Susu Kambing dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Banyak yang menyangka susu sapi lebih bermanfaat dari susu kambing. Namun faktanya, manfaat susu kambing juga tak kalah baik!
Susu Kambing dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Klikdokter.com, Jakarta Susu merupakan komponen makanan yang umum dikonsumsi. Berbagai jenis zat gizi terkandung dalam segelas susu, misalkan kalsium dan berbagai jenis mineral.

Selama ini konsumsi susu memang masih didominasi oleh susu sapi. Padahal, susu kambing juga sama-sama memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh, lho!

Khasiat Susu Kambing untuk Kesehatan

Jika Anda belum pernah mencoba susu kambing, sepertinya susu ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang bosan atau alergi dengan susu sapi. Susu kambing ternyata memiliki berbagai manfaat kesehatan yang tak kalah dengan susu sapi.

Berikut adalah beberapa manfaat susu kambing:

  1. Alternatif bagi Penderita Alergi Susu Sapi dan Intoleransi Laktosa

Susu kambing merupakan alternatif bagi orang-orang yang alergi susu sapi. Dibandingkan dengan susu sapi, kandungan protein kasein dalam susu kambing diketahui lebih mudah dicerna oleh usus manusia.

Selain itu, susu kambing memiliki kandungan laktosa paling rendah dibandingkan dengan jenis susu lainnya. Walaupun lebih sedikit, susu kambing tetap mengandung laktosa dan bisa memicu gejala bagi orang yang menderita intoleransi laktosa.

Artikel lainnya: Benarkah Susu Kambing Memperlancar Produksi ASI?

  1. Menjaga Fungsi Usus

Selain mudah dicerna usus, susu kambing juga dapat membantu menjaga fungsi usus. Kandungan enzim oligosakarida dalam susu kambing dapat menjaga keseimbangan flora normal di usus. Adanya enzim ini dapat membantu mencegah terjadinya infeksi di dalam usus.

Susu kambing juga dipercaya bermanfaat dalam terapi penyakit irritable bowel syndrome (IBS) karena dapat mengurangi reaksi peradangan di dalam usus.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Tidak hanya pada usus, secara luas susu kambing juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan mineral selenium dalam susu kambing berperan dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh.

Jika dikonsumsi secara rutin dan sesuai anjuran, maka tubuh Anda akan terlindungi dari berbagai ancaman infeksi dan penyakit.

  1. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Ada beberapa mineral lain dalam susu kambing yang lebih mudah dicerna tubuh, seperti zat besi, kalsium, fosfor, dan magnesium. Manfaat susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam mengolah zat besi, sehingga berguna dalam pembentukan sel darah merah.

Artikel lainnya: Minum Susu Kambing Etawa Bisa Membangkitkan Vitalitas Pria?

  1. Menurunkan Tekanan Darah, Kolesterol, dan Trigliserida

Lebih lanjut lagi, susu kambing mengandung asam lemak linoleat yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol darah total dan trigliserida.

Ini berarti, kadar kolesterol yang terjaga dapat membantu mencegah berbagai masalah kesehatan seperti aterosklerosis, serangan jantung, stroke, dan masalah lain yang berkaitan dengan pembuluh darah.

  1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Tak hanya bermanfaat untuk organ-organ dalam tubuh, susu kambing juga dilengkapi nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Kandungan trigliserida dan asam lemak di dalamnya juga berkontribusi dalam menjaga kelembapan kulit, sehingga kulit pun jadi lebih sehat dan tampak lebih cerah.

Selain itu, kandungan vitamin A dalam susu kambing turut berperan serta dalam proses perbaikan sel-sel kulit. Sementara itu, kandungan asam laktat berkontribusi dalam membantu membersihkan sel-sel lama pada kulit.

Jadi, jangan heran jika Anda mendapati produk perawatan kecantikan berbahan susu kambing di toko kecantikan, seperti sabun dan masker.

  1. Meningkatkan Penyerapan Zat Gizi Lain

Manfaat susu kambing yang ini sangatlah penting. Beberapa penelitian mengatakan bahwa susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi penting dari makanan lain.

Sebaliknya, susu sapi diketahui mengganggu penyerapan mineral utama seperti besi dan tembaga ketika dikonsumsi pada waktu yang sama.

1 dari 3

Siapa Saja yang Boleh Mengonsumsi Susu Kambing?

Seorang Wanita Mengonsumsi Susu Kambing
loading

Susu kambing bisa menjadi alternatif untuk Anda yang mencari pengganti susu sapi guna memenuhi kebutuhan nutrisi. Kandungan nutrisi pada susu kambing bervariasi. Karena itu, susu kambing bisa menjadi pelengkap nutrisi Anda.

Anak-anak berusia di atas 2 tahun mulai bisa minum susu kambing. Kandungan gizi susu kambing yang lebih mudah dicerna menjadikannya pilihan yang tepat untuk membantu pemenuhan kebutuhan gizi harian si Kecil.

Bagi Anda yang alergi susu sapi, susu kambing bisa menjadi alternatif. Kandungan kasein, protein yang kerap menyebabkan alergi, lebih rendah pada susu kambing dibandingkan susu sapi.

Namun, bagi Anda yang menderita intoleransi laktosa, susu kambing masih mengandung laktosa dengan kadar yang lebih sedikit. Karena itu, jika Anda adalah penderita intoleransi laktosa, susu ini masih berpotensi menyebabkan gejala.

Artikel Lainnya: Kiat Memilih Susu Pasteurisasi yang Aman

2 dari 3

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Konsumsi Susu Kambing

Susu Kambing
loading

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika minum susu kambing adalah porsi yang aman. Walaupun kandungan gizinya lengkap, bukan berarti Anda dapat minum susu ini secara berlebihan atau hanya minum susu kambing untuk makanan sehari-hari Anda.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi harian, minumlah satu-dua cangkir (250 cc) susu kambing per hari. Perlu Anda ketahui, bahwa susu hanyalah salah satu makanan yang dapat Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda. Jadi penting untuk memperhatikan variasi makanan Anda yang lain guna memenuhi kebutuhan gizi.

Baca Juga

Meski kalah populer dibandingkan dengan susu sapi, tak ada salahnya untuk mencoba susu kambing karena manfaatnya tak kalah banyak. Pilihan untuk mengonsumsi susu kambing tergantung selera dan kebutuhan, tapi pada dasarnya baik susu kambing maupun susu lainnya sama-sama baik untuk kesehatan.

Bagi Anda yang punya pertanyaan seputar manfaat susu kambing bagi kesehatan, dapat bertanya langsung kepada dokter kami. Gunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[NWS]

Live Chat 24 Jam

Ingin konsultasi mengenai artikel di atas?

Masuk

REAKSI ANDA

ARTIKEL TERKAIT

Apa yang Terjadi Jika Terlalu Banyak Minum Susu?

Info Sehat
04 Agt

Penasaran, Lebih Sehat Susu Pisang atau Susu Tawar? Ini Faktanya!

Info Sehat
28 Jul

Ini Dia Segudang Manfaat Susu Kedelai bagi Wanita

Info Sehat
23 Jun

Kebiasaan Minum Susu Saat Remaja Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2

Info Sehat
28 Apr

Sampai Usia Berapa Anda Boleh Minum Susu?

Info Sehat
15 Apr

0 KOMENTAR

Tulis Komentar Anda

Masuk KlikDokter untuk
meninggalkan komentar

Masuk