryland Medical Center, Amerika Serikat, menyebut, yoghurt dan kefir dapat mencegah dan mengobati wasir. Probiotik yang terkandung di dalam yoghurt juga dapat menjaga kesehatan dinding usus dan membantu fungsi kerja usus. Agar lebih efektif, cobalah mengonsumsi yoghurt yang mengandung kultur aktif seperti Lactobacillus bifidus.

  1. Sayuran dan buah-buahan

Konsumsi sayuran dan buah-buahan dapat memperkuat kekebalan tubuh, meringankan sembelit, mengurangi ketegangan, dan rasa sakit saat buang air besar. Pilihlah sayur dan buah berserat tinggi seperti apel, pir, alpukat, kacang polong, brokoli, sayuran hijau gelap, kacang-kacangan, serta labu.

  1. Gandum

Biji gandum kaya akan serat, yang berarti ini bisa membantu menangani berbagai masalah pencernaan seperti susah buang air besar. Serat juga berperan dalam mengikat lemak jenuh yang berasal dari makanan.

  1. Air putih

Daripada minum minuman beralkohol atau minuman dengan gula tambahan, lebih baik perbanyak air putih. Menurut dr. Andika Widyatama dari KlikDokter, air yang Anda minum juga dapat sekaligus membersihkan usus. Hal ini pada akhirnya lebih memudahkan proses penyerapan nutrisi makanan.

Itulah daftar makanan dan minuman yang harus dihindari sekaligus yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat wasir kambuh. Jika memang wasir amat mengganggu kualitas hidup dan pekerjaan Anda, alternatif terbaiknya adalah dengan tindakan pengangkatan wasir. Konsultasikan dengan dokter Anda, ya!

[RN/ RVS]

Lanjutkan Membaca ↓