Kiat Mengatasi Nyeri Luka Operasi Caesar

Rasa nyeri setelah melahirkan dengan operasi caesar kerap dikeluhkan. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya?
Kiat Mengatasi Nyeri Luka Operasi Caesar

Klikdokter.com, Jakarta Rasa nyeri pada luka bekas operasi caesar sering dikeluhkan oleh wanita pasca persalinan. Anda juga mungkin merasa terganggu karenanya. Lalu, bagaimana cara mengatasi nyeri luka operasi caesar ini?

Anda tak perlu khawatir. Kondisi ini wajar terjadi mengingat banyak sekali lapisan perut yang harus dipotong agar bisa mengeluarkan bayi dari kandungan.

Selain lapisan pada kulit, lapisan lemak lainnya juga terpaksa dipotong, seperti pembungkus otot, otot perut (umumnya dipisahkan, bukan dipotong), pembungkus organ dalam perut, dan yang terakhir rahim.

Jadi, meskipun luka pada kulit pasca persalinan sudah mulai mengering, bisa saja tetap timbul nyeri karena perlunya waktu untuk masa penyembuhan luka perut yang ada di bawah kulit.

Artikel Lainnya: Mengapa Bekas Luka Operasi Caesar Harus Segera Dirawat?

1 dari 3

Penyebab Luka Caesar Terasa Nyeri

Ilustrasi Luka Caesar Terasa Nyeri
loading

Luka sayatan operasi caesar biasanya menimbulkan rasa nyeri dalam beberapa minggu setelah melahirkan. Bekas jahitan operasi caesar yang perih ini memang bisa mengganggu.

Sebelum mencari tahu cara mengatasi nyeri luka operasi caesar, ada beberapa hal yang perlu diketahui terkait apa saja yang membuat luka caesar terasa nyeri dan lama penyembuhannya:

1. Abses pada Area Bekas Jahitan

Abses pada area bekas jahitan bisa disebabkan infeksi bakteri, sehingga muncul cairan nanah dan bengkak. Apabila terjadi demam dan nyeri semakin meningkat, segera konsultasi ke dokter kandungan Anda agar dilihat kembali luka jahitannya.

2. Infeksi

Infeksi dapat terjadi di luka bekas jahitan, baik itu infeksi jamur ataupun infeksi bakteri. Jenis bakteri yang paling sering menyebabkan infeksi adalah bakteri Staphylococcus aureus, sedangkan jenis infeksi jamur yang sering menjadi penyebab adalah jamur Candida.

3. Selulitis

Infeksi selulitis dapat terjadi pada luka bekas operasi yang disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus. Selulitis tidak menimbulkan nanah seperti abses bakteri.

4. Aktivitas Fisik yang Berlebihan

Aktivitas fisik yang berlebihan, seperti mengangkat beban, menjemur pakaian, dan naik turun tangga, dapat membuat rasa nyeri pasca operasi caesar makin menjadi-jadi.

Artikel Lainnya: Berapa Lama Nyeri Luka Operasi Caesar Akan Hilang?

2 dari 3

Tips Mengurangi Rasa Nyeri Bekas Operasi Caesar

Pakai Korset untuk Mengurangi Rasa Nyeri Bekas Operasi Caesar
loading
  • Pakai Korset

Salah satu cara mengatasi nyeri luka operasi caesar adalah dengan memakai korset atau gurita. Hal ini dipercaya bisa membantu mengatasi nyeri pasca melahirkan, karena secara tidak langsung korset yang digunakan akan menyokong otot perut.

Meskipun membuat nyaman, penggunaan korset sangat penting untuk diperhatikan karena pemakaian jangka panjang hanya akan melemahkan otot perut. Jika Anda ingin memakai alat bantu agar merasa nyaman namun dalam jangka waktu yang panjang, cobalah kompresi.

Selain kompresi, cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan menyangga perut ketika Anda melakukan aktivitas tertawa, bersin, atau batuk. Dengan menyangga perut, Anda bisa mengurangi rasa nyeri.

  • Hindari Sembelit

Jika mengejan, Anda mungkin akan merasakan keluhan nyeri. Maka dari itu, kalau bisa hindarilah sembelit dengan mengonsumsi makanan yang bisa membantu pencernaan lancar. Konsumsilah makanan atau minuman yang tinggi serat, penuhi cairan tubuh, dan usahakan memiliki pola BAB rutin.

Apabila dibutuhkan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter perihal konsumsi obat pencahar yang aman dikonsumsi oleh ibu melahirkan.

Artikel Lainnya: Bolehkah Melahirkan Normal Usai Operasi Caesar?

  • Menghirup Aromaterapi

Salah satu studi menemukan bahwa dengan menghirup aromaterapi seperti lavender bisa mengurangi rasa nyeri pasca operasi.

Selain dengan menghirup aromaterapi, Anda bisa memanfaatkan pijatan ringan pada beberapa bagian tubuh sehingga lebih rileks. Efek setelahnya bisa dirasakan hingga 12 jam sejak munculnya keluhan nyeri. Meskipun belum diketahui efeknya secara jangka panjang, cara ini patut dicoba.

  • Gunakan Pakaian yang Longgar dan Nyaman

Cara mengatasi nyeri luka operasi caesar lainnya adalah dengan menghindari pakaian yang ketat. Karena pakaian yang ketat dapat membuat kulit tubuh berkeringat, dan jika dibiarkan akan memicu iritasi di sekitar luka bekas operasi.

  • Konsumsi Obat Antinyeri dari Dokter

Untuk membantu mengatasi rasa nyeri, sering kali dokter kandungan Anda akan meresepkan obat antinyeri. Umumnya, obat ini aman dikonsumsi bagi ibu menyusui. Kebanyakan orang pun membutuhkan obat antinyeri selama 7-10 hari setelah persalinan.

Namun, jika masih merasakan nyeri yang mengganggu setelahnya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda, dan diskusikan perlunya konsumsi obat untuk jangka waktu lebih lama.

Jadi, nyeri luka setelah operasi caesar merupakan sesuatu yang memang wajar dirasakan oleh ibu yang baru melahirkan. Namun, bukan berarti Anda harus menahan rasa sakit tersebut, karena kita tidak tahu berapa lama rasa sakit setelah operasi caesar ini bertahan.

Baca Juga

Untuk mengatasi bekas jahitan melahirkan yang terasa ngilu, Anda bisa menerapkan beberapa tips di atas. Dengan cara tersebut, rasa nyeri bisa berkurang sedikit demi sedikit, dan Anda dapat kembali beraktivitas dengan baik. 

Bagi Anda yang punya pertanyaan seputar topik ini, dapat berkonsultasi kepada dokter kami. Gunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[FY]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Mungkinkah Melahirkan Normal Setelah Pernah Caesar?

Info Sehat
20 Apr

5 Kiat Cegah Bayi Lahir dengan Berat Badan Rendah

Info Sehat
01 Apr

Perbedaan Gentle Cesarean dengan Operasi Caesar Biasa

Info Sehat
22 Feb

Ini Bahayanya Jika Ibu Memaksa Lahiran Normal

Info Sehat
13 Feb

Tips Merawat Luka Pasca Operasi Caesar

Info Sehat
13 Des

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk