Charcoal dan Manfaatnya untuk Kecantikan Kulit

Oleh dr. Adeline Jaclyn pada 15 Nov 2018, 14:00 WIB
Charcoal atau arang ternyata bukan sekadar bahan bakar, tapi juga memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan kulit.
Charcoal dan Manfaatnya untuk Kecantikan Kulit (Denis Val/Shutterstock)

Klikdokter.com, Jakarta Charcoal atau dikenal sebagai arang kini telah menjadi tren di masyarakat, dan sedikit demi sedikit mulai menggeser popularitas teh hijau. Dari makanan hingga produk kecantikan kulit kini menggunakan charcoal sebagai bahan utamanya. Jangan heran, karena arang ternyata bermanfaat bagi kecantikan kulit.

Idola baru di dunia kecantikan

Sebelumnya, charcoal yang merupakan activated charcoal atau arang aktif memang sudah sering dimanfaatkan dalam dunia kesehatan, misalnya digunakan dalam obat untuk pencernaan. Namun kini, orang-orang juga mengonsumsinya dalam bentuk suplemen ataupun jus. Bahkan, bahan ini juga digunakan untuk memutihkan gigi.

Selain dalam bilang kesehatan, arang aktif (activated charcoal) ini juga sangat berperan dalam bidang kecantikan. Jika Anda perhatikan, berbagai produk kecantikan seperti masker wajah kini menawarkan varian berbahan charcoal. Nyatanya, bahan ini memang terbukti memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit saat digunakan dengan aman dan benar.

Arang aktif atau yang populer disebut activated charcoal ini adalah arang biasa yang telah dipanaskan dengan cara tertentu dan membentuk banyak ruang kecil atau “pori-pori” di dalamnya, sehingga memiliki kemampuan untuk menyerap. Jenis arang ini berbeda dengan arang biasa karena telah melewati proses tertentu.

Jenis arang tersebut dapat menarik bakteri, racun, zat kimia, kotoran dan partikel berbahaya berukuran mikro lainnya ke permukaan kulit, sehingga membantu Anda untuk mendapatkan kulit sempurna dan melawan jerawat. Bahan ini bahkan dapat mengobati beberapa luka, termasuk akibat gigitan hewan beracun.

Kini untuk mendapatkan arang aktif pun semakin mudah. Beberapa toko produk kecantikan menjualnya dalam bentuk bubuk. Karena bersifat alami dan tidak perlu menambahkan bahan kimia baru pada kulit saat digunakan, charcoal pun menjadi idola baru dalam dunia perawatan wajah.

Manfaat charcoal bagi kecantikan kulit

Dari berbagai kebaikan charcoal yang telah dijelaskan di atas, tidak ada salahnya Anda mencobanya untuk mendapatkan kulit yang lebih cantik dan segar. Berikut ini adalah manfaat penggunaan arang aktif bagi kulit:

  1. Memperkecil pori-pori

Aktivitas sehari-hari dapat menyumbat pori-pori kulit, misalnya saja karena paparan terhadap polusi udara. Pori-pori kulit yang tidak bersih pun akan memengaruhi warna kulit Anda.

Arang aktif memiliki fungsi untuk mengikat kotoran dan membantu menariknya keluar dari pori-pori kulit saat digunakan dalam bentuk masker wajah, sehingga pori-pori kulit menjadi tertutup dan terhindar dari minyak dan kotoran yang biasanya membuat pori-pori terlihat lebih besar.

  1. Menyeimbangkan kadar minyak dalam kulit

Arang aktif dapat menarik minyak berlebih saat penggunaan pembersih ataupun masker wajah. Fungsi ini akan sangat bermanfaat terutama pada seseorang yang memiliki kulit berminyak.

Gunakan produk pembersih atau masker wajah berbahan charcoal maksimal satu atau dua kali dalam seminggu untuk menghindari kulit menjadi kering. Bagi Anda yang memiliki tipe kulit kering, sebaiknya hindari penggunaan bahan ini.

  1. Mengobati jerawat

Dalam kasus ini, arang aktif mungkin dapat membantu Anda dalam mengatasi jerawat, sebab mampu menyerap minyak dan racun yang berada di bawah kulit. Meski demikian, hal ini tergantung pada jenis jerawat, seberapa parah jerawat Anda, serta apa penyebabnya. Untuk mengetahui efektivitas charcoal dalam mengobati jerawat yang Anda miliki, konsultasikan kondisi Anda dengan dokter.

  1. Membersihkan kulit dengan baik

Arang aktif dapat menjadi pembersih yang sangat baik. Meski demikian, pemakaiannya tidak dianjurkan setiap hari karena dapat menyebabkan hilangnya minyak kulit yang sehat, sehingga kelembapan kulit pun terganggu.

  1. Menyembuhkan luka dan iritasi kulit

Zat pada arang aktif dapat membantu mempercepat penyembuhan dan meredakan gejala iritasi atau peradangan pada luka di kulit. Salep berbahan arang aktif dapat dioleskan pada luka kulit ringan, termasuk gigitan serangga, sengatan, luka, goresan dan infeksi ringan lainnya.  Sebab, bahan ini dapat membantu menyerap racun dan infeksi, sehingga dapat mengurangi bengkak dan rasa sakit. 

Meski bermanfaat untuk kecantikan kulit, penggunaan activated charcoal atau arang aktif ini harus dilakukan dengan hati-hati. Jika tidak sesuai dosis dan anjuran pemakaian, bahan ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan ruam kemerahan. Pada individu tertentu, arang aktif mungkin juga dapat memicu reaksi alergi. Jadi, untuk lebih amannya, konsultasikan penggunaan produk berbahan charcoal dengan dokter, terutama bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

[NP/ RVS]